Tips Menyimpan Makanan Sisa Dalam Kulkas Terbaru Agar Tetap Aman, Anti Basi Dan Bebas Bakteri

Tips Menyimpan Makanan Sisa Dalam Kulkas Terbaru Agar Tetap Aman, Anti Basi Dan Bebas Bakteri

Cara Penyimpanan Makanan Sisa Di Kulkas Terbaru Agar Tetap Aman, Anti Basi Dan Bebas Bakteri--

DISWAY JOGJA – Biasanya sisa makanan akan di  taruh dalam kulkas untuk memperlambat pembusukkan. Selain kulkas terbaru dirasa aman sebagai tempat penyimpanan yang bisa tahan lama. Dengan suhu dingin yang ada bisa menghambat tumbuhnya jamur atau menyebarnya bakteri.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum benar menyimpan makanna sisa dalam kulkas terbaru. Bukannya jadi awet dan tahan lama yang bebas kuman. Sisa makanan malah bikin diare, mual, muntah yang sudah tecemar kuman.

Sisa makanan yang sudah melalui proses masak biasanya lebih tahan 3 hari sampai 1 mingguan. Dan beberapa sayuran yang disimpan dalam kulkas terbaru baiknya tidak dipanaskan. Seperti contohnya bayam, jamur, seledri, kentang, dan makanan bersantan.

Sebab hal itu gak bagus unutk kesehatan, dan juga dalam penyimpanan di kulkas terbaru harus dalam tempat tertutup. Terlebih kalau menyimpan roti, agar suhu tetap stabil bisa disimpan dengan benar dan rapat. 

BACA JUGA : Tips Memaksimalkan Kerja Kompresor Kulkas Terbaru, Berikut Cara Merawat Yang Tepat dan Benar

Berikut tips penyimpanan sisa makanan matang di kulkas terbaru agar tetap aman :

Perhatikan waktu penyimpanan

Untuk menyimpan sisa makanan ke dalam kulkas baiknya tidak terlalu lama di suhu ruang. Kalau bisa, setelah tidak lagi di makan dalam waktu 2 jam langsung dimasukkan. Tujuannya agar makanan terbebas dari kuman dan juga jauh dari bakteri yang mengontaminasi.

Dan kalau memang sudah agak lama bisa mencegahnya dengan caar menghangatkannya lebih dulu. Dan diamkan dalam suhu ruang untuk normal. Lalu masukkan dalam kulkas dengan kondisi rapat tanpa udara agar makanan bebas jamur maupun bakteri.

Pakai wadah tertutup

Penyimpanan yang baik dengan wadah tertutup bantu makanan tetap aman dan kualitas terjaga baik. Melindungin maknan dari kuman yang ada, penyimpanan juga aman tanpa kontaminasi udara lain dalam kulkas.

Bantu terhindar dari kuman yang berterbangan, makanna yang tersimpan wajib dalam keadaan rapat. Selain menjaga suhu makann tetap aman dan jauh dari kuman. Hal ini mencegah jamur dan bakteri tumbuh yang mengakibatkan sakit.

Paham chiller dan freezer

Tahu fungsi chiller dan jga freeze rjadi hal penting sebelum menyimpan sisa makanan. Hal ini bergantung dengan seberapa makanan tetap aman dengan ualitas yang sama. baknya kalau sisa makanan taruh di chiller, dan bahan pangan segar bisa di freezer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: