Punya Merek AC Terbaik Tapi Tidak Dingin, Berikut Penyebab Paling Sering Dilakukan

Punya Merek AC Terbaik Tapi Tidak Dingin, Berikut Penyebab Paling Sering Dilakukan

Penyebab AC Tidak Dingin--Medcom.id

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik berfungsi untuk menyejukkan ruangan dalam rumah. Jika cuaca sedang terik maka rumah pun biasanya akan ikut panas juga.

Itulah penting adanya merek AC terbaik di dalam rumah. Namun apa jadinya jika punya AC namun tidak dingin? Nah berarti itu ada masalah pasa AC, baik itu yang sering kita lakukan maupun memang AC-nga rusak.

Perlu kita ketahui bahwa harga merek AC terbaik masih mending dari pada biaya saat AC rusak. Maka dari itu jagalah dengan baik AC di rumah kamu itu.

Berikut penyebab merek AC terbaik tidak dingin. Simak secara baik-baik sampai selesai ya.

1. Ukuran AC tidak sesuai dengan ruangan

BACA JUGA : Kekurangan Dan Bahaya Freon R22 Pada Merek AC Terbaik

Pertama kamu harus pastikan bahwa merek AC terbaik yang kamu beli atau gunakan di rumah kamu benar-benar sesuai dengan ruangan. Jika tidak maka akan menjadi sumber masalah, salah satunya tidak dingin.

Kan tidak lucu ya jika kamu membeli AC dengan kapasitas kecil namun kamu pasang di ruang keluarga. Bagaimana mau dingin, jika ruang keluarga kamu itu cukup luas.

Hal ini yang patut diperhatikan. Harusnya kamu juga tentukan terlebih dahulu ruangan mana yang akan kamu pasangan AC.

Jangan pangling juga bingung. Pastikan jika memang dari rumah ruangan kamar tidur yang mau dipasang AC ya maka belinya yang kapasitas kecil tidak apa, jangan pulang-pulang tiba-tiba mau di padang di ruang keluarga dengan kapasitas kecil.

Itu artinya kamu belum sepenuhnya bisa menentukan ruangan mana yang benar-benar membutuhkan suhu pendingin. Ukuran AC dan ruangan yang tidak sesuai juga menjadi sumber masalah AC tidak dingin.

2. Jendela sering terbuka

Masalah lainnya pada AC yang tidak dingin sering membuka jendela. Jika ruangan yang ber-AC jangan pernah buka jendela, karena udara dari luar hang masuk dapat membuat AC bekerja keras untuk menginginkan ruangan yang nantinya bisa membuat ruangan malah tidak dingin.

BACA JUGA : Jenis Gangguan Pada Saluran Pembuangan Merek AC Terbaik, Cek dan Segera Atasi sebelum Terlambat

Maka dari itu jika ruangan terasa sangat dingin, maka volumenya di naikkan saja sekitar 23 atau 25 derajat celcius. Jangan mencoba membuka jendela karena dapat merusak AC.

Selain jendela juga jangan sering membuka pintu kecuali memang kalau mau keluar. Maksudnya seperti buat mainan anak, kayak buka tutup pintu gitu itu sebenarnya bisa jadi membuat ruangan tidak terasa dingin.

Karena seringnya membuka tutup pintu itu sama saja seperti mengundang udara dari luar untuk masuk, sehingga AC akan bekerja lebih keras lagi. Maka dari itu jangan sering mainan pintu.

3. Kondensor kotor

Selain menjaga ruangan, kamu juga harus menjaga AC tetap dalam keadaan sehat dan bersih. Seperti halnya kondensor juga harus bersih dari kotoran.

Jangan biarkan kondensor dalam merek AC terbaik ini kotor, jika dibiarkan maka akan membuat ruangan yang ber-AC ini menjadi tidak dingin. Kondensor ini berfungsi untuk memanaskan gas freon pada AC, jika kotor maka proses pendinginan tidak maksimal.

BACA JUGA : Serap Hawa Lembab Dengan Cepat, Simak Kelebihan Mode Dry Merek AC Terbaik

4. Filter kotor

Filter sendiri berfungsi untuk menjaring kotoran maupun debu. Jika filternya kotor maka lama kelamaan kotoran akan menumpuk sehingga membuat filter tidak berfungsi dengan maksimal.

Dengan itu maka ruangan tidak terasa dingin. Itulah pentingnya menjaga kebersihan pada AC, baik itu kondensor maupun filter harus tetap dijaga kebersihannya.

BACA JUGA : Jenis Gangguan Pada Saluran Pembuangan Merek AC Terbaik, Cek dan Segera Atasi sebelum Terlambat

Demikian penyebab merek AC terbaik tidak dingin. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua.

Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk membaca sampai selesai. Tetap jaga kebersihan merek AC terbaik kamu dengan baik ya sampai jumpa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: