Jangan Khawatir Merek Kulkas Dingin Namun Freezer Tidak Beku, Simak Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jangan Khawatir Merek Kulkas Dingin Namun Freezer Tidak Beku, Simak Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Merk kulkas dingin namun freezer tidak beku--Shopee.com

DISWAY JOGJA - Merek kulkas dingin namun freezer tidak beku? Coba cek beberapa komponen seperti penjelasan di bawah ini. 

Kulkas memang menjadi produk elektronik yang memudahkan kehidupan rumah tangga yah. Maka dari itu, kulkas perlu mendapat perhatian agar tidak mudah rusak, salah satunya seperti merek kulkas dingin namun freezer tidak beku. 

Khawatir bukan, merek kulkas dingin namun freezer tidak beku? Hal itu akan mengganggu penyimpanan makananmu di kulkas, terlebih makanan yang kamu simpan akan dengan mudahnya basi. 

Untuk itu, di bawah ini ada penyebab dan cara mengatasi merek kulkas dingin namun freezer tidak beku. Simak ulasannya di bawah ini. 

BACA JUGA : Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Mini Desain Modern Fitur Praktis, Nomor 5 Paling Populer

1. Tidak berfungsinya thermostat 

Komponen ini terdapat pada kulkas dan freezer yang memiliki fungsi sebagai pengontrol suhu. Untuk itu, komponen ini sangat penting dicek apakah bekerja atau tidak. Salah satu ciri komponen thermostat rusak adalah kulkas tidak akan mengeluarkan suhu dingin atau bahkan kulkas akan mengeluarkan suhu dingin di tingkat yang maksimum. Suhu yang tidak stabil ini tentu saja akan mengganggu sistem kerja kulkas. 

2. Kotornya coil kondensor 

Yang kedua penyebab suhu kulkas dingin namun freezer tidak beku adalah kotornya coil kondensor. Cobalah cek kembali coil kondensormu. Komponen coil kondensor umumnya berada di bagian belakang di sisi bawah atau di tempat yang terlindungi.

Untuk itu, kamu sebagai pengguna wajib untuk menemukan dimana letak coil kondensor dan bersihkan segera. Untuk pencegahan akan terulang kembali, minimal bersihkanlah coil kondensor paling tidak 6 bulan sekali. 

3. Coil evaporator yang tertutup

Permasalahan selanjutnya bisa jadi karena freezer kamu yang dipenuhi oleh bunga es. Yang merupakan salah satu tanda coil evaporator kamu tertutup adalah freezer yang dipenuhi oleh bunga es lalu menjadikan makanan yang kamu simpan tidak beku lagi. Beberapa saat memang masih tidak terjadi masalah apa-apa, namun lambat laun kulkas ikut menjadi tidak dingin. 

BACA JUGA : Jangan Abaikan, Hindari Kesalahan Penggunaan Freezer Agar Merek Kulkas Terbaikmu Awet Tahan Lama

Namun tenang saja, kamu masih dapat mengatasi merk kulkas dingin namun freezer tidak beku. Ikuti caranya di bawah ini yuk. 

1. Periksalah tegangan listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: