Bahaya Bunga Es Pada Merek Kulkas Terbaik Jika Dibiarkan

Bahaya Bunga Es Pada Merek Kulkas Terbaik Jika Dibiarkan

Bahaya Bunga Es Pada Merek Kulkas Terbaik Jika Dibiarkan-aquaelektronik.com-

DISWAY JOGJA - Penggunaan peralatan elektronik di dalam rumah memang sangat efektif untuk mempermudah aktivitas kita sehari-hari. Itu sebabnya kamu harus merawat alat elektronik, seperti merek kulkas terbaik dengan telaten supaya performanya bisa tetap maksimal dan tidak gampang rusak.

Semua alat elektronik yang ada di rumah harus dirawat dengan baik dan benar supaya kebersihannya tetap terjaga, termasuk pada merek kulkas terbaik. Kemunculan bunga es pada kulkas tidak boleh kamu anggap remeh karena dapat menyebabkan berbagai macam masalah lainnya.

Bunga es yang ada pada merek kulkas terbaik bisa diartikan sebagai kumpulan uap air yang membeku di dinding dalam dan rak freezer. Kemunculan bunga es sebenarnya lazim ditemukan di kulkas 1 pintu karena freezer dan chiller ada di kompartemen yang sama.

Sedangkan bunga es yang muncul di kulkas 2 pintu atau merek kulkas terbaik lainnya yang lebih besar merupakan hal yang harus diwaspadai supaya tidak memicu terjadinya kerusakan pada kulkas.

BACA JUGA : Merek Kulkas Terbaikmu Berair, Mungkin Ini Penyebabnya

Berikut penyebab bunga es pada merek kulkas terbaik :

- Suhu pada freezer kulkas terlalu rendah sehingga menyebabkan lapisan bunga es di dalam freezer kian menebal.

- Kerusakan yang terjadi pada lapisan karet yang mengelilingi semua pintu kulkas dan membentuk segel atau biasa disebut disebut gasket. Gasket yang mengalami kerusakan akan membuat sebagian dari pintu kulkas terbuka sehingga membuat udara lembap bisa masuk ke dalam kulkas. Kemudian udara lembap akan mengembun di dinding dan langit-langit bagian dalam kulkas dan menyebabkan adanya bunga es yang muncul.

- Langsung meletakkan makanan atau minuman yang suhunya panas ke dalam kulkas. Uap panas yang berasala dari makanan akan mengembun dan berubah jadi bunga es yang menempel pada kulkas.

- Gangguan yang terjadi pada sistem self-defrosting yang berguna untuk memproses pencairan bunga es dalam kulkas. Di kondisi yang normal, sistem tersebut memakai pemanas berukuran kecil untuk menaikkan suhu koil refrigeran pada kulkas dengan teratur. Suhu yang sedikit meningkat pada koil refrigeran akan menyebabkan embun beku di dinding kulkas dan rak kulkas mencair, sehingga pembentukan bunga es bisa sedikit dicegah. Air hasil dari pencairan embun akan keluar melalui saluran pembuangan. Kerusakan pada sistem self-defrosting akan membuat embun beku tersebut gagal untuk dicairkan sehingga penumpukan bunga es tidak bisa untuk dihindari lagi.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Overload Merek Kulkas Terbaik Rusak, Simak Ulasan Lengkapnya

Berikut dampak buruk bunga es pada merek kulkas terbaik jika dibiarkan :

- Kapasitas muatan freezer jadi berkurang karena bunga es yang makin tebal akan menyita ketersediaan ruang pada freezer dengan drastis.

- Timbul masalah pada kesehatan apabila dikonsumsi dengan sengaja ataupun tidak sengaja, khususnya anak-anak. Karena bunga es memiliki bahan aktif dan bakteri penyebab penyakit seperti penyakit tifus, pilek, dandiare apabila bunga es tersebut masuk dalam saluran pencernaan.

- Membuat muncul bau yang tidak sedap yang akan berpengaruh pada aroma dan rasa pada makanan.

- Menghalangi evaporator yang menyedot panas dalam kulkas. Sehingga sirkulasi udara yang ada di dalam kulkas menjadi terhambat, dan akibatnya kulkas jadi tidak dingin dan rusak.

BACA JUGA : Akibat Pintu Merek Kulkas Terbaik Tidak Tertutup Rapat, Bisa Timbulkan Hal Ini

Berikut cara memperbaiki merek kulkas terbaik yang terdapat banyak bunga es :

1. Pindah bahan makanan beku ke tempat yang lain dan tertutup agar kestabilan suhunya tetap terjaga.

2. Matikan aliran listrik kulkas kemudian biarkan pintu freezer terbuka supaya udara hangat dapat masuk ke freezer.

3. Seluruh komponen kulkas dikeluarkan jika semua bunga es sudah mulai cair. Sembari menunggu bunga es mencair semua, kamu dapat membersihkan komponen kulkas tersebut menggunakan air hangat kemudian mengelapnya sampai kering.

4. Periksa bak penampungan air di kulkas dan kosongkan jika sudah terisi penuh. Lalu cari selang pembuangan yang biasanya ada di bawah kulkas. Arahkan selang ke tempat pembuangan agar air dari hasil pencairan bunga es tersebut sapat mengalir keluar.

5. Jika kulkas kamu mempunyai fitur pencairan bunga es, maka aktifkan fitur tersebut supaya proses membersihkan bunga es bisa berlangsung dengan lebih cepat.

6. Ketika bunga es sudah mencair semua dan freezer kulkas telah kosong, lanjut untuk membersihkan di dalam freezer sebelum kamu menyambungkan kembali kulkas ke sumber listrik.

Itulah berapa bahaya yang terjadi jika bunga es pada merek kulkas terbaik terus dibiarkan, dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kulkas yang ada bunga esnya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: