Berikut Panduan Cara Memutar Timer Merek Kulkas Terbaik Sharp 2 Pintu, Simak Penjelasannya

Berikut Panduan Cara Memutar Timer Merek Kulkas Terbaik Sharp 2 Pintu, Simak Penjelasannya

Cara Memutar Timer Merek Kulkas Terbaik Sharp 2 Pintu--Google.com

Cara Memutar Timer Kulkas Sharp 2 Pintu

Timer pada kulkas tidak hanya mengontrol elemen pemanas untuk proses pencairan es, tetapi juga mengatur motor kompresor. Ketika kalian menggunakan timer defrost, kompresor akan berhenti beroperasi selama proses defrost berlangsung.

Tujuan dari timer ini adalah untuk meningkatkan efisiensi proses defrost. Jika kompresor tetap berjalan selama defrost, elemen pemanas akan memanaskan evaporator sementara kompresor tetap mendinginkannya, sehingga proses defrost menjadi kurang efektif.

Untuk memutar timer dan memulai proses defrost, putar tombol timer searah jarum jam hingga kalian mendengar dua kali klik.

Klik pertama akan menghentikan kompresor dan memulai proses defrost, sedangkan klik kedua akan menghentikan defrost dan menyalakan kembali kompresor.

Timer defrost biasanya bekerja bersamaan dengan defrost thermostat pada kulkas.

Pada timer merek kulkas terbaik, timer 1 hingga 3 menunjukkan bahwa terminal 1 dan 3 adalah selenoid yang terhubung ke sumber listrik, sementara terminal 2 dan 4 terhubung ke kompresor dan sistem defrost.

BACA JUGA : 6 Tips Merawat dan Menata Merek Kulkas Terbaik Saat Ada Lansia di Rumah

Untuk timer 1 hingga 4, selenoid terletak pada terminal nomor 1 dan 4 yang harus dihubungkan ke sumber listrik, sementara terminal 2 dan 3 terhubung ke kompresor dan sistem defrost.

Berapa Lamakah Timer Kulkas Bekerja?

Timer kulkas dapat diatur sesuai dengan preferensi pengguna untuk menentukan lamanya waktu yang diinginkan. Setiap tipe kulkas memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengatur timer, dan timer kulkas terbagi menjadi dua jenis utama:

1. Timer 1-3

2. Timer 1-4

Kedua jenis timer ini memiliki fungsi yang sama, dengan perbedaan terletak pada sumber listrik utama yang digunakan.

Waktu interval yang dapat diatur pada timer adalah 6 jam, 8 jam, 10 jam, dan 12 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: