Cara Mengatur Suhu Merek AC Terbaik Agar Sejuk Dan Nyaman Untuk Tidur

Cara Mengatur Suhu Merek AC Terbaik Agar Sejuk Dan Nyaman Untuk Tidur

Cara Mengatur Suhu Merek AC Terbaik Agar Sejuk Dan Nyaman Untuk Tidur-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik merupakan alat elektronik rumah tangga yang mempunyai fungsi untuk menjaga suhu di dalam ruangan agar tetap sejuk dan nyaman.

Merek AC terbaik ini memakai sistem pengaturan suhu dengan menggunakan remote AC yang disediakan di paket penjualan saat kita membeli AC tersebut.

Tetapi, untuk memperoleh suhu dingin yang maksimal, kamu perlu memperhatikan beberapa hal terutama dalam hal mengatur suhu merek AC terbaik dengan memakai remote.

Dengan mengikuti cara mengatur suhu merek AC terbaik, maka ruangan akan terasa sejuk dan kamu tidak akan kedinginan saat tidur malam.

Berikut cara mengatur suhu AC supaya sejuk dan nyaman untuk tidur :

1. Tentukan Suhu Standar AC yang Tepat

Cara yang pertama yaitu tentukan suhu standar yang tepat untuk ruangan kamu. Sesuaikan suhu dengan suhu di luar ruangan kamu. Biasanya suhu standar AC sekitar 22°C sampai 25°C .

BACA JUGA : Tips Mengatur Suhu Ideal Merek AC Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan

2. Turunkan Suhu AC secara Bertahap

Apabila rasanya suhu AC kurang maksimal, kamu dapat menurunkan suhunya secara bertahap hingga menemukan suhu yang tepat. Turunkan 1°C  lebih rendah sampai kamu menemukan suhu yang pas.

3. Pastikan AC Dalam Mode Cool

Pastikan AC kamu dalam mode cool agar AC bisa mendinginkan ruangan dengan lebih maksimal. Biasanya, mode ini ditandai dengan simbol “” atau bertuliskan cool ini dapat membuat suhu di dalam ruangan kamu jadi lebih cepat sejuk.

4. Atur Perputaran Kipas Menjadi Maksimal

Dengan mengatur perputaran kipas AC di tingkat paling tinggi, maka akan membuat udara dingin lebih cepat merata ke semua bagian ruangan. Tetapi, kamu harus perhatikan arah hembusan angin AC supaya tidak mengenai tubuh yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

BACA JUGA : Cara Membersihkan Merek AC Terbaik Dengan Benar Dan Efektif

5. Gunakan Mode Swing pada AC

Di unit indoor AC ada bagian kisi yang memiliki fungsi mengatur arah hembusan angin yang dihasilkan AC. Suhu ruangan dimaksimalkan dengan memakai mode swing di remote AC.

Mode swing bertanggung jawab menggerakan kisi AC naik dan turun dengan terus menerus, sehingga membuat hembusan angin AC bisa merata dan suhu ruangan jadi cepat dingin.

6. Jangan Paksa AC Bekerja Lebih Keras

Memaksakan AC mencapai suhu yang tidak ideal saat cuaca sedang panas merupakan sebuah kesalahan. Misal, suhu di siang hari sangat panas lebih dari 30 °C, tetapi kamu memaksa AC berada di suhu 18 °C.

Karena itu akan membuat merek AC terbaik bekerja dengan lebih keras, sedangkan suhu yang diberikan tidak sampai serendah itu. Jangan atur suhu AC di bawah 20 °C saat cuaca sedang panas di siang hari. Tetapi sebaiknya atur suhunya kisaran 24°C hingga 25 °C.

7. Suhu AC diatur Agar Tidak Terlalu Dingin

- Atur Suhu Awal di Suhu 28°C

Supaya AC tidak terlalu dingin kamu dapat menyalakan AC di suhu 28°C supaya suhu tubuh kamu bisa beradaptasi dahulu. Apabila suhu 28°C kurang dingin atau terlalu panas, kamu dapat mengatur suhu AC secara bertahap. Ubah suhunya satu persatu supaya kamu bisa tidur lebih nyaman.

- Menaikkan Suhu Saat Sudah Benar-benar Mengantuk

Hal ini karena tubuh kondisinya rileks ketika tidur sehingga tidak membutuhkan suhu terlalu rendah. Kamu dapat menaikkan suhu 2 hingga 3 tingkat lebih tinggi dari suhu awalnya.

- Pakai Mode Auto

Kadang-kadang sebagian orang terbangun dari tidurnya sebab suhu AC terlalu dingin atau terlalu panas. Meski dapat mengatur suhu melalui remote control, tapi terbangun dari tidur dapat menjadi hal yang sangat mengganggu.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu dapat memanfaatkan mode auto yang akan menyesuaikan suhu ruangan dengan otomatis saat kamu tertidur. Jangan khawatir terbangun saat malam hari, karena suhu ruangan akan terasa sejuk dan nyaman selama semalaman.

- Mematikan AC Otomatis dengan menggunakan Timer

Saat menuju dini hari, udara mulai terasa dingin dan membuat kamu bisa terbangun karena suhunya sangat rendah. Supaya kamu tidak kedinginan, kamu dapat bebas menentukan waktu timer untuk mematikan AC sesuai keinginan kamu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur suhu merek AC terbaik agar udara terasa sejuk dan nyaman untuk tidur tanpa khawatir kedinginan. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: