Cara Mengatasi Selang Merek AC Terbaik Berembun, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Selang Merek AC Terbaik Berembun, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi Selang Merek AC Terbaik Berembun-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Selang merek AC terbaik yang berembun sering dijumpai, bahkan telah dianggap sebagai hal yang lumrah yang sering terjadi pada unit mesin dari AC.

Namun apabila embun yang ada pada selang merek AC terbaik berupa air yang tidak wajar dan meneteskan air yang cukup banyak, hal tersebut dapat menjadi masalah yang harus segera diatasi.

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasi selang merek AC terbaik yang mengeluarkan embun, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya.

Hal ini untuk memudahkan kamu dalam hal melakukan pencegahan terhadap masalah pada selang merek AC terbaik yang keluar embun.

Berikut penyebab selang merek AC terbaik berembun :

BACA JUGA : Merek AC Terbaikmu Mengeluarkan Asap, Ini Yang Harus Dilakukan

1. Kondensasi Selang

Penyebab selang AC yang berair dapat terjadi karena uap yang didinginkan berubah jadi bentuk cairan. Namun juga bisa karena uap dikompresi jadi cairan atau kombinasi pendinginan dan kompresi.

Ddi dalam selang AC, gas freon merupakan bahan yang utama dari pendinginan pada AC. Apabila ruangan sudah dikondisi yang dingin.

Dan keadaan di luar ruangan juga sudah dingin, maka selang tersebut akan mengalami kondensasi. Hal ini akan menyebabkan udara yang ada di dekat dengan selang berubah jadi air dan akanmenempel pada selang tersebut.

Apabila hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama, maka air yang sudah terkumpul pasti akan menetes secara terus menerus ke bawah atau biasa disebut kebocoran AC.

2. Penyumbatan Selang Drain

Penyumbatan yang terjadi pada selang drain ini dapat disebabkan karena selang AC mengalami beku, berlumut atau terdapat kotoran yang mengeras dalam selang.

Apabila kotoran tersebut dibiarkan secara terus menerus maka dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan yang berimbas pada kebocoran.

3. Selang AC Berembun Akibat Kebocoran Freon

Penyebab lain dari AC yang tidak dingin yaitu freon AC yang mengalami bocor. Hal ini menyebabkan jumlah freon AC akan semakin berkurang, lalu akan berimbas pada AC yang berembun tetapi tidak bisa dingin.

Apabila kamu mendapatkan AC yang menyala tetapi tidak dingin, hal ini menjadi sebuah pertanda bahwa sudah terjadi kebocoran pada freon.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek AC Terbaik SHARP Untuk Kantor

Cara mengatasi selang merek AC terbaik yang keluar embun :

1. Kondensasi Selang

Apabila penyebabnya yaitu karena kondensasi di pipa, kamu dapat menyetel suhu AC dengan derajat kisaran antara 23 hingga 28 derajat celcius. Selain itu, kamu juga dapat mengaktifkan mode dry yang ada pada remote AC.

Kamu dapat membuka sedikit ventilasi, jendela atau pintu ruanga. Kamu juga dapat menambah insulasi di selangnya untuk menghindari adanya kondensasi di dalam selang.

2. Penyumbatan Selang Drain

Cara mengatasi pipa AC yang berair apabila penyebabnya yaitu penyumbatan di selang drain, kamu harus bersihkan selang tersebut.

Caranya dengan menyiram selang menggunakan air yang hangat atau bisa juga dengan disemprot memakai steamer selama sekitar 1 menit.

Hal itu untuk membantu mengeluarkan kotoran yang terdapat di dalam selang drain tersebut. Selain itu, peletakkan selang drain juga perlu diperhatikan, penempatannya harus lebih turun dari unit indoor hinga mengeluarkan air agar jalannya selang drain tersebut bisa lebih lancar.

BACA JUGA : 6 Tips Khusus Mengatur Merek AC Terbaik Agar Suhu Ideal, Cek Sampai Selesai

3. Kebocoran Freon

Apabila penyebabnya yaitu kebocoran pada freon, yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengecek unit outdoor AC yang terdapat di luar ruangan.

Saat AC sedang beroperasi, jika freon mengalami bocor, biasanya akan timbul bunga es yang keluar dari dalam selang unit luar AC.

Selain terdapat bunga es, kamu juga dapat memeriksa putaran kipas di unit outdoor AC. Apabila freon AC sudah cukup, putaran kipas pada unit outdoor AC akan mengeluarkan hawa panas. Sebaliknya apabila tidak terdapat hawa yang panas, berarti freon AC mengalami bocor.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi selang pada merek AC terbaik yang mengeluarkan embun. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: