Cara Cepat Menghilangkan Bunga Es Dalam Merek Kulkas Terbaik

Cara Cepat Menghilangkan Bunga Es Dalam Merek Kulkas Terbaik

Cara Cepat Untuk Menghilangkan Bunga Es Di Merek Kulkas Terbaik-aquaelektronik.com-

DISWAY JOGJA - Sebagian banyak orang menganggap bahwa keberadaan dari bunga es di dalam merek kulkas terbaik tidak menggangg, asalkan kulkas masih dapat berfungsi dengan baik sebagai pendingin dan pembeku.

Padahal bunga es yang dibiarkan tumbuh secara terus menerus di dalam merek kulkas terbaik bisa menimbulkan kerusakan pada kulkas. Kemunculan bunga es di kulkas sebenarnya dapat mengganggu kerapian dalam kulkas.

Peletakkan makanan juga menjadi berantakan karena ruang yang tersedia di dalam merek kulkas terbaik menjadi terbatas. Masalah adanya bunga es ini biasanya muncul di kulkas yang sudah lama digunakan.

Perlu kamu ketahui, bahwa masalah munculnya bunga es lebih sering terjadi pada merek kulkas terbaik 1 pintu, karena akses untuk ke lemari pendingin dan freezer melewati pintu yang sama.

BACA JUGA : 8 Kebiasaan Cerdas untuk Membuat Merek Kulkas Terbaik Bekerja Lebih Efisien

Sedangkan untuk kulkas 2 pintu pada umumnya mempunyai fungsi no frost yang bisa mengatasi secara langsung kemunculan bunga es. Meskipun demikian, masalah bunga es juga dapat terjadi di kulkas 2 pintu.

Kemunculan bunga es berisiko merusak merek kulkas terbaik dan bisa memakan banyak tempat di freezer yang harusnya dapat dipakai untuk menyimpan makanan.

Apalagi jika bunga es telah menumpuk lumayan banyak. Kamu akan butuh wakt lama juga untuk menghilangkan bunga es. Akibatnya makanan yang ada di dalam freezer menjadi rusak.

Berikut hal yang jadi penyebab munculnya bunga es di dalam freezer :

1. Intensitas membuka dan menutup pintu kulkas

2. Gasket pada freezer mengalami bocor

3. Masalah di makanan 

4. Suhu di dalam kulkas terlalu rendah

BACA JUGA : Akibat Merek Kulkas Terbaik Penuh Dengan Makanan

Berikut cara agar bunga es di merek kulkas terbaik hilang :

1. Cabut Aliran Listrik Kulkas

Langkah ini paling mudah dilakukan, tetapi butuh waktu cukup lama. Caranya cabut aliran listrik pada kulkas, kemudian pintu kulkas dibiarkan terbuka maka bunga es akan cair dengan sendirinya. Ketika bunga es sudah mulai mencair, kamu bisa dengan mudah mencabutnya.

2. Letakkan Panci Berisi Air Panas

Isi panci dengan air yang panas, taruh di dalam freezer. Beri alas pada panci supaya panas dari panci tidak merusak permukaan freezer.

Kemudian, tutup dengan rapat pintu kulkas agar uap panas yang dihasilkan dari panci akan bekerja untuk melelehkan bunga es yang ada di dalam freezer.

Tunggu 10 hingga 15 menit, kemudian ganti air yang ada di panci tersebut yang sudah sejuk dengan air yang panas lainnya. Proses ini kamu ulangi  2 kali sampai 3 kali.

Ketika kamu mengganti panci, kamu juga sekaligus dapat mengelap atau mencabuti bunga es yang sudah mulai mencair tersebut.

BACA JUGA : 5 Tren Merek Kulkas Terbaik Semakin Canggih dan Memudahkan Hidup, Simak Ulasannya

3. Gunakan Pengering Rambut

Kamu bisa melakukan cara ini tanpa harus memutus aliran listrik kulkas. Caranya nyalakan hair dryer, kemudian arahkan angin panas dari hair dryer ke bunga es di dalam freezer.

Angin yang panas dari hair dryer itu akan membuat bunga es meleleh. Tetapi kamu perlu cermat dalam memakai hair dryer. Jangan sampai posisi hair dryer terlalu dekat dengan sisi bodi freezer.

Karena angin panas dari hair dryer juga dapat merusak bagian tersebut. Jika bunga es tersebut mulai mencair, kamu cukup mengelapnya menggunakan kain lap ataupun handuk.

4. Gunakan Kain Panas

Siapkan kain lap dan air yang panas. Kain lap dicelupkan ke dalam air panas, kemudian usap-usap kain lap pada bunga es sampai bunga es mencair dan mudah untuk dicabut.

Agar tidak mengalami cedera, sebaiknya kamu pakai sarung tangan untuk memegang kain lap tersebut.

5. Gunakan Alkohol

Apabila bunga es yang ada di kulkas belum terlalu tebal, kamu dapat mencoba cara ini, rendam kain lap dalam cairan alkohol, usapkan kain ke bunga es sampai mencair.

Setelah bunga es sudah cair, kamu bisa mencabutnya secara mudah. Karena alkohol bukan termasuk cairan yang biasa, sebaiknya kamu memakai sarung tangan untuk melindungi tangan kamu ketika melakukan langkah ini.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Telur Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Aman Dikonsumsi

Berikut tips mencegah bunga es :

1. Pilih lokasi peletakkan kulkas dengan tepat

2. jangan membuka pintu freezer dalam waktu lama

3. Atur suhu di dalam freezer dengan tepat

4. Jangan menumpuk makanan dalam freezer

Itulah beberapa cara cepat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bunga es di dalam merek kulkas terbaik. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: