10 Tips Menyimpan Sayuran Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Awet Tidak Cepat Busuk

10 Tips Menyimpan Sayuran Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Awet Tidak Cepat Busuk

Tips Menyimpan Sayuran Di Merek Kulkas Terbaik Agar Awet Dan Tidak Cepat Busuk-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik merupakan lemari pendingin yang berfungsi untuk menjaga bahan makanan seperti sayuran supaya tetap segar dan awet dalam jangka waktu lama.

Cara menyimpan sayuran di dalam merek kulkas terbaik juga mempengaruhi keawetan dan kesegaran sayuran tersebut. Proses dan cara penyimpanan sayur bisa mempengaruhi pembusukan sayur dan buah jadi lebih cepat ataupun lebih lambat.

Meski sayuran disimpan di dalam merek kulkas terbaik, namun jika kamu tidak mengetahui cara penyimpanannya yang benar, maka tetap saja tidak akan bisa mencegah proses pembusukan pada sayuran.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk tahu cara penyimpanan sayuran di merek kulkas terbaik dengan baik dan benar. Sehingga, sayur tidak akan cepat membusuk.

Berikut cara menyimpan sayuran di dalam kulkas yang baik dan tepat :

BACA JUGA : 5 Manfaat Memiliki Merek Kulkas Terbaik Pintu Prancis, Benefit Tidak Kaleng-kaleng

1. Menjaga Kelembaban Sayuran

Sayur mengandung 90% air, sehingga penting untuk dijaga kelembapannya supaya sayuran tidak cepat busuk. Pastikan sirkulasi udara dalam kulkas tetap baik dengan cara meletakkan sayuran di dalam wadah plastik yang sudah dilubangi kecil pada setiap sisinya.

2. Cuci dan Keringkan Sayuran Sebelum Menyimpannya

Setelah kamu beli sayuran, segera dicuci menggunakan air mengalir dan sabun anti bakteri yang berlabel food grade untuk membunuh bakteri di sayuran sehingga sayuran tidak cepat membusuk. Sayuran jangan diekringkan dengan menggunakan lap sesudah sayuran dicuci, karena bisa membuat struktur sayuran rusak.

3. Pisahkan Buah dan Sayuran

Apabila kamu membeli sayuran dan buah-buahan secara bersamaan, pisahkan keduanya saat akan disimpan dalam kulkas. Karena buah menghasilkan zat etilen yang bisa membuat pematangan sayuran lebih cepat, sehingga sayuran akan cepat busuknya apabila disimpan bersama dengan buah. Sehingga kamu perlu memisahkan sayuran dan buah-buahan menggunakan wadah yang berbeda untuk menghindari terjadinya gesekan antara keduanya.

BACA JUGA : 11 Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Cooking

4. Memilah Sayuran Sebelum Disimpan

Supaya kamu dapat menyimpan sayuran dengan baik dalam kulkas, sebaiknya kamu sortir sayuran-sayuran terlebih dahulu. Apabila kamu membeli sayuran yang mempunyai sedikit kerusakan, buang bagian yang rusak agar kerusakan tidak menyebar ke bagian lainnya.

5. Periksa Kondisi Sayuran dengan Rutin

Kualitas sayuran biasanya hanya bertahan sampai 3 hari di dalam kulkas. Sehingga apabila kamu ingin menyimpannya dengan lebih lama, disarankan untuk mengecek suhu kulkas secara berkala. Buang daun yang telah menguning supaya bagian yang sudah rusak tidak menyebar ke bagian lainnya yang masih dapat untuk dikonsumsi.

6. Pastikan Suhu Kulkas Tepat

Suhu ideal untuk menyimpan sayuran dalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat Celcius. Jangan sampai suhu kulkas terlalu tinggi karena bakteri dapat berkembang biak secara cepat dan mengubah bau sayuran jadi tidak sedap. Cek suhu kulkas secara teratur agar kualitas sayuran tetap terjaga dengan baik.

7. Mengelompokan Sayur Sesuai dengan Jenisnya

Kulkas biasanya mempunyai 3 - 4 rak penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengelompokkan sayuran. Misal, rak paling bawah untuk menyimpan sayuran berdaun hijau seperti sawi , kangkung, dan bayam, karena suhunya lebih stabil dan bisa mencegah sayuran cepat busuk.

Rak bagian tengah untuk menyimpan sayur yang mempunyai kadar air lebih rendah seperti buncis, kacang-kacangan, kol atau wortel. Rak yang paling atas untuk menyimpan sayuran yang kadar airnya paling tinggi seperti terong, timun, cabai, paprika, dan sebagainya.

Dengan mengelompokkan sayuran berdasarkan jenisnya, bisa memudahkan kamu dalam proses pemeriksaan secara berkala dan menjaga kualitas sayuran supaya tetap segar dan tidak gampang busuk.

8. Selalu Menjaga Kebersihan Kulkas dengan Baik

Pastikan merek kulkas terbaikmu selalu dalam kondisi yang bersih. Bila kulkas kotor akan membuat kotoran dan bakteri menempel pada permukaan sayuran yang akan mempercepat proses pembusukan. Disarankan untuk mencuci rak yang ada di dalam kulkas untuk menjaga kebersihannya.

BACA JUGA : Cara Menyimpan ASI Dalam Freezer Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Lebih Awet

9. Menyimpan Sayuran dalam Bentuk Masih Utuh

Apabila kamu memotong sayuran sebelum disimpan ke kulkas, hal itu bisa membuat sayuran jadi lebih cepat membusuk.

10. Jangan Simpan Jenis Sayuran ini Dalam Kulkas

Tidak semua jenis sayur bisa disimpan di kulkas. Seperti, tomat tidak boleh disimpan di dalam udara dingin karena bisa menghambat proses pematangan tomat. Apabila kamu ingin menyimpannya di dalam kulkas, tomat harus pisah dari timun karena gas yang dihasilkan tomat bisa mempercepat pembusukan timun.

Kemangi juga tidak disarankan disimpan dalam kulkas karena udara dingin bisa membuat kemangi jadi layu dan tidak segar. Kentang sebaiknya disimpan di tempat gelap dan dingin agar kualitas tepungnya tetap terjaga.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menyimpan sayuran di merek kulkas terbaik agar awet dan tidak cepat busuk. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: