Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Yakin Ada Peluang Kerja Sama dengan Dekranasda DKI

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Yakin Ada Peluang Kerja Sama dengan Dekranasda DKI

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY yakin ada peluang kerja sama dengan DKI-DOK.-

DISWAYJOGJADewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta melakukan studi banding ke Dekranasda DIY, Senin, 13 Mei 2024. Kunjungan yang dipimpin Pj Dekranasda DKI Jakarta Mirdiyanti Heru ditemui Ketua Harian Dekranasda DIY GKBRAA Paku Alam, didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Srie Nurkyatsiwi, di Ruang Parangkarsa, Pura Pakualaman, Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY Srie Nurkyatsiwi menyampaikan, kunjungan dari Dekranasda DKI ini dapat membuka peluang kerja sama.

BACA JUGA:Dekranasda DKI Jakarta Belajar Pengelolaan Batik dan Industri Kreatif DIY

Menurut dia, meski awalnya hanya untuk study banding, tapi Siwi meyakini, setelahnya peluang kerjasama terutama di bidang pemasaran akan semakin terbuka. Selain itu, tidak bisa dipungkiri, pasar di Jakarta memang lebih luas jangkauannya.

“Saat ini DIY ada program gratis ongkir dari Dana Keistimewaan. Ini akan mempermudah pemasaran kita. Melalui SiBakoel Jogja, program ini mampu memberikan kemudahan lebih untuk pembeli dari luar DIY. Artinya, peluang meningkatnya penjualan akan semakin besar. Ini daerah lain belum punya program ini,” jelas Siwi.

Siwi menyebut, kerja sama antara Dekranasda DIY dan Dinas Koperasi dan UMKM DIY sejauh ini berjalan baik. Kolaborasi inilah yang membuat pertumbuhan industri kreatif di DIY berkembang pesat.

Hingga saat ini, tidak bisa dipungkiri, industri kreatif bergandengan erat dengan industri pariwisata, menjadi penopang pertumbuhan ekonomi DIY.

BACA JUGA:Sambut Kedatangan Bhikkhu Thudong, Pj Gubernur Jateng Siap Kawal Hingga Perayaan Waisak 2024

Sementara itu, Pj Dekranasda DKI Jakarta Mirdiyanti Heru menyampaikan alasan timnya mengunjungi DIY. Menurut dia, perkembangan batik DIY menjadi hal utama. Meskipun ternyata, bukan hanya batik yang menjadi potensi.

Dia dibuat terkejut dengan fakta lapangan bahwa kerajinan di DIY jauh melebihi ekspektasinya. ”Saya seperti mendapat kejutan. Sudah disambut hangat, dapat ilmu baru, dan bahkan ilmunya melebihi apa yang saya bayangkan. Gusti Putri ternyata pembatik dan karyanya benar-benar luar biasa,” kata Mirdiyanti. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: