BMKG Stasiun Maritim Tegal Ajak Warga Pesisir Pahami Info Cuaca

BMKG Stasiun Maritim Tegal Ajak Warga Pesisir Pahami Info Cuaca

MENJELASKAN - Prakirawan Cuaca BMKG Tegal Sri Nurlatifah bersama tim saat memberikan paparan SLCN.-AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Tegal mengajak warga pesisir agar bisa memahami info cuaca. Hal itu dikatakan dalam Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN).

Prakirawan Cuaca BMKG Tegal Sri Nurlatifah mengajak agar masyarakat pesisir bisa tahu dengan kondisi cuaca yang saat ini berubah - ubah. Kendati demikian, dengan adanya teknologi masyarakat diminta bisa memanfaatkannya.

BACA JUGA:Cuaca Panas, BMKG Yogyakarta Imbau Masyarakat Waspada Hujan Lebat

”Jadi SLCN ini bertujuan memberikan motivasi kepada para nelayan untuk meningkatkan keselamatan dengan memanfaatkan teknologi dan informasi dari BMKG terkait cuaca maritim dan juga iklim,” terangnya Kamis, 4 Juli 2024.

Latifah menyebut, jika nelayan sudah bisa memahaminya, maka nelayan tangkap dan budidaya bisa meningkatkan hasil poduksi ikan. Belum lagi soal keselamatan saat berada di tengah laut.

”Kami berharap agar nelayan dapat mengakses informasi dari BMKG sebelum turun menangkap ikan demi keselamatan. Selain itu, menjadikan SLCN ini sebagai pencerahan agar dapat memahami informasi yang dikeluarkan oleh BMKG. Apalagi, setiap momen bahkan jam kami selalu memberikan informasi cuaca kepada publik,” bebernya.

BACA JUGA:Hati-hati, BMKG Minta Masyarakat Tegal Raya Waspada Hujan Disertai Petir

Dia menambahkan, kegiatan SLCN ini menggunakan pembelajaran interaktif. Yaitu metode belajar dan praktik. Materi pokok yang diberikan yaitu pengenalan produk dan memahami informasi cuaca dan iklim, cara membaca informasi cuaca, dan pengenalan alat-alat observasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: