87 Guru TK Lebaksiu Dibekali Cara Mencegah Bahaya Narkoba Dengan 3K

87 Guru TK Lebaksiu Dibekali Cara Mencegah Bahaya Narkoba Dengan 3K

P4GN - Kepala BNN Kota Tegal menyampaikan materi P4GN kepada puluhan guru anggota IGTKI di TK Islam Al Wardah, Sabtu (25/5/2024) di TK Islam Al Wardah.-Syamsul Falaq/ RATEG-

DISWAY JOGJA - Sebanyak 87 guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Lebaksiu, dibekali cara mencegah bahaya penyalahgunaan narkoba, Sabtu (25/5). Hal itu, terungkap saat guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.

Mendapat arahan Edukasi dan informasi Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari Kepala BNN Kota Tegal, di TK Islam Al Wardah.

Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah melalui Kepala BNN Kota Tegal Nasrudin menyampaikan, pentingnya edukasi dan diseminasi informasi terkait P4GN menjadi ujung tombak dalam menggencarkan perang melawan narkoba. Sebab, angka prevalensi penyalahgunaan narkoba terus meningkat seiring makin banyaknya modus operandi.

BACA JUGA : BNN Kota Tegal Genjot Partisipasi Pemda Tanggap Ancaman Narkoba

"Komitmen Stop Narkoba dan Perangi narkoba, bisa dilakukan dengan sinergi secara masif dan terarah. Singkirkan ego sektoral, tanamkan konsep 3 K (komunikasi, koordinasi dan kolaborasi," ungkapnya saat menyampaikan materi P4GN.

Terkait sasaran empuk penyalahgunaan narkoba, lanjut Nasrudin, saat ini tidak hanya membidik kalangan remaja. Namun, dewasa, pekerja, orang berduit hingga paling miris adalah anak usia dini. Buktinya, dengan kemasan permen dan makanan yang menjadi kedok peredaran terkesan mengecoh hingga membuat penasaran anak-anak.

"Bagaimana kelangsungan bangsa ini, jika para penerusnya dicekoki narkoba betapa ngerinya untuk dibayangkan," ujarnya.

BACA JUGA : Stop Narkoba !! Fatayat Debong Lor Gandeng BNN Kota Tegal Gencarkan P4GN

Nasrudin menuturkan, bertemu dengan perwakilan guru dari IGTKI menjadi momen yang tepat untuk menyebarluaskan pentingnya P4GN. Sebab, para guru akan lebih mudah mentransformasikan semua informasi kepada murid. Sehingga, akan menumbuhkan generasi bertanggung jawab, berkarakter dan mampu menghadapi semua tantangan.

"Sebelum terjadi dan muncul korban penyalahguna, semua sektor punya tanggung jawab besar untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya narkoba. Sehingga, edukasi P4GN menjadi cara paling efektif dalam mendongkrak partisipasi aktif masyarakat menyatakan perang melawan narkoba," tandasnya. (syf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: