Penyebab Freezer Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Freezer Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Freezer Merek Kulkas Terbaik Bocor Dan Cara Mengatasinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Alat elektronik yang mengalami kerusakan yang parah memang sangat merepotkan, apalagi bila alat elektronik tersebut mempunyai fungsi vital di dalam kehidupan kita sehari-hari seperti merek kulkas terbaik.

Hal itu yang jadi sebab kamu harus lebih peka dalam mengidentifikasi adanya kerusakan. Walaupun sekecil apa pun pada alat elektronik di dalam rumah kamu termasuk merek kulkas terbaik supaya bisa mengatasinya sejak dini.

Salah satu masalah yang serius yang sering luput dari perhatian yaitu kerusakan pada freezer merek kulkas terbaik. Freezer merupakan komponen yang selalu ada di dalam kulkas.

Meski posisinya menyatu dengan merek kulkas terbaik, tapi fungsi freezer tentu sangat istimewa karena tidak hanya sekadar mendinginkan seperti halnya pada kulkas.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Kompresor Merek Kulkas Terbaik Rusak Dan Cara Mengatasinya

Manfaat dari freezer sangat penting untuk memperpanjang masa bahan makanan yang mentah, membuat makanan dan minuman jadi awet, dan juga untuk membuat es batu.

Kerusakan yang terjadi pada freezer merek kulkas terbaik pasti akan membuat kamu kewalahan karena bahan makanan dan minuman akan lebih gampang rusak.

Keadaan freezer merek kulkas terbaik yang bocor tidak hanya mengacu karena penurunan pada kemampuan kulkas dalam membekukan bahan makanan, tetapi juga kerusakan pada komponen di dalam freezer.

Berikut ciri-ciri freezer kulkas bocor :

1. Bahan makanan dan minuman tidak beku dengan sempurna

2. Terdapat genangan air dalam freezer

3. Muncul bau tidak sedap

4. Freezer tidak dingin

5. Kipas atau dinamo kulkas berputar terus menerus tanpa berhenti

6. Kompresor kulkas rentan mengalami panas dan mati

7. Tagihan listrik meningkat ssecara drastis

BACA JUGA : Penyebab Suhu Freezer Merek Kulkas Terbaik Tidak Stabil, Begini Cara Mengatasinya

Berikut penyebab utama freezer kulkas bocor :

1. Kebocoran evaporator: Biasanya kebocoran tersebut disebabkan oleh kebiasaan kamu mencungkil es batu yang ada pada dinding freezer dengan menggunakan benda yang tajam seperti pisau ataupun garpu.

Akibatnya, freon mengalir ke arah luar dan membuat tekanan freon jadi berkurang serta gagal dalam membuat freezer dingin secara sempurna. Kerusakan pada evaporator yang tidak segera ditangani bisa  membuat air masuk dari sela-sela yang bocor hingga mengakiabtkan kerusakan yang fatal.

2. Gangguan pada oli kompresor dan filter kapiler: Kompresor bertanggung jawab melakukan sirkulasi refrigerant (freon) di sistem pendingin pada kulkas. Kemudian, refrigerant akan masuk ke dalam kondensor untuk didinginkan dan akan disaring oleh filter.

Refrigerant yang telah disaring klalu dialirkan ke dalam pipa kapiler menuju ke evaporator sebelum kembali ke kompresor. Hal tersebut akan terus berlangsung selama tidak terdapat gangguan kebuntuan di pipa kapiler.

Kebuntuan tersebut akan berisiko terjadi jika gumpalan kotoran menyumbat pada saluran kapiler. Di samping itu, oli kompresor yang bercampur air juga dapat menjadi penyebab freezer jadi bocor.

BACA JUGA : 7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Mudah Rusak

Berikut cara memperbaiki freezer merek kulkas terbaik yang bocor :

1. Evaporator ditambal : kebocoran yang terjadi di evaporator tapi tidak terlalu parah bisa diatasi dengan cara menambalnya. Langkah ini harus dilakukan oleh teknisi ahli supaya proses penambalan evaporator bisa berlangsung dengan akurat di titik lubang yang pas.

2. Mengganti evaporator: Evaporator yang rusak parah bisa diatasi dengan cara mengganti evapator yang baru. Mengganti evaporator biasanya akan disarankan oleh teknisi bila ditemukan kebocoran berukuran lebih dari 5 mm atau apabila kerusakan pada freezer lebih dari 1 bulan. Penggantian evaporator bisa membuat fungsi freezer akan kembali dengan maksimal.

3. Mengganti oli pada kompresor dan filter kapiler: Jangan sampai kamu membiarkan oli kompresor  tercampur dengan air, karena bisa menghambat kemampuan freezer dalam membekukan makanan dan minuman di dalamnya.

Penggantian filter dan pipa kapiler wajib dilakukan bersama dengan pengisian freon karena kerusakan pada pipa tentu menyebabkan tekanan freon kulkas menjadi kurang.

Itulah beberapa penyebab freezer merek kulkas terbaik mengalami kebocoran dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: