Direktur TI BPJS Kesehatan Berikan Penghargaan Kepada Dua Rumah Sakit di Yogyakarta, Ini Detailnya
Direktur TI BPJS Kesehatan berikan penghargaan kepada dua rumah sakit di Yogyakarta-harianjogja.com-
JOGJA, diswayjogja.id - Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiwan memberikan penghargaan bintang tiga kepada Rumah Sakit Tk III 04.06.03 dr. Soetarto dan Rumah Sakit Happy Land.
Penghargaan tersebut diberikan atas komitmen rumah sakit dalam memanfaatkan sistem antrean online terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN, i-Care JKN, pemanfaatan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) elektronik terintegrasi V-Claim, dan finger print atau Face Recognition BPJS Kesehatan (FRISTA).
“Kami memberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan atas dukungan terhadap transformasi digital dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Layanan pada jutaan peserta tidak akan baik jika tidak dibarengi dengan perubahan ke arah digital,” kata Edwin di sela-sela kunjungannya ke rumah sakit penerima penghargaan, Rabu (22/01).
Edwin mengatakan, antrean online adalah satu diantara beberapa indikator yang dinilai untuk meraih penghargaan bintang tiga.
BACA JUGA : Pemkot Yogyakarta dan BPJS Kesehatan Kerja Sama Ciptakan Ekosistem Kesehatan Berkualitas
BACA JUGA : RS Bhakti Asih Evaluasi Pelayanan Terkait Kerja Sama Dengan BPJS Kesehatan
Data per Januari 2025 menunjukkan, pemanfaatan antrean online yang terhubung dengan Aplikasi Mobile JKN di Rumah Sakit Tk III 04.06.03 dr. Soetarto mencapai 36,59% dari total peserta rawat jalan.
Sedangkan di Rumah Sakit Happy Land, pemanfaatan antrean online menyentuh angka 51,11% dari kunjungan rawat jalan.
“Ketika peserta bisa mengambil antrean dari aplikasi, maka ada kepastian antrean. Penumpukan yang sebelumnya terjadi bisa kita urai. Tidak perlu antre dari subuh, beberapa hari sebelum rencana kunjungan antrean sudah bisa diambil,” terang Edwin.
Melalui menu Pendaftaran Layanan (antrean) pada Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat menentukan secara mandiri hari rencana kunjungannya ke fasilitas kesehatan.
BACA JUGA : BPJS Kesehatan Jamin Pelayanan Mudah, Cepat, dan Setara saat Libur Lebaran 2024
BACA JUGA : Luar Biasa! BPIP Boyong Penghargaan Badan Publik Kategori Informatif dari Komisi Informasi Pusat
Jika waktu antrean sudah dekat, peserta bisa datang ke fasilitas kesehatan yang dimaksud. Aplikasi akan menunjukkan pergerakan antrean di fasilitas kesehatan secara real time.
“Tujuannya agar proses antrean bisa lancar. Banyak hal produktif yang bisa dilakukan peserta sembari memantau antreannya lewat aplikasi. Rumah sakit pun bisa efisien, tidak perlu menambah lahan parkir maupun kursi tunggu karena ffow kedatangan pasien lancar,” tegas Edwin.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber: harianjogja.com