14 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar, Simak Selengkapnya Disini

14 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar, Simak Selengkapnya Disini

Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik menjadi salah satu perangkat rumah tangga paling penting yang berperan dalam menjaga kesegaran makanan dan minuman kita sehari-hari.

Tetapi, kita sering mengabaikan perawatan merek kulkas terbaik yang benar, yang bisa mengakibatkan masalah pada suhu, konsumsi energi jadi tidak efisien, bahkan kerusakan kulkas.

Berikut 14 tips merawat merek kulkas terbaik dengan benar agar kulkas tetap berfungsi dengan ptimal, hemat energi, dan dapat menjaga makanan dan minuman kamu tetap segar lebih lama.

1. Pindahkan Posisi Kulkas dengan Cara Yang Tepat

Meletakkan merek kulkas terbaik dengan posisi horizontal sebenarnya tidak dianjurkan, karena ketika kulkas diletakkan posisi berbaring, minyak di dalam kompresor kulkas bisa tumpah dan akan mengenai pipa-pipa di dalam kulkas.

Sebaiknya letakkan kulkas dengan jarak minimal 10 cm dari sekelilingnya, termasuk di bagian sisi kiri, kanan, dan bagian belakang. Hal ini agar sirkulasi udara di sekitar kulkas berjalan dengan lancar.

2. Jangan Langsung Menggunakan Kulkas Baru

Sebaiknya tempatkan kulkas di posisi yang aman minimal tunggu selama 8 jam - 24 jam sebelum kulkas digunakan. Setelah kulkas dihidupkan, jangan isi kulkas langsung. Biarkan dahulu kulkas tetap aktif selama 3 jam sesudah dihidupkan. Saat kamu mulai mengisi kulkas, sebaiknya jumlah muatannya terbatas terlebih dahulu dalam jumlah sedikit.

3. Atur Suhu Kulkas Baru dengan Tepat

Setelah kulkas dihidupkan, atur suhu yang tepat dengan pendekatan bertahap. Kamu bisa mengatur suhu berangsur dengan jeda 30 menit, mulai dari suhu yang paling rendah dan perlahan tingkatkan suhu mencapai setting paling besar.

4. Tidak Memaksa Kulkas Untuk Bekerja Terlalu Keras

Hindari mengisi kulkas dengan makanan yang terlalu panas, karena akan membuat kulkas bekerja dengan lebih keras untuk menurunkan suhunya. Sebaiknya tunggu sampai makanan lebih dingin dengan cara meletakkan di atas meja sebelum kamu masukkan ke dalam kulkas.

5. Cara Memakai Kulkas Baru dari Segi Pembukaan

Hindari membuka pintu kulkas terlalu sering ketika kamu mengambil ataupun memasukkan barang ke dalam kulkas. Kelompokkan minuman, sayuran, dan makanan untuk memudahkan kamu dan mempercepat akses.

Apabila lampu di dalam kulkas mati, sebaiknya segera menggantinya supaya kamu tidak butuh waktu lama ketika kamu mencari atau meletakkan bahan-bahan di dalam kulkas.

6. Menyetel Suhu yang Tepat

Mengatur suhu dengan cermat dan tetap stabil akan membantu menghemat listrik dan memperpanjang masa simpan bahan makanan, seperti buah dan sayuran yang segar.

Sayuran ini akan lebih bertahan lama apabila suhunya tetap stabil dan tidak berfluktuasi. Suhu ideal kulkas sekitar 3°C atau 0°C pada bagian freezer.

7. Mengisi Kulkas Lebih Banyak

Apabila merek kulkas terbaik kamu kosong, maka ruang yang kosong akan diisi oleh udara yang akan mengurangi efisiensinya. Untuk mengatasinya kamu bisa menyimpan barang-barang yang mempunyai kemampuan menyerap dingin dengan baik, seperti botol minuman ataupun kaleng makanan. Hal ini akan membantu dalam menyerap udara hangat yang masuk ketika pintu kulkas dibuka.

8. Pastikan Pintu Kulkas Bisa Tertutup Dengan Rapat

Apabila pintu kulkas tidak bisa tertutup dengan sempurna, misal sebab kotoran yang membuat udara dingin keluar dan akan tergantikan udara hangat dari luar, hal ini mengakibatkan kulkas bekerja lebih keras dalam menjaga suhu yang tepat.

Hal ini bisa mempersingkat umur optimal kulkas, bahkan mengakibatkan pemborosan listrik. Untuk merawat kulkas, disarankan bersihkan pinggiran pintu kulkas menggunakan baking soda setidaknya tiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Apabila pintu kulkas sudah rusak dan tidak bisa menutup sempurna, segera perbaiki kulkas menggunakan jasa layanan perbaikan kulkas.

9. Menghilangkan Bau

Kamu bisa mengatasi bau pada kulkas dengan cara menempatkan wadah yang berisi soda kue di dalamnya. Soda kue mampu menyerap bau dan menjaga kulkas agar tetap harum dan segar.

10. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas Dengan Teratur

Bersihkan kulkas setidaknya 1 kali dalam sebulan.

11. Bersihkan Kondensor Kulkas

Bersihkan akumulasi debu yang ada pada kondresor dengan menggunakan sikat. Kotoran atau debu yang menghalangi kondensor bisa mengurangi efisiensi energi listrik dan akan menyebabkan kompresor bekerja dengan lebih keras dan jadi lebih panas dibandingkan apabila koil kondensor tersebut tetap bersih. Kotoran yang ada pada kompresor juga bisa mempersingkat umur kerja kulkas.

12. Tutup Rapat Pintu Kulkas

Menjaga pintu kulkas agar selalu tertutup dengan rapat bisa menghemat konsumsi listrik dan akan menjaga makanan dan minuman di dalamnya tetap dingin, serta bisa mencegah kotoran masuk ke dalam kulkas lewat celah pintu.

13. Rutin Bersihkan Freezer

Menjaga kebersihan freezer sangat penting supaya suhu merek kulkas terbaik tetap terjaga dengan baik. Hindari mengikis es yang ada di dalam freezer, karena bisa merusak pelapis kulkas.

14. Hindari Menyimpan Minuman dan Makanan Panas

Menyimpan makanan dan minuman dalam kondisi masih panas di dalam kulkas akan membuat kulkas bekerja lebih keras, sehingga konsumsi listrik akan meningkat dan menyebabkan pemborosan energi.

Itulah beberapa tips merawat merek kulkas terbaik yang benar. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: