Sri Sultan Terima Penghargaan Kamtibmas Atas Inisiatif Jaga Warga dan Omah Jaga

Sri Sultan Terima Penghargaan Kamtibmas Atas Inisiatif Jaga Warga dan Omah Jaga

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X menerima penghar pada Rakernis Baharkam Polri Tahun Anggaran 2024, di Four Point Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 5 Juni 2024.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan di bidang Pemelihara Keamanan Daerah dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Penghargaan yang diterima Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X ini diberikan pada acara Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2024, di Four Point Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 5 Juni 2024.

BACA JUGA:Sri Sultan : Bhinneka Tunggal Ika Harus Jadi Etos Bangsa Perkokoh Kebangsaan

Penghargaan tersebut diberikan karena Pemda DIY memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kepercayaan terhadap Polri. Kontribusi nyata itu dibuktikan dengan terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 41 Tahun 2023 Tentang Kelompok Jaga Warga dan Omah Jaga Warga atas inisiasi Sri Sultan.

Perda ini dibuat untuk mendukung operasional Harkamtibmas atau pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya atas prestasi dan penghargaan yang telah diraih. Menurut dia, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa hanya dilakukan oleh satuan Polri. Namun perlu ada kerja sama dan dukungan dari pemerintah daerah setempat untuk menangani keamanan dan ketertiban masyarakat.

”Teruslah memberikan pengabdian terbaik. Terima kasih atas kontribusinya,” kata Listyo.

Sementara itu, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X usai menerimakan penghargaan menyampaikan, selama ini Jaga Warga dan Omah Jaga Warga memang dibuat untuk mengantisipasi masalah keamanan dan ketertiban yang mungkin terjadi. Melalui program tersebut, kontrol terhadap permasalahan keamanan dan ketertiban bisa ditangani dan dicegah dari level paling bawah. Masyarakat turut serta mengontrol lingkungan, sehingga meminimalisir terjadinya gangguan keamanan.

BACA JUGA:Apresiasi Hasil Pansus DPRD, Sri Sultan Tekankan Kualitas Pembangunan DIY Harus Terus Meningkat

Masalah-masalah keamanan ini bisa diminimalisir dengan memaksimalkan kepedulian lingkungan. Jaga Warga ini memang sesuai dengan namanya, menjaga warga, oleh warga dan untuk warga. Ini yang dimaksimalkan Ngarsa Dalem untuk meminimalisir ketidaktertiban dari level terbawah,” tutur Sri Paduka.

Sri Paduka mengatakan, penghargaan ini sekaligus menjadi cambuk semangat bagi seluruh Jaga Warga di DIY. Tugas untuk saling peduli dengan lingkungan sosial menjadi hal yang patut di maksimalkan. Menjadikan lingkungan aman, nyaman, dan tertib adalah aset untuk memberikan hak untuk tumbuh kembang yang ideal bagi penerus bangsa atau generasi muda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: