Freezer Merek Kulkas Terbaikmu Tidak Beku, Berikut Penyebabnya

Freezer Merek Kulkas Terbaikmu Tidak Beku, Berikut Penyebabnya

Penyebab freezer merek kulkas terbaik tidak beku-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Untuk saat ini, rasanya hampir semua rumah tangga menggunakan merek kulkas terbaik atau freezer. Hal tersebut tidak membuat kita heran, lantaran kulkas atau freezer mempunyai fungsi yang sangat bermanfaat untuk menyimpan makanan.

Fungsi merek kulkas terbaik bisa menjaga makanan dan minuman tetap segar agar tidak cepat basi. Freezer kulkas bisa membekukan makanan dan minuman sehingga dapat disimpan untuk dikonsumsi beberapa minggu lagi atau beberapa bulan lagi. Apabila freezer tidak beku, maka manfaat dari kulkas tentu jadi berkurang.

Tetapi hal tersebut nyatanya sering terjadi. Suhu merek kulkas terbaik mungkin tetap dingin seperti biasanya, tetapi makanan yang disimpan di dalam freezer tidak dapat membeku.

Kondisi merek kulkas terbaik yang dingin tetapi tidak beku tentu tidak dapat kamu biarkan apabila kamu tidak ingin makanan dan minuman yang kamu simpan di dalamnya jadi cepat rusak atau basi.

Suhu standar pada merek kulkas terbaik dan freezer itu berbeda karena sesuai dengan fungsinya. Suhu dalam kulkas lebih tinggi dibandingkan dengan suhu dalam freezer karena fungsi kulkas untuk mendinginkan makanan dan minuman. Sedangkan freezer mempunyai suhu lebih rendah lagi supaya dapat membekukan makanan dan minuman.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Masih Baru Tapi Tidak Dingin

Berikut beberapa penyebab freezer kulkas dingin tetapi tidak beku :

1. Pengaturan suhu tidak tepat

Mungkin tombol pengaturan suhu freezer tersenggol barang yang tersimpan di dalamnya sehingga membuat suhunya jadi berubah lebih tinggi.

Cara mengatasinya yaitu cek kembali tombolnya, kemudian sesuaikan agar suhunya ada di bawah -17 derajat Celsius.

Mungkin butuh waktu sampai 24 jam supaya suhu freezer bisa menyesuaikan suhu yang baru diatur.

2. Pintu kulkas terlalu sering dibuka

Mungkin hal ini terdengar sepele, tetapi pintu kulkas yang sering dibuka bisa menyebabkan freezer merek kulkas terbaik jadi tidak bisa membekukan makanan. Hal tersebut bisa menjadi lebih parah apabila isi kulkas terlalu padat karena kadang terdapat makanan yang mengganjal di pintu kulkas.

Sehingga pintu kulkas sulit untuk tertutup dengan rapat. Sebaiknya kamu rutin memeriksa pintu kulkas untuk memastikan bahwa pintu kulkas sudah tertutup dengan rapat.

3. Ventilasi freezer terblokir

Apabila kamua kesulitan dalam mencari lokasi ventilasi freezer, kamu dapat melihat di buku manual yang kamu dapatkan saat kamu membeli kulkas pertama kali. Ventilasi yang sudah terblokir oleh makanan yang menumpuk tanpa kamu sadari bisa membuat freezer kulkas jadi tidak bisa beku.

Cara mengatasi hal ini kamu bisa susun makanan secara rapi, tetapi jangan sampai makanan tersebut menutupi ventilasi freezer.

4. Koil kondensor kotor

Hal ini bisa terjadi biasanya pada koil kondensor yang ada di bagian bawah atau di bagian belakang merek kulkas terbaik dan mengakibatkan kondensor kulkas tidak dapat menyerap panas dengan efektif.

Kemampuan untuk mendinginkan makanan juga akan jadi berkurang. Cara memperbaiki dengan membersihkan koil kondensor dengan rutin setiap 6 sampai 12 bulan sekali.

BACA JUGA : Tips Perawatan Berkala Freezer Merek Kulkas Terbaik

5. Motor kipas evaporator bermasalah

Komponen ini berguna mengalirkan udara di atas koil evaporator ke semua bagian freezer. Apabila motor ini mengalami masalah, maka akan membuat freezer tidak dapat membekukan apa pun.

Cara mengatasinya cek motor kipas evaporator dengan cara buka pintu freezer kemudian aktifkan secara manual saklar pintu. Apabila saklar telah diaktifkan tetapi motor tetap tidak dapat bekerja, berarti kipas tersebut perlu untuk diganti.

6. Kipas kondensor bermasalah

Komponen ini berguna menarik udara melalui kondensor. Apabila kipas kondensor mengalami masalah, maka udara tidak dapat ditarik melalui kondensor yang mengakibatkan freezer tidak bisa beku. Cara memperbaikinya yaitu periksa apakah motor kipas aus dan perlu untuk diganti.

Itulah beberapa penyebab freezer merek kulkas terbaik tidak bisa beku dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinnya agar kulkas kamu bisa berfungsi kembali dengan normal. Smeoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: