5 Cara Memperbaiki Kerusakan Merek Kulkas Terbaik Inverter

5 Cara Memperbaiki Kerusakan Merek Kulkas Terbaik Inverter

Cara Memperbaiki Kerusakan Pada Merek Kulkas Terbaik Inverter-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik inverter mempunyai banyak kelebihan dibandingkan kulkas yang manual. Tetapi, dibalik kelebihannya pasti terdapat beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan.

Biasanya pabrik dari merek kulkas terbaik inverter ini memberikan garansi mesin kompresornya 5 – 12 tahun. Serta untuk servis dan komponen lainnya biasanya garansinya lebih pendek.

Sehingga, ketika terjadi kerusakan maka kamu perlu mengeluarkan biaya sendiri untuk perbaikan. Kompresor yang dipakai pada merek kulkas terbaik inverter yaitu jenis DC yang diatur oleh inverter, berbeda dengan kulkas stadart.

Kamu tidak boleh sembarangan mengganti dan memasang kompresor merek kulkas terbaik inverter. selain itu, menyambungkan listrik secara langsung pada kompresor DC juga bisa membuat kompresor mengalami kerusakan.

Berikut 5 cara memperbaiki kerusakan pada merek kulkas terbaik inverter :

1. Saluran pembuangan air tersumbat

Apabila kamu pernah mengalami kulkas inverter tidak dingin di bagian chiller dan freezer tidak dapat membekukan makanan, bisa saja hal ini terjadi karena tersumbatnya saluran pembuangan air dari freezer.

2. Pemeriksaan dan cara perbaikan

Pertama, keluarkan semua isi kulkas, siapkan obeng dan buka bagian penutup evaporator. Maka akan terlihat bunga es menumpuk dan menutupi jalur udara ke chiller.

Matikan kulkas dan biarkan pintu terbuka. Caranya guanakan air panas dan guyurkan ke evaporator, lalu cek saluran pembuangan pada bagian belakang.

Kalau saluran ini tersumbat, air yang diguyur tadi hanya akan menetes sedikit dan justru akan mengalir ke bagian bawah pintu depan. Siapkan kain lap atau apapun yang bisa untuk mengatasi genangan air di lantai.

Untuk mengatasi penyumbatan pipa pembuangan, siapkan kawat dan masukan ke pipa pembuangan yang tersumbat. Tambahan air pada evaporator selagi pipa saluran pembuangan dikorek hingga kotoran yang ada di dalamnya keluar dan air juga keluar dengan lancar melalui saluran pembuangan tersebut.

Apabila saluran pembuangan telah lancar, maka air yang dimasukan ke evaporator akan keluar semua lewat saluran pembuangan tersebut. Diamkan kulkas dengan kondisi kulkasnya mati dan pintunya harus tetap terbuka selama 24 jam sampai bunga es tersebut mencair dengan sepenuhnya.

Untuk membantu pencairan bunga es, kamu dapat menggunakan kipas angin berdiri lalu arahkan ke freezer kulkas. Setelah didiamkan selama sehari semalam, periksa apakah masih ada bunga es atau sudah tidak ada. Jika sudah bersih, coba nyalakan kembali kulkas, dan coba untuk buat batu es.

3. Kerusakan pada mesin inverter

Apabila mesin inverter kulkas rusak, maka kulkas tidak dapat bekerja. Selain untuk mengatur kinerja kukas, inverter juga memiliki fungsi untuk mengubah arus listrik AC jadi arus DC, kemudian disalurkan ke kompresor. Sehingga, kompresor kulkas inverter menggunakan arus DC.

Perbaikan dapat dikakukan dengan memeriksa papan PCB inverter menggunakan avometer, periksa komponen – komponen pada inverter dan lakukan penggatian atau cari kanibalan dari mesin lain.

BACA JUGA : 15 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Harga Mulai Rp1 Jutaan, Awet Hemat Listrik

4. Kerusakan kompresor

Merek kulkas iterbaik nverter biasanya mempunyai garansi panjang antara 5 hingga 12 tahun, jika kompresor kulkas inverter mengalami kendala, sebaiknya cek masa garansi kulkas terlebih dahulu. Jika kulkas masih dalam masa garansi, kamu dapat menghubungi consumer servis untuk melakukan perbaikan.

Kerusakan pada kompresorr perlu penggantian perlu juga. Karena kompresor Inverter menggunakan arus DC, pastikan kompresor yang akan dipasang sesuai dengan arusnya dan mereknya juga harus sama.

5. Merubah menjadi kulkas standar

Cara ini berarti fungsi inverter kulkas dimatikan sehingga kulkas bekerja dengan standar tanpa adanya fitur inverter. Caranya siapkan kompresor standar dengan arus AC yang berguna untuk menggantikan Kompresor DC kulkas inverter.

Kemudian ganti kipas Cooler pada freezer yang sebelumnya menggunakan arus DC jadi mengguakan kipas AC. Lalu buka pentutup evaporator untu melakukan pergantian defrost atau bimetal kulkas inverter dengan menggunakan bimetal standar.

Itulah beberapa cara memperbaiki kerusakan merek kulkas terbaik inverter. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: