Tips Membersihkan Merek AC Terbaik Secara Mandiri, Dijamin Kinclong Makin Awet

Tips Membersihkan Merek AC Terbaik Secara Mandiri, Dijamin Kinclong Makin Awet

Tips Membersihkan merek Ac Terbaik Secara Mandiri--

DISWAY JOGJA – Pendingin ruangan sudah jadi elektronik wajib di setiap rumah maupun kantor. Dengan merek AC terbaik yang buat nyaman ruangan tanpa takut tagihan listrik membengkak. Hal ini tentu jadi daya tarik kehidupan.

Namun, merek AC terbaik akan bisa bekerja optimal jika mendapati perawatan yang tepat. Dengan perawatan rutin, kinerja AC jauh lebih efisien dan tetap aman dalam waktu lama. Tanpa takut kerugian lebih banyak, pembersihan rutin sangat berpengaruh.

Sebab kalau AC kotor, kinerja merek AC terbaik jadi berkurang dan membutuhkan tenaga ekstra. Selain AC jauh lebih cepat rusak, daya listrik yang diperlukan jadi ikut membengkak. Menjadi hal yang sangat merugikan, sebab bida merusak sekaligus membuat pusing kepala.

Wajib tahu kapan AC harus dibersihkan agar kinerja merek AC terbaik  tetap optimal. Dikutip dalam situs resmo aqua elektronik, perlu diperhatikan kebersihan ac yanga da di ruangan. Sebab akan ada resiko yang lebih parah jika diabaikan.

BACA JUGA : Simak Beberapa Tips Agar Kinerja Merek AC Terbaik Dirumahmu Lebih Efektif

Tanda kalau AC sudah kotor dan perlu dibersihkan

Terlihat dari ruangan yang gak lagi terasa dingin dalam waktu lama. Selain itu, bisa diperlihatkan dengan adanya air yang menetes dari unit indoor. Sampai parahnya, ruangan bisa jadi beraroma busuk.

Dan pada umumnya, gejala AC perlu pembersihan adalah munculnya suara bising yang gak biasa. Bahkan fitur otomatis bisa gak bekerja normal, terdapat spot hitam pada ac, dan masih banyak lainnya.

Membersihkan ac secara mandiri

Persiapkan alat

Pertama wajib persiapkan semua alat untuk membersihkan AC dengan mudah. Sediakan obeng, lap kain, sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Selain itu persiapkan kemoceng, air secukupnya, vacuum cleaner, dan cairan pembersih.

Langkah langkah

Setelahnya bisa matikan daya listrik yang terhubung ke AC. Mulai bersihkan cover ac dengan kemoceng. Bisa juga dengan bantuan vacuum cleaner, dan usap lap lembab agar debu yang menempel besih sempurna.

Lanjut membersihkan filter AC (bisa nyontek dibuku manual), sedot semua debu dengan vacuum cleaner. Dan cuci filte ac dengan air biasa, bilas, dan keringkan sempurna.

BACA JUGA : Merek AC Terbaik Mitsubishi Heavy Industries SRK 05 CXV2: AC Standar Keunggulan Kekinian

Lanjut bersihkan evaporator AC dnegan tepat. Usahakan beri alas atau ember penadah pada lantai agar kotoran dan air tidak kemana mana. Lanjut semprotkan cairan pembersih ke evaporator AC agar kembali bersih.

Bagian ac luar bisa dengan bantuan sikat gigi untuk membersihkan sudut kecil. Dengan bantuan air agar bersih sempurna dan bebas dari debu atau jamur yang tumbuh. Dilanjut dengan lap kering agar tidak ada yang tersisa.

Resiko ac kotor yang tidak dibersihkan

Merek AC terbaik yang tetutup debu dalam waktu lama bisa merusak komponen yang ada. Selain itu, kinerja AC jadi tidak optimal. Bahkan daya yang diperlukan jauh membutuhkan tenaga ekstra yang berakibat ke tagihan listrik.

Jika AC didiamkan begitu daja bisa jadi sumbatan yang mengakibatkan kebocoran AC. Pendingin ruangan bisa mengeluarkan aroma kurang sedap. Dan evaporator AC bahkan bisa berjamur dan tentunya mengganggu kinerja ac.

Selain itu, AC kotor yang terus digunakan akan berpengaruh terhadap kesehatan penggunanya. Kotoran yang ada pada filte AC bisa memyebabkan penyakit serius seperti batuk atau gangguan pernafasan. Sebab, AC yang kotor pasti mengeluarkan udara yang tidak bersih.

BACA JUGA : Rahasia Awet Bertahun-tahun: Berikut 5 Panduan Lengkap Menjaga Merek AC Terbaikmu

Dengan mengikuti cara di atas, pembersihan rutin pada merek AC terbaik jadi lebih menyenangkan. AC jadi lebih bersih dan udara yang dihasilkan lebih sehat dan aman. Kinerja AC jauh lebih optimal dengan suhu segar yang ada. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: