Cara Membersihkan Kaca Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dengan Mudah Dan Aman

Cara Membersihkan Kaca Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dengan Mudah Dan Aman

Cara Membersihkan Kaca Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Dengan Mudah Dan Aman-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik jenis showcase yang saat ini jadi tren, banyak dipakai di area perbelanjaan, restaurant hingga warung kecil.

Hal yang membuat merek kulkas terbaik jenis showcase banyak dicari yaitu karena pintu depan kulkas jenis ini terbuat dari kaca. Sehingga dapat menunjukan isi dari dalamnya tanpa harus membuka pintunya.

Selain berguna mendinginkan minuman, merek kulkas terbaik jenis showcase juga dapat berfungsi menampilkan minuman sehingga akan menarik bagi konsumen, dan di dalam showcase juga ada rak yang tersusun dengan rapih.

Merek kulkas terbaik jenis showcase cooler memiliki suhu sekitar 2 hingga 8 derajat celcius sehingga suhu nya cocok untuk mendinginkan minuman kemasan ataupun minuman botol. Salah satu hal yang paling penting dari merek kulkas terbaik jenis showcase yaitu kaca di bagian depannya.

BACA JUGA : 7 Cara Mencegah Bunga Es Menumpuk Pada Freezer Merek Kulkas Terbaik

Kulkas jenis showcase juga ada beberapa macam tipe kaca pintu bagian depan showcase. Terdapat showcase yang memakai kaca Low-E dan ada juga yang terbuat dari kaca tempered glass. Keduanya mempunyai perbedaan yang cukup mendasar, seperti :

1. Kaca Low-E

Low-e glass atau low-emissivity glass merupakan kaca yang memiliki emisivitas rendah, sehingga penerimaan panas dari matahari bisa difilter. Emisivitas (emissivity) yaitu kemampuan pada permukaan material untuk melepaskan energi panas.

Kemampuan lain dari low e-glass yaitu memantulkan sebagian besar energi supaya tidak keluar, sehingga bisa mengurangi terjadinya udara keluar seperti berembun.

2. Kaca Tempered Glass

Tipe kaca tempered glas lebih mengutamakan kekuatan pada lapisan kaca dan tampilanya berkilau. Kaca jenis ini tidak banyak merefleksikan sinar matahari, tetapi untuk kebutuhan dalam ruangan, kaca tipe ini akan mempunyai penampilan menarik.

Berikut cara membersihkan kaca showcase :

Agar umur kulkas showcase panjang, kamu perlu membersihkanya secara berkala. Salah satu satu masalah yang sering terjadi pada kulkas showcase ini yaitu kacanya cepat berembun atau kacanya mulai kotor dan buram.

BACA JUGA : Faktor Yang Menyebabkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Tidak Dingin

Salah satu cara untuk membersihkan yaitu dengan cara menyemprotkan cairan pembersih khusus kaca secara berkala. Hal ini untuk membersihkan embun pada showcase, kamu perlu menyeka menggunakan lap kain kering.

Kemudian untuk mengurangi terjadinya pengembunan kembali kamu dapat menggeser showcase ke tempat yang lebih sejuk atau mengatur suhunya supaya tidak  jauh berbeda dengan suhu ruangan.

Munzulnya embun tersebut akibat dari suhu yang berbeda antara suhu di dalam ruangan dengan suhu di dalam showcase.

Selain kaca pada merek kulkas terbaik jenis showcase, hal yang harus diperhatikan juga yaitu perawatan pada beberapa komponennya seperti :

1. Bagian dalam Showcase

Bersihkan showcase menggunakan lap kering yang lembut apabila sangat kotor, bersihkan menggunakan kain yang dibasahi dengan sedikit deterjen. Jangan pakai deterjen alkali atau asam ataupun hal sejenisnya karena akan membuat permukaan showcase jadi rusak.

BACA JUGA : Bebas Bakteri Dan Jamur, Berikut Cara Membersihkan Merek Kulkas Terbaik Jenis Showcase Cooler

2. Kondensator

Periksa dan perbaiki secara berkala tiap 6 bulan Sekali

Cara membersihkan kondensor yaitu :

- Lepas steker listrik dari soket

- Lepas sekrup yang menahan panel menggunakan obeng dan lepas panel bagian depan.

- Lepas sekrup di dasar mesin produk dan tarik alasnya ke sisi bagian depan dengan perlahan (hati-hati pada seluruh pipa dan seluruh kabel listrik).

- Bersihkan kotoran dan debu yang melekat di kondensor menggunakan sikat dengan cara menyikat ke arah atas dan kearah bawah.

3. Wadah Air (tray)

Cuci menggunakan air satu kali tiap bulan. Bersihkan wadah dari kotoran menggunakan air, setelah dibersihkan pasang wadah ke tempat awalnya dan pastikan bahwa pengaitnya terpasang lagi.

BACA JUGA : Freezer Merek Kulkas Terbaikmu Tidak Beku, Berikut Penyebabnya

4. Steker Listrik

Lepas steker listrik dari soket dan bersihkan seluruh kotoran atau debu yang menempel pada terminal. Debu dan kotoran yang ada di sekitar kabel listrik juga dibersihkan. Tunggu selama 5 menit sebelum kamu menyambungkan kembali kabel dayanya setelah dibersihkan.

Itulah beberapa cara mudah dan aman untuk membersihkan kaca merek kulkas terbaik jenis showcase. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: