Pj Bupati Kulon Progo Berharap Bandara YIA di Temon Jadi Embarkasi

Pj Bupati Kulon Progo Berharap Bandara YIA di Temon Jadi Embarkasi

Pj Bupati Kulon Progo Srie Nurkyatsiwi -DOK.-

DISWAYJOGJA - Pj Bupati Kulon Progo Srie Nurkyatsiwi berharap keberadaan Bandara YIA di Temon menjadi embarkasi sendiri. Dengan demikian, proses persiapan berangkat haji menjadi lebih mudah dan efisien.

"Kami berharap, semoga Kulon Progo memiliki embarkasi sendiri. Harapan ini semoga dapat terwujud di masa yang akan datang,” ucap Pj Bupati Kulon Progo saat pelepasan 377 jamaah calon haji d Masjid Agung Kulon Progo, Kamis, 23 Mei 2024 lalu.

BACA JUGA:Pj Bupati Kulon Progo Melepas 377 Jamaah Calon Haji di Masjid Agung

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan, meski daftar tunggu dalam keberangkatan ibadah haji masih cukup lama, tapi tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk mendaftar ibadah haji. Hal itu dibuktikann dengan calon jamaah haji dari tahun ke tahun yang mendaftar dari Kabupaten Kulon Progo terus meningkat.

Menurut dia, peristiwa ini dapat dijadikan parameter bahwa minat umat muslim di Kulon Progo untuk berhaji setiap tahun mengalami peningkatan. ”Boleh dikatakan, warga umat muslim di Kulon Progo mengalami peningkatan baik dari sisi materi ataupun keimanannya,” ungkap Siwi.

”Saya ikut berbangga bahwa keinginan umat muslim di Kulon Progo semakin meningkat untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima ini," tambahnya.

BACA JUGA:Calon Jamaah Haji DIY 2024 Tertua Berusia 95 Tahun, Termuda 18 Tahun

Karena itu, dia mengajak seluruh umat muslim untuk menyiapkan diri baik dari sisi materi maupun mental, serta memohon kepada Allah SWT agar suatu saat nanti semua mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci di masa mendatang.

Diketahui, jamaah calon haji dari Kabupaten Kulon Progo pada 2024 ini terdiri dari 175 jamaah calon haji laki-laki dan 202 jamaah perempuan. 114 jamaah lansia berusia diatas 65 tahun. Sedangkan selebihnya adalah jamaah berusia dibawah 65 tahun. Dengan jemaah calon haji tertua, usia 90 tahun dan jamaah termuda usia 24 tahun.

BACA JUGA:200 Calon Jamaah Haji Pamitan dengan Wakil Gubernur DIY, Ini Pesan Sri Paduka

Adapun jumlah jamaah calon haji 2024 mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, Kabupaten Kulon Progo mampu memberangkatkan jamaahnya sebanyak satu kloter lebih.

Diperkirakan jamaah calon haji Kabupaten Kulon Progo akan diberangkatkan ke Jeddah dari embarkasi pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 18.45 WIB. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: