Jangan Diabaikan, Berikut 5 Penyebab Merek AC Terbaik Bau Tidak Enak

Jangan Diabaikan, Berikut 5 Penyebab Merek AC Terbaik Bau Tidak Enak

Penyebab Merek AC Terbaik Bau Tidak Enak-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik sebagai alat elektronik yang memiliki fungsi untuk mendinginkan suhu di dalam ruangan. AC telah menjadi barang kebutuhan yang hampir di setiap rumah ada, karena AC mampu membuat suasana dan udara di dalam rumah jadi lebih sejuk dan nyaman.

Namun, merek AC terbaik yang tidak kamu rawat dengan benar bisa saja akan mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kenyamanan penghuni rumah.

Selain mengeluarkan bau yang tidak sedap, kualitas udara yang dihasilkan oleh merek AC terbaik juga nantinya akan tercemar dan bahkan udara yang dihasilkan jadi tidak sehat.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab merek AC terbaik kamu jadi mengeluarkan bau tidak enak.

Berikut 5 penyebab merek AC terbaik bau tidak enak :

BACA JUGA : 7 Penyebab Utama Merek AC Terbaik Bau Tidak Sedap, Begini Cara Mencegahnya

1. Banyaknya Debu yang Menumpuk

Penyebab AC bau yang pertama yaitu karena banyak debu yang menumpuk pada AC. Debu bisa saja menumpuk saat filter AC dan evaporator jarang dibersihkan sehingga jadi kotor.

Debu yang sudah menumpuk banyak di bagian AC pada akhirnya akan menghalangi hembusan udara yang keluar dari AC dan tidak baik bagi kesehatan terutama pada sistem pernapasan.

Oleh karena itu, kamu perlu perhatikan kebersihan AC rumah kamu, terutama pada bagian filter AC dan evaporator AC.

2. Terdapat Hewan Mati yang Tersangkut di dalam AC

AC yang mengeluarkan bau yang tidak sedap bisa juga penyebabnya karena terdapat hewan yang sudah mati terperangkap di dalam bagian AC. Hal ini tentu saja akan luput dari perhatian kamu, apabila kamu jarang memperhatikan kebersihan AC kamu sendiri.

Karena beberapa hewan seperti serangga, cicak, dan tikus bisa masuk ke dalam AC kamu dan tidak bisa keluar dari AC hingga akhirnya hewan tersebut mati dan membusuk di dalam AC.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa panggil teknisi AC, karena hewan yang telah mati dan terperangkap di dalam AC bisa menyebarkan penyakit dan bisa merusak AC.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Milikmu Bocor Setelah Dilakukan Pencucian Unit, Simak Penyebabnya Disini

3. Suhu Ruangan Terlalu Lembap

Selain disebabkan karena perawatan AC yang tidak tepat, penyebab AC bau juga bisa karena suhu ruangan terlalu lembap. Hal ini dikarenakan ventilasi udara di rumah kamu terlalu sedikit.

Perlu kamu ketahui bahwa ruangan yang dipasang AC harus mempunyai jendela untuk mengatur sirkulasi udara.

Ketika AC tidak dipakai, maka udara yang ada di dalam ruangan tersebut dapat diganti dengan udara baru yang dari luar ruangan, tentunya udara yang lebih segar dan lebih sehat.

BACA JUGA : 9 Macam Bau Sering Terjadi Pada Merek AC Terbaik Dan Cara Mengatasinya

4. Pengharum Ruangan Tidak Diganti

Pengharum ruangan yang sudah terlalu lama di rumah kamu dan tidak diganti juga bisa jadi pemicu kualitas udara di dalam rumah kamu jadi bau apek. Ketika merek AC terbaik menyala, bau apek tersebut akan menyebar ke seluruh ruangan kamu.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya ganti pengharum ruangan di dalam rumah kamu tersebut yang sudah lama dengan pengharum ruangan yang baru. Untuk aromanya, sebaiknya pilih jenis aroma yang menenangkan misalnya seperti lavender atau vanilla.

5. Merokok di dalam Ruangan

Penyebab AC keluar bau bisa juga karena kegiatan merokok di dalam ruangan. Kebiasaan merokok di dalam ruangan bisa menyebabkan kualitas udara di dalam rumah kamu jadi tercemar dan jadi tidak sehat untuk dihirup.

Bau tidak enak dari rokok mungkin akan terhisap blower indoor AC yang terdapat di luar ruangan. Meski AC sudah mati, tapi bau asap rokok tetap nempel di berbagai macam benda yang ada di ruangan tersebut. Oleh karena itu, kamu sebaiknya jangan merokok di dalam ruangan yang ber-AC.

Itulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi merek AC terbaik yang mengeluarkan bau tidak enak. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: