8 Tips Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Segar Dan Awet

8 Tips Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Segar Dan Awet

Tips Menyimpan Daging Sapi Di Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Tetap Segar Dan Awet-www.freepik.com-

DISWAY JOGJA - Salah satu cara supaya stok daging kamu tetap segar dan awet yaitu dengan menyimpannya di dalam kulkas. Menyimpan daging sapi di dalam merek kulkas terbaik dengan benar merupakan langkah yang sangat penting untuk menjaga keamanan dan keawetan daging.

Menyimpan daging sapi di dalam merek kulkas terbaik dengan cara yang tepat, bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada daging yang dapat menyebabkan keracunan pada makanan.

Daging sapi yang tersimpan di dalam merek kulkas terbaik dengan baik akan tetap terasa empuk ketika dimasak dan bisa lebih menghemat pengeluaran.

Meski disimpan di dalam kulkas, daging sapi jangan dibiarkan begitu saja berceceran di dalam kulkas. Untuk menjaga keawetan dan kesegaran daging sapi, ikuti 8 tips menyimpan daging sapi di dalam merek kulkas terbaik agar tetap segar dan awet berikut ini :

1. Jangan Mencuci Daging

Mencuci daging sebelum disimpan ke kulkas dapat menimbulkan bakteri penyebab makanan busuk. Bila kondisi daging basah sebelum disimpan di dalam freezer, maka bisa meningkatkan risiko pembentukan kristal es yang dapat merusak kualitas daging. Sebaiknya, cuci daging ketika akan dimasak saja.

2. Potong Kecil-Kecil Daging Sapi

Sering memindahkan daging di suhu yang berbeda bisa merusak kualitasnya. Kamu bisa memotong daging kecil-kecil terlebih dahulu sebelum disimpan supaya nanti kamu dapat mengambil sesuai yang dibutuhkan tanpa perlu mengeluarkan sisanya.

Memotong daging menggunakan pisau daging juga bisa meningkatkan fleksibilitas dalam memasak sesuai kebutuhan.

3. Segera Masukkan Ke Dalam Kulkas

Jangan biarkan daging sapi mentah terlalu lama berada di suhu ruangan sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Karena bisa menurunkan kualitasnya dan kurang lezat ketika dimasak. Segera simpan daging sapi 1 sampai 2 jam.

Pastikan daging tersimpan di bagian kulkas paling dingin, seperti di bagian bawah, dan jauh dari produk lainnya agar tercegah dari kontaminasi silang.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik 1 Pintu Tidak Dingin

4. Bungkus Dengan Benar

Kalau kamu mengemas daging sapi dngan menggunakan plastik vacuum makanan, biarkan terlebih dahulu daging tetap dalam kemasan sampai kamu akan memasaknya. Menyimpan daging di dalam plastik vacuum makanan bisa memperpanjang masa simpan daging.

Kalau kamu menyimpan daging sapi di luar kemasan, letakkan daging di atas piring lalu bungkus menggunakan plastik agar tercegah dari kelembapan yang berlebih dan kontaminasi. Pastikan bungkus daging  dengan rapat untuk menghindari terjadinya freezer burn.

5. Beri Tanggal Penyimpanan

Jangan lupa untuk mencatat tanggal pembelian pada daging sapi yang akan disimpan di dalam kulkas, terutama saat kamu akan membekukannya.

Hal ini dapat membantu kamu untuk mengawasi umur simpan daging dan memastikan bahwa bahan makanan yang digunakan belum melewati batas penyimpanan. Kamu dapat memberikan label yang ditulis tanggal pada bagian luar kemasan.

6. Jangan Bekukan Daging Kembali

Membekukan kembali daging sapi yang telah dikeluarkan dari dalam kulkas bisa mengurangi kualitasnya dan berrisiko terkontaminasi bakteri. Apabila kamu ingin menyimpan sisa daging, sebaiknya menyimpannya di dalam kulkas dan segera konsumsi sesegera mungkin.

7. Jaga Kebersihan Kulkas

Pastikan merek kulkas terbaik kamu tetap bersih dan teratur agar tercegah dari kontaminasi silang. Pastikan juga agar kulkas dalam keadaan kering sebelum kamu menyimpan daging agar tercegah dari tumbuhnya bakteri.

Bersihkan tumpahan atau noda di dalam kulkas, terutama di tempat daging disimpan. Kamu dapat menggunakan kulkas sterilizer untuk membasmi bau tidak sedap di dalam kulkas.

BACA JUGA : 13 Penyebab dan Cara Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Yang Tidak Beku

8. Atur Suhu Kulkas

Pastikan suhu kulkas selalu di bawah 5 °C untuk menghambat timbulnya bakteri berbahaya pada daging mentah. Karena suhu yang terlalu tinggi bisa mempercepat pembusukan daging. Apabila daging sapi tidak akan dimasak, sebaiknya simpan dalam freezer sampai beku dengan suhu -18 °C.

Itulah beberapa tips menyimpan daging sapi di dalam merek kulkas terbaik supaya tetap segar dan awet. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: