Ciri-Ciri Freon Merek Kulkas Terbaik Habis Dan Cara Mengisinya

Ciri-Ciri Freon Merek Kulkas Terbaik Habis Dan Cara Mengisinya

Ciri-Ciri Freon Merek Kulkas Terbaik Habis Dan Cara Mengisinya-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Saat menghadapi masalah pada merek kulkas terbaik, salah satu aspek yang harus kamu perhatikan yaitu tingkat freon di dalamnya.

Freon berguna sebagai zat pendingin utama pada merek kulkas terbaik, memainkan peran krusial dalam menjaga suhu optimal agar kesegaran makanan tetap terjaga.

Dalam hal ini, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri freon kulkas yang habis, sebab bisa berdampak pada kinerja dan efisiensi merek kulkas terbaik kamu secara keseluruhan.

Berikut ciri-ciri yang menandakan bahwa freon merek kulkas terbaik habis dan beberapa langkah praktis untuk mengisinya, sehingga kulkas kamu bisa berfungsi dengan baik.

Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis :

Kulkas Tidak Dingin

Hal ini mungkin freon kulkas sudah habis karena zat pendingin yang bertanggung jawab menjaga suhu di dalam kulkas sudah berkurang. Pada umumnya, freon kulkas bisa habis sesudah digunakan selama 5 tahun atau tergantung seberapa sering kulkas digunakan.

Muncul Bau Tidak Sedap

Kamu bisa mencium bau kulkas untuk menentukan apakah tercium bau apek atau tidak. Tetapi kamu harus pastikan bahwa kulkas kosong dari makanan dan minuman yang bisa menghasilkan aroma menyengat, hal itu untuk memudahkan kamu dalam mengidentifikasi tanda-tanda tersebut.

Hawa Kulkas Menghangat

Hal ini disebabkan karena kebocoran freon yang berakibat pada penurunan kinerjanya, sehingga makanan dan minuman yang ada di dalam kulkas jadi tidak bertahan lama.

Kompresor Mati

Kondisi ini dapat disebabkan karena putusnya relay PTC atau overload yang memiliki fungsi melindungi kompresor dari kelebihan panas. Apabila kompresor kulkas jadi panas secara cepat dan mati, hal itu bisa jadi indikasi bahwa freon di dalam kulkas hampir habis.

Peningkatan suhu yang berlebihan bisa mengakibatkan kompresor berhenti berputar, hal ini dapat dipicu karena kehabisan freon sebagai penyebab utamanya.

Freezer Dingin dan Membeku

Jika freon berkurang atau habis maka kinerja kulkas akan menjadi tidak optimal, meski kamu suhu freezer sudah diatur. Oleh sebab itu, periksa tingkat freon di dalam kulkas kamu sebagai langkah deteksi.

BACA JUGA : Berikut Penyebab Dan Solusi Kebocoran Air Pada Bagian Bawah Merek Kulkas Terbaik

Tagihan Listrik Membengkak

Hal ini dapat disebabkan karena kinerja kulkas tidak optimal akibat habisnya freon dan kamu biarkan begitu saja. Tetapi, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kenaikan tagihan listrik apakah disebabkan karena kulkas terseut atau karena faktor lainnya.

Kipas Kulkas Terus Berputar

Freon merek kulkas terbaik yang habis akan tampak dari fan atau dinamo yang terus menerus berputar karena suhu kulkas tidak stabil. Meski dinamo kulkas mempunyai peran dalam menjaga suhu supaya kulkas tetap dingin, tetapi apabila fan atau dinamo terus berputar dalam waktu yang lama, maka bisa meningkatkan risiko kerusakan.

Cara Mengisi Freon Kulkas Sendiri :

  1. karet pipa kompresor kulkas dilepas, kemudian las bagian pentil pipanya.
  2. Siapkan methyl kemudian tuangkan ke penutup botol.
  3. Hidupkan kompresor untuk memastikan bahwa aliran freon tidak terhambat. Lalu, las filter ke pipa kondensor, kemudian las kedua pipa kapiler pada filter.
  4. Pasang selang manifold gauge yang berwarna warna biru pada pentil pengisian freondan selang kuning di tabung freon. Apabila tekanan freon di angka nol atau mengarah ke vakum, mungkin freon telah habis dan ada kebocoran pipa. Cek sistem pemipaan pada kulkas.

Hubungkan manifold yang telah disambungkan ke kompresor tembak, lalu hidupkan kompresor. Perhatikan jarum manifold, tekanannya akan meningkat. Kemudian, cek apakah masih ada kebocoran atau tidak, dengan cara berikan air sabun di setiap bagian pipa kondensor dan evaporator.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Harga Mulai Rp1 Jutaan, Awet Hemat Listrik

- Setelah semua sudah diperiksa dan sudah aman, lakukan proses pemvakuman. Nyalakan mesin vakum, buka keran berwarna biru, lalu tutup keran yang berwarna merah pada manifold.

Tunggu tekanan mencapai -29 psi sampai -30 psi. Lalu, tutup keran berwarna biru dan matikan mesin vakum. Apabila jarum manifold tidak ada perubahan, berarti sistem pemipaan tidak bocor.

- Langkah terakhir yaitu mengisi freon. Pasang selang berwarna biru manifold pada pentil pengisian dan selang berwarna kuning pada freon. Buang angin yang terdapat pada selang berwarna kuning dengan cara membuka keran freon.

Penti selang yang berwarna kuning kamu buka sampai terdapat sedikit udara yang keluar, lalu tutup kembali. Isi freon secara bertahap ke merek kulkas terbaik kamu dengan cara membuka keran manifold berwarna biru hingga mencapai 2 psi, kemudian tutup keran berwarna biru tersebut. Kemudian, buka kembali keran selang manifold secara perlahan pada freon.

Pastikan tidak melewati angka 10, sebab pada umumnya jarum manifold telah melewati angka 1dan pipa kondensor akan mulai menghasilkan panas. Saat jarum mulai mendekati angka 10, hawa hangat dari pipa kondensor akan mulai menyebar ke bagian bawah.

Itulah beberapa ciri-ciri freon merek kulkas terbaik habis dan cara mengisinya. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: