5 Penyebab Merek AC Terbaik Bunyi Bergetar, Beserta Cara Mengatasinya

5 Penyebab Merek AC Terbaik Bunyi Bergetar, Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab Merek AC Terbaik Bunyi Bergetar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Saat kamu menyalakan merek AC terbaik di dalam rumah atau kantor, kamu pasti mengharapkan pendingin udara bisa berfungsi dengan lancar dan baik tanpa asa gangguan.

Tetapi, terkadang kamu mungkin mengalami kondisi merek AC terbaik kamu tiba-tiba mengeluarkan suara bergetar yang tidak biasa. Suara ini bisa bermacam-macam mulai dari suara dengung yang halus hingga getaran yang lebih intens.

Berikut ini akan membahas lebih lanjut tentang hal yang menjadi penyebab merek AC terbaik mengeluarkan bunyi bergetar mengidentifikasi penyebab umumnya, dan langkah-langkah yang bisa dilaukan untuk mengatasi masalah ini.

5 Penyebab merek AC terbaik bunyi bergetar dan cara mengatasinya :

1. AC bunyi “bip” berulang

Apabila merek AC terbaik kamu mengeluarkan suara “bip” berulang kali, mungkin ada kerusakan pada sensor unit AC.

Biasanya, sistem elektronik yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik sering terjadi pada AC yang sudah digunakan dalam waktu yang lama.

Kelemahan pada sistem sensor ini juga dapat disebabkan karena bagian sensor terkena air sirkulasi dari AC.

Apabila kamu ingin mengetahui penyebab AC berbunyi, sebaiknya kamu panggil seorang teknisi untuk mengecek dan melakukan perbaikan bila diperlukan. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, kerusakan pada AC akan semakin parah bahkan bisa membuat AC mati.

2. AC bunyi bergetar

Jika kamu memasuki ruangan yang ada pendingin udara dan mendengar suara bergetar dari AC, mungkin terdapat kerusakan di bagian unit pendingin udara tersebut. Bunyi bergetar AC bisa disebabkan oleh baut yang sudah kendur, Apalagi AC yang lama digunakan.

Selain masalah pada baut yang kendur, mungkin penyebab lainnya yaitu penutup filter yang tidak dipasang dengan baik dan benar, sehingga menghasilkan suara bergetar.

Kamu bisa memperbaikinya dengan cara menyangga penutup filter tersebut supaya jadi lebih kencang. Kamu bisa gunakan sobekan kardus atau selembar kain untuk menyangga penutupnya.

3. AC bunyi berdecit

AC menimbulkan suara berdecit mirip suara jangkrik, hal ini menunjukkan mungkin terdapat masalah pada bantalan motor kipas dan pada komponen logamnya. Jika bunyi ini hanya terjadi ketika AC kamu dihidupkan, sebaiknya kamu segera membawa AC ke layanan perbaikan.

Untuk memperbaiki masalah adanya suara yang aneh pada AC ini, mungkin ada pada bagian motor kipas. Bagian tersebut kemungkinan terjadi keausan atau kerusakan di bantalannya, yang menyebabkan gesekan ketika motor beroperasi.

BACA JUGA : Penyebab Merek AC Terbaik Indoor Keluar Bunga Es Dan Cara Mengatasinya

4. AC bunyi benturan logam

Suara benturan logam pada merek AC terbaik umumnya akibat dari kerusakan pegas pompa refrigerant. Biasanya kerusakan ini terdeteksi ketika AC sedang dimatikan dan ditandai dengan adanya suara benturan logam. Pompa refrigerant yang tidak mempunyai pegas yang kuat bisa menghasilkan suara yang berisik.

Selain kerusakan pegas, AC yang berbunyi aneh mungkin disebabkan oleh kipas kompresor yang sudah kendur, terlepas, ataupun sudah patah. Tanda kerusakan yang terjadi pada kipas ini yaitu ketika AC dinyalakan, terdengar bunyi “tek tek” yang ditimbulkan akibat benturan kipas dengan dinding AC.

5. AC berdengung

Bunyi berisik dari merek AC terbaik yang berdengung penyebab umumnya karena kerusakan di bagian motor kipas kondensor. Karakteristik utamanya yaitu bunyi berisik tersebut tetap bisa didengar selama AC terhubung pada sumber listrik, bahkan ketika AC dalam kondisi mati.

Selain kerusakan motor kipas kondensor, AC yang berbunyi keras ini juga dapat disebabkan oleh masalah kabel, seperti kabel kendur, putus, ataupun ada masalah lainnya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi merek AC terbaik yang mengeluarkan berbagai macam bunyi bergetar. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: