Paniradya Pati Diminta Membuat Desa Mandiri Literasi

Paniradya Pati Diminta Membuat Desa Mandiri Literasi

Wakil Gubenur DIY KGPAA Paku Alam X menerima BPK Perwakilan DIY -DOK.-

DISWAYJOGJA -  Paniradya Pati Aris Eko Nugroho diminta Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X untuk memulai membuat pilot project desa mandiri literasi.

Hal itu dikatakan Sri Paduka saat menemui Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY dan seluruh Kepala dan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota di Gedong Pareanom, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta bebearp waktu lalu.

BACA JUGA:Kasus Suspek Antraks Berulang di DIY, Sri Sultan Tegaskan Literasi dan Edukasi

Menurut Sri Paduka, dari 32 Desa mandiri budaya yang ada diambil satu desa untuk dijadikan pilot project.

“Saya berharap di desa-desa mandiri budaya ada satu pilot project terkait dengan kegiatan literasi daerahnya, dengan literasi sebagai center of excellence desa mandiri budaya” ucap Sri Paduka.

Tak lupa Sri Paduka juga mengingatkan agar kegiatan yang dilaksanakan tetap harus taat azas. “Harapannya, ketika satu desa ini berhasil menjadi pilot project maka nanti akan menjadi contoh untuk desa-desa Mandiri Budaya lainnya agar dapat mengembangkan desanya menjadi Desa Mandiri Budaya yang juga mandiri dalam hal literasi,” terang Sri Paduka.

BACA JUGA:Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Adakan Seminar Literasi

Namun demikian, tidak semua desa mencontoh seratus persen sama, dengan desa mandiri budaya yang dijadikan sebagai percontohan. Sebab, setiap desa memiliki cirinya masing-masing dengan literasi yang berbeda-beda.

Pada kesempatan itu, Sri Paduka menyampaikan, dalam literasi harus bisa melihat berbagai kearifan yang ada. Dimana ujungnya untuk edukasi literasi wilayah semakin maju dengan adanya investasi intelektual yang mempunyai nilai jangka panjang. Karena itu, diharapkan bagi DPAD DIY dapat mengedukasi warga dengan investasi intelektual, agar bisa berjalan dengan tepat dan cerdas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: