Cara Menggunakan Remote Merek AC Terbaik Untuk Maksimalkan Kinerja AC Hemat Energi

Cara Menggunakan Remote Merek AC Terbaik Untuk Maksimalkan Kinerja AC Hemat Energi

Cara Menggunakan Remote Merek AC Terbaik Untuk Maksimalkan Kinerja AC Dan Hemat Energi-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Banyak orang yang mengabaikan pentingnya cara menggunakan remote merek AC terbaik yang benar, yang bisa menyebabkan pemborosan energi dan tagihan listrik jadi lebih tinggi.

Remote merek AC terbaik merupakan alat yang bisa membantu kita untuk memaksimalkan kinerja AC, tetapi terkadang kurang dimanfaatkan dengan baik atau disalahpahami.

Apabila kamu ingin memastikan bahwa merek AC terbaik kamu berfungsi dengan optimal dan tidak membuang-buang energi, kamu perlu membiasakan diri dengan berbagai macam fitur dan pengaturan pada remote AC.

Dengan mengikuti beberapa panduan sederhana berikut ini, kamu bisa memaksimalkan kinerja merek AC terbaik sekaligus menghemat energi serta mengurangi adanya jejak karbon.

Berikut fungsi tombol pada remote AC :

1. Tombol Power (On/Off)

Tombol ini dipakai untuk menghidupkan dan mematikan AC. Saat tombol Power ditekan, AC akan menyala atau mati sesuai pada kondisi yang kamu tentukan.

BACA JUGA : Berikut Panduan Cara Memilih Merek AC Terbaik 1/2 PK, Cek Infonya Disini

2. Tombol Mode

Tombol Mode dipakai untuk mengubah mode operasi AC. Mode ini terdiri dari sirkulasi udara (Fan), pendinginan (Cool), pemanasan (Heat), pengeringan (Dry), dan otomatis (Auto). Setiap mode mempunyai fungsinya tersendiri tergantung kebutuhan kamu.

3. Tombol Suhu

Tombol Suhu dipakai untuk mengatur suhu sesuai yang kamu inginkan. Biasanya, terdapat tombol naik (increase) dan turun (decrease) yang digunakan untuk meningkatkan atau menurunkan suhu AC sesuai dengan keinginan kamu.

4. Tombol Kecepatan Kipas

Apabila AC kamu mempunyai fitur kecepatan kipas yang bisa diatur, tombol ini dipakai untuk mengubah kecepatan kipas di level rendah, sedang, hingga level tinggi. Hal ini tentu akan mempengaruhi kekuatan dan kecepatan pada hembusan udara dari AC.

5. Tombol Timer

TombolTimer berfungsi mengatur kapan waktu AC hendak menyala atau mati secara otomatis. Sehingga kamu bisa mengatur jadwal AC untuk menyala dan mati sesuai kebutuhan kamu, hal ini juga bisa membantu menghemat energi.

6. Tombol Swing

Apabila AC kamu memiliki fitur osilasi atau swing, tombol ini dipakai untuk menonaktifkan atau mengaktifkan gerakan osilasi kipas secara horizontal. Sehingga hembusan udara AC dapat menyebar dengan merata ke berbagai arah pada ruangan kamu.

BACA JUGA : 4 Pilihan Merek AC Terbaik Untuk Sekolah, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

7. Tombol Eco/Saving

Apabila AC kamu terdapat fitur hemat energi (eco mode), tombol ini biasanya dipakai untuk mengaktifkan atau untuk menonaktifkan fitur tersebut. Eco mode berguna untuk mengoptimalkan penggunaan energi AC agar efisiensi jadi lebih tinggi dan bisa menghemat daya.

Remote merek AC terbaik juga mempunyai tombol-tombol tambahan diantaranya seperti tombol Sleep (untuk mengatur suhu dan pengoperasian saat malam hari), tombol Turbo (untuk meningkatkan kecepatan pendinginan), tombol Filter (untuk membersihkan filter AC), dan tombol Smart/Intelligent (untuk memakai pengaturan otomatis yang sesuai dengan keadaan ruangan).

Berikut cara memakai remote AC untuk memaksimalkan kinerja AC :

1. Pengaturan Suhu yang Tepat

Suhu yang optimal untuk efisiensi energi dan untuk kenyamanan yaitu 24 sampai 26 derajat Celcius. Menaikkan suhu AC 1 derajat dapat menghemat energi sampai 10%.

2. Menggunakan Timer

Timer sangat berguna untuk menghemat energi. Misalnya, kamu dapat mengatur timer untuk mematikan AC sesudah kamu tertidur atau menyalakannya sebelum kamu pulang dari kerja.

BACA JUGA : 6 Komponen Utama Merek AC Terbaik dalam Mendukung Kinerja Maksimalnya, Cek Disini

3. Pahami Fungsi Dasarnya

Biasakan diri kamu dengan tombol dan simbol di remote AC dan pelajari fungsinya. Tombol AC yang umum dipakai yaitu tombol daya hidup/mati, kecepatan kipas, kontrol suhu, dan pemilihan mode seperti pemanasan, pendinginan, hanya kipas, dan lain-lain.

4. Simpan Remote di Lokasi Strategis

Untuk memastikan remote AC kamu berfungsi dengan baik, simpan remote AC di tempat yang strategis agar bisa dengan mudah untuk mengirimkan sinyal kepada unit AC. Jangan meletakkan remote AC di belakang penghalang atau di area yang konektivitasnya buruk.

Karena hal ini akan mencegah kamu dalam menekan tombol berulang kali dan membuang-buang energi karena sinyalnya lemah.

Berikut cara memakai remote AC agar hemat energi :

1. Mengatur Kecepatan Kipas

Biasanya semakin cepat kecepatan kipas, maka semakin banyak juga energi yang dipakai. Coba atur kecepatan kipas di tingkat yang terendah tetapi masih nyaman.

2. Menghindari Penggunaan AC ketika Tidak diperlukan

Memakai AC terus menerus bisa membuat sistem terbebani dan bisa membuat tagihan listrik kamu meningkat. Oleh karena itu, matikan AC ketika kamu tidak ada di rumah atau ketika cuaca cukup sejuk.

3. Menggunakan Mode Energi Efisien

Banyak AC modern yang sudah diilengkapi dengan mode hemat energi. Mode ini berguna untuk mengoptimalkan pengaturan pada AC dan untuk mengurangi konsumsi energi tetapi tetap bisa memberikan kenyamanan.

4. Penggunaan Fitur Swing

Fitur ini membuat aliran udara pada AC yang didistribusikan bisa lebih merata, sehingga bisa membantu kamu mendinginkan ruangan dengan lebih efisien.

BACA JUGA : Jangan Sembarangan, Hindari 5 Posisi Berikut Saat Memasang Merek AC Terbaik

5. Optimalkan Kecepatan Kipas Angin

Mengatur kecepatan kipas angin bisa berdampak pada kinerja dan penggunaan energi AC kamu. Umumnya, kecepatan kipas yang lebih tinggi bisa mendinginkan ruangan dengan lebih cepat namun akan mengkonsumsi lebih banyak energi.

Kecepatan kipas yang lebih rendah akan lebih hemat energi namun akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan ruangan.

Temukan keseimbangan yang optimal yang sesuai kebutuhan kenyamanan kamu sambil meminimalisir penggunaan energi.

6. Menjaga Pembersihan Filter AC dengan Tepat

Membersihkan dan merawat filter AC kamu dengan teratur sangat penting dilakukan untuk kinerja AC yang lebih optimal dan efisiensi energi. Filter yang tersumbat akan mengakibatkan aliran udara terhambat.

Sehingga AC akan dipaksa bekerja lebih keras dan akan menghabiskan lebih banyak energi. Lihat buku panduan AC kamu untuk mengetahui caranya membersihkan atau mengganti filter AC, dan bersihkan setidaknya 1 bulan satu kali.

7. Perawatan AC dengan Teratur

Pastikan bahwa kamu menjadwalkan perawatan AC dengan teratur yang dilakukan oleh teknisi profesional. Perawatan rutin bisa memperpanjang usia unit AC kamu dan memastikan juga bahwa AC kamu bisa beroperasi pada efisiensi yang maksimum.

Sistem AC yang dirawat dengan baik akan mengkonsumsi energi lebih sedikit untuk berfungsi, sehingga akan menghasilkan penghematan energi.

Itulah fungsi tombol-tombol pada remote AC dan beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menggunakan remote merek AC terbaik untuk maksimalkan kinerja AC serta hemat energi. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: