Wisata Terbaru 2024 Candi Borobudur, Mahakarya Umat Buddha Bernilai Intelektual Dan Spiritual

Wisata Terbaru 2024 Candi Borobudur, Mahakarya Umat Buddha Bernilai Intelektual Dan Spiritual

Wisata Terbaru 2024 Candi Borobudur Mahakarya Umat Buddha Dengan Nilai Komersial, Intelektual Dan Spiritual --

Bangunan dengan konsep bebatuan itu menganut kepercayaan Buddha. Ada 4 pintu masuk ke dalam pusat Candi Borobodur dengan 3 zona penting yang ada di dalamnya.

BACA JUGA : Viral Legenda Dan Wisata Terbaru 2024? Gunung Tidar Magelang Jateng Mirip Dengan Background Sekolah Nobita

Zona Kamandhatu

Merupakan 160 relief dengan dinding yang meggambarkan hukum sebab akibat. Memperlihatkan penjelasan Karmawibhangga Sutra, serta melambangkan dunia.

Zona Rupadhatu

Menunjukkan hiasan ukiran relief dan juga 328 patung Buddha. Pada zona Rupadhatu menggambarkan alam peralihan, di mana manusia sudah terbebas dari urusan dunia.

Zona Arupadhatu

Ada kubah pada bagian tengah candi dengan 3 serambi yang menjadi pusat lingkaran utama. Pada Zona Arupadhatu berish dari hiasan relief yang mengartikan kemurnian tinggi dalam hidup.

Fakta Candi Borobudur

Selama ini masih banyak orang yang salah dan mengira Letak wisata terbaru 2024 Candi Borobudur ada di Jogja. Itu salah ya, yang benar Candi Borobudur ada di Magelang. Tepatnya berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Jogja dan sudah masuk ke Jawa Tengah.

Candi Borobudur sendiri punya beragam fungsi selain sebgaai tempat ibadah umat Buddha. Selain sebagai tempat suci, Candi Borobudur juga dijadikan media edukasi baik dari cerita maupun bangunannya. 

Bisa jadi media pembelajaran, bahkan untuk melambangkan leluhur dengan simbol budaya yang ada. Memperkuat religious para umat Buddha, berfungsi baik sebagai spiritual. Maupun sebagai nilai komersial wisatawan, dan juga sebagai nilai intelektual.

Keunikan pada Candi Borobudur

Berdasarkan data dari Kemendikbud menyebutkan kalau semua stupa yang ada pada Candi Borobudur mempunyai makna. Dengan bentuk 3 dimensi yang bisa dilihat dari sisi manapun, stupa yang berada pasa teras bundar disebut stupa pusat. 

Selain stupa yang menarik mata, ada juga relief yang bermakna. Diketahui ada stupa bergambar gendong. Dan stupa itu mirip dengan wisata terbaru 2024 Candi Sewu, dan juga Candi Lumbung. Dengan ukuran dan diameter stupa yang berbeda beda tentunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: