Jangan Salah Pilih, Simak 7 Tips Memilih Merek AC Terbaik Daerah Perkotaan

Jangan Salah Pilih, Simak 7 Tips Memilih Merek AC Terbaik Daerah Perkotaan

7 tips memilih merk AC terbaik untuk daerah perkotaan--

Kekerapan mati dan dinyalakan serta pemakaian dalam durasi panjang, membuat AC menjadi salah satu produk elektronik di rumah yang punya tingkat konsumsi listrik tinggi. 

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Aqua Japan Pilihan Tepat Budget Terbatas, Ungkap Kelebihan dan Kekurangannya

Selain menggunakan secara bijak, pilihan awal jenis AC yang digunakan juga menjadi kunci. 

AC non inverter misalnya, dengan terus menerus menyala dan mati otomatis sepanjang pemakaian, membuat konsumsi listrik cenderung tinggi karena dari tarikan daya listrik pertama setiap kali AC menyala kembali. 

Sementara AC inverter, dengan kompresor yang hanya mengurangi kecepatannya, membuatnya tak terbeban tarikan daya listrik yang diperlukan seperti saat AC kali pertama dinyalakan.

6. Luas Ruangan

AC yang lebih besar tidak selalu bisa mendinginkan ruangan dengan cepat. Jadi pastikan Anda memakai ukuran PK AC yang sesuai dengan luas ruangan. 

Anda bisa menghitungnya dari panjang x lebar ruangan x 537 BTU/h.

Misalnya, kalau ukuran kamar 3x3 meter persegi, maka Anda hanya perlu menghitung 3x3x537 BTU/h atau sama dengan 4.833 BTU/h. 

Nah, biasanya ukuran AC setengah PK cocok untuk 5.000 BTU. Jadinya, Anda bisa memakai AC dengan ukuran setengah PK.

7. Tegangan Listrik

Kalau sudah tahu luas ruangan, tahapan berikutnya adalah pertimbangkan tegangan listrik pada AC. Setiap jenis AC juga memiliki tegangan listrik yang berbeda-beda.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Anda Panas Nggak Sejuk, Simak Tips dan Solusi Freon Habis

Misalnya, untuk ruangan sekitar 10 meter persegi cocok dengan AC ukuran setengah PK yang punya daya tegangan listrik sekitar 400-700 watt. 

Berbeda dengan ruangan yang luasnya 36 meter persegi, biasanya lebih cocok memakai AC 2 PK yang punya tegangan listrik lebih besar atau sekitar 1.800-1.950 watt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com/@selkaid