Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Kulkas Terbaik Namun Berisik: Langkah Mudah Efektif

Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Kulkas Terbaik Namun Berisik: Langkah Mudah Efektif

Cara mengatasi kulkas berisik--Blibli

DISWAY JOGJA - Kulkas adalah satu peralatan rumah tangga yang kehadirannya sangat penting, hal ini tidak lain karena fungsi kulkas terbaik yaitu untuk menjaga kesegaran dan ketahanan makanan maupun hidangan lain di dalamnya.

Namun tidak sedikit pula kulkas terbaik yang sobat punya mengalami kendala, diantaranya ialah muncul suara berisik yang mengganggu kenyamanan di rumah.

Namun sobat tidak perlu khawatir, pasalnya tulisan ini akan membahas mengenai kulkas terbaik yang berisik dengan langkah mudah dan efektif.

BACA JUGA : Simak Kelebihan dan Kekurangan Merek Kulkas Terbaik Samsung 2 Pintu Inverter

1. Periksa posisi kulkas

Langkah pertama yang bisa sobat lakukan ialah dengan memeriksa posisi kulkas. Jadi pastikan kulkas terbaik yang ada ditempatkan di permukaan yang rata. Kulkas terbaik yang tidak rata dapat menyebabkan getaran berlebihan dan menghasilkan suara berisik.

Selain itu gunakan waterpas untuk bisa memastikan kulkas berada dalam posisi yang benar. Jika perlu, atur kulkas untuk mencapai keseimbangan yang tepat.

Diantara beberapa tips yang bisa sobat lakukan ialah menggunakan bantalan jika lantai tidak rata dan meletakkan kulkas jauh dari dinding untuk mencegah getaran tambahan.

2. Bersihkan kondensor kulkas

Kondensor yang kotor dapat membuat kulkas terbaik sobat tidak bekerja secara optimal, sehingga dengan hal ini bisa menghasilkan suara yang lebih bising.

Matikan kulkas dan cabut stekernya, lalu bersihkan kondensor yang biasanya terletak di bagian belakang atau bawah kulkas. Gunakan siakt atau penyedot debu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Lakukan pembersihan dengan rutin.

BACA JUGA : Membahas Keunggulan Kulkas Terbaik Samsung RT38; Kesejukan dan Kualitas Rumah Anda

Langkah-langkah:

a. Matikan dan cabut kulkas dari listrik

b. Temukan kondensor di bagian belakang atau bawah kulkas.

c. Bersihkan dengan sikat atau penyedot debu.

3. Periksa kipas dan motor

Kipas dan motor kulkas bisa kebisingan jika tidak berfungsi dengan baik. Buka bagian belakang kulkas untuk memeriksa kipas dan motor. Jika ada benda asing yang menghalangi kipas atau jika terlihat aus, segera bersihkan atau ganti bagian tersebut.

Motor yang rusak juga bisa menjadi sumber kebisingan dan mungkin perlu diganti jika sudah tidak berfungsi dengan baik.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu pastikan kulkas dalam keadaan mati saat memeriksa kipas dan motor. Serta bisa hubungi teknisi jika tidak yakin dengan cara memeriksa atau mengganti komponen.

BACA JUGA : 5 Kerusakan Merek Kulkas Terbaik, Jadi Penyebab Konsumsi Listrik Membengkak

4. Atur isi kulkas

Kulkas terbaik yang terlalu penuh atau tidak tertata dengan baik bisa menyebabkan getaran dan suara berisik. Jadi pastikan makanan dan minuman di dalam kulkas disusun dengan rapi dan tidak berlebihan. Ruang yang cukup diantara item-item di dalam kulkas akan membantu mengurangi getaran dan suara.

Tips yang bisa sobat lakukan ialah dengan menghindari menuumpuk barang yang terlalu tinggi dan menyisakan ruang antara item untuk sirkulasi udara yang baik.

5. Periksa suhu kulkas

Suhu yang terlalu rendah pada kulkas maka akan membuat kinerjanya lebih keras dengan menghasilkan suara berisik. Maka periksa pengaturan suhu kulkas terbaik dan pastikan berada pada tingkat yang sesuai.

Suhu ideal untuk kulkas biasanya berkisar antara 1 hingga 4 derajat celcius. Sedangakan untuk freezer suhu ideal adalah sekitar -18 derajat celcius.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah kebisingan pada kulkas dengan efektif. Perawatan rutin dan perhatian terhadap detail kecil dapat memastikan kulkas berfungsi dengan baik dan tidak mengganggu kenyamanan di rumah, jangan lupa lakukan langkah tersebut dan rasakan apa yang terjadi pada kulkas terbaik sobat, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: