Perpaduan Orkestra dengan Gamelan, Konser Kolaborasi Musik Inggris dan Yogyakarta Tampil Memukau

Perpaduan Orkestra dengan Gamelan, Konser Kolaborasi Musik Inggris dan Yogyakarta Tampil Memukau

Pertunjukkan kolaborasi musik merayakan 75 tahun hubungan antara Indonesia dan Inggris menyajikan perpaduan irama orkestra dengan gamelan Keraton Yogyakarta. -DOK.-

 

DISWAYJOGJA - Konser kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) dari Keraton Yogyakarta dengan British Army Band Colchester dari Kerajaan Inggris tampil memukau di Bangsal Kepatihan, Selasa sore, 4 Juni 2024.

Pertunjukkan kolaborasi musik merayakan 75 tahun hubungan antara Indonesia dan Inggris tersebut menyajikan perpaduan manis antara irama orkestra dengan gamelan Keraton Yogyakarta. Ditambah lagi beragam gaya karya simfoni militer ala Kerajaan Inggris.

BACA JUGA:Yogyakarta Royal Orchestra Pukau Penonton saat Konser dalam Rangka HPKN di Jakarta

Konser kolaborasi antara Inggris dan Yogyakarta tersebut disaksikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey.

Dari pantauannya, mengawali konser, YRO memainkan dua repertoar utama, yakni Gendhing Surceli serta Medley Suara Suling dan Menthok-menthok. Tak hanya menyajikan alunan irama orkestra, YRO menggandeng para pengrawit Kridhamardawa dengan memainkan Suwe Ora Jamu dan Gati Taruna. Pengrawit memainkan instrumen gamelan berkolaborasi dengan British Band Army Colchester dan mendapatkan standing applause dari penonton.

Sementara itu, British Army Band Colchester memainkan lima repertoar berjudul Captain America, Coldplay Classics, A Bridge to Far, Living on a Prayer dan Lord Of The Dance.

”Kita sudah melihat repertoar perpaduan musik barat dengan gamelan dari timur ternyata bisa dimunculkan bersama-sama. Kita di sini tidak berbicara sekadar musik, tetapi kebersamaan musik tersebut bisa membangun kerjasama yang baik antara kedua bangsa, Inggris dengan Indonesia maupun Yogyakarta. Ini bukti musik bisa mempersatukan antar sesama bangsa tidak sekedar alat yang dibunyikan,” kata Sri Sultan usai menyaksikan Konser Kolaborasi YRO dan British Army Band Colchester tersebut.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey menyatakan, kedua orkestra tampil memukau dalam kontes kolaborasi ini. Perpaduan alunan musik menunjukkan betapa hebatnya kekuatan musik sebagai alat untuk menghubungkan masyarakat kedua negara, Indonesia dan Inggris.

BACA JUGA:Konser Yogyakarta Royal Orchestra Gugah Semangat Persatuan

Lebih khusus lagi, Jermey di sini merayakan hubungan spesial antara Inggris dan Yogyakarta dengan keunikan dan kesamaan latar belakang dan pemerintahan. Intinya, lanjut dia, konser ini mempertemukan musisi dari dua kerajaan, yaitu the British Army Band Colchester dan YRO.

”Saya berharap pertukaran budaya antara Inggris dan Yogyakarta semakin diperkuat di masa depan. Hal ini seiring dengan langkah kami yang berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga lingkungan agar lebih hijau dan menciptakan perdamaian di bumi,” terang Dubes Jermey.

Dia menjelaskan, konser kolaborasi ini merupakan konser pamitan tim YRO yang akan melakukan lawatan ke Malaysia pada 6 hingga 9 Juni 2024. Dimana YRO akan tampil dalam Festival Orkestra Kuala Lumpur pada 7 Juni 2024. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: