Body Merek Kulkas Terbaik Nyetrum Saat Disentuh, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Body Merek Kulkas Terbaik Nyetrum Saat Disentuh, Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab Body Kulkas Nyetrum Saat Disentuh--Google.com

DISWAY JOGJA - Kulkas adalah peralatan rumah tangga yang menjadi tak terpisahkan dari kehidupan modern. Merek kulkas terbaik memiliki fungsi penting untuk menjaga makanan dan minuman kita agar tetap segar dan awet.

Namun, beberapa individu mungkin pernah merasakan kejutan listrik saat menyentuh permukaan merek kulkas terbaik.

Penyebab Body Kulkas Nyetrum Saat Disentuh

Umumnya, masalah nyetrum pada body merek kulkas terbaik sering kali terjadi pada kulkas yang sudah tua. Namun, terkadang masalah ini juga dapat dialami oleh kulkas yang baru. Oleh karena itu, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut yang perlu dipahami.

1. Korsleting pada heater

Heater pada merek kulkas terbaik terdiri dari lilitan kawat tahan panas yang terbungkus dalam tabung kaca. Tabung kaca ini berperan dalam mengisolasi arus listrik agar tidak menyebabkan sensasi nyetrum pada bagian lain dari kulkas.

BACA JUGA : Begini Tips dan Trik, Menggunakan Merek Kulkas Terbaik Yang Baru Anda Beli

Jika penyebab kulkas nyetrum adalah karena heater mengalami korsleting, bagian kaca tabung biasanya akan pecah. Hal ini dapat menyebabkan lilitan heater pemanas bersentuhan dengan evaporator atau body kulkas.

2. Kompresor short body

Kompresor pada kulkas memiliki fungsi utama sebagai bagian dari sistem pendingin. Jika terjadi short body pada kompresor, itu menunjukkan bahwa isolasi gulungan di dalamnya mulai mengelupas dan menempel pada bagian body kompresor.

Dampaknya, terjadi arus listrik yang mengalir pada body kulkas dan mengakibatkan sensasi kesetrum saat disentuh.

3. Kabel grounding putus

Grounding merupakan sistem dalam instalasi listrik rumah yang menggunakan jalur kabel tersendiri yang terhubung ke titik pertanahan atau bumi. Tujuan grounding adalah untuk mencegah terjadinya kejutan listrik saat kita menyentuh peralatan elektronik.

Untuk memastikan kabel grounding beroperasi dengan baik, perhatikan bagian belakang kulkas, terutama di sekitar area kompresor. Kabel grounding umumnya berwarna kuning dan terhubung dengan body kulkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: