Wisata Terbaru 2024 Solo, Liburan Sambil Belajar Budaya

Wisata Terbaru 2024 Solo, Liburan Sambil Belajar Budaya

Wisata terbaru 2024 Solo --Instagram@keratonsurakarta

DISWAY JOGJA - Seperti yang orang-orang tahu, Solo terkenal dengan kota budayanya. Maka dari itu, tidak heran jika terdapat banyak wisata terbaru 2024 Solo yang mengusung tema budaya dan seni.

Jenis wisata yang satu ini cocok untuk kamu yang sedang liburan wisata terbaru 2024 Solo namun ingin belajar budaya Indonesia khususnya Solo.

Wisata terbaru 2024 Solo yang bisa kamu kunjungi mulai dari candi hingga bangunan museum dengan banyak peninggalan sejarah.

Penasaran bukan? Yuk simak rekomendasi wisata terbaru 2024 Solo yang kental dengan budayanya.

BACA JUGA : Wisata terbaru 2024 Solo, Menikmati Panorama Alam Hingga Sensasi Menginap Di Glamping

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Pilihan pertama ini yang populer dikunjungi wisatawan adalah Keraton Surakarta. Belajar kebudayaan paling menyenangkan memang ketika berangkat langsung ke pusatnya.

Keraton Surakarta memiliki banyak bangunan di luas 54 hektare. Namun, karena masih aktifnya Keraton Surakarta sebagai tempat raja, maka tempat tinggal raja tidak boleh dikunjungi.

Tapi tenang saja, pengunjung dapat menemukan beragam koleksi di museum Keraton. Ada beberapa jenis senjata, patung, kereta kencana, hingga pusaka kerajaan.

Lokasi : Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon,  Kota Surakarta
Harga tiket masuk :

2. Candi Cetho

Selanjutnya ada Candi Cetho. Candi peninggalan Agama Hindu ini berada di urutan ketiga di Indonesia sebagai candi tertinggi yang berada di lereng Gunung Lawu. Hingga sampai saat ini, Candi Cetho masih aktif menjadi tempat ibadah dan ritual penolakan bala.

Hal itu kenapa sebelum memasuki area candi, pengunjung diwajibkan untuk menggunakan kain kampuh yang sudah disediakan untuk maksud menghormati candi sebagai tempat ibadah.

Untuk berwisata ke Candi Cetho, pastikan badan kamu dalam keadaan sehat dan segar ya, karena medan menuju Candi Cetho cukup menantang. Menanjak dan menikung jalannya.

Lokasi : Desa Cetho, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar
Harga tiket masuk : Rp 30.000

BACA JUGA : Kuliner Khas Wisata Terbaru 2024? Solo Punya 5 Rekomendasi Makanan Khas Cocok Untuk Menu Buka Puasa

3. Puro Mangkunegaran

Yang tidak boleh ketinggalan wisata terbaru 2024 di Solo selanjutnya adalah Puro Mangkunegaran. Wisata ini juga selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati hidup seperti ala kerajaan Mangkunegaran di Royal Dinner Mangkunegaran.

Lebih tepatnya, merasakan makanan khas Mangkunegaran, seperti sambel goreng, pecel pithik, lodoh pindang dan masih banyak makanan khas Mangkunegaran lainnya.

Loh belajar budayanya mana? Tenang saja, namanya Puro Mangkunegaran, pasti pengunjung juga akan diajak mengenal budaya Mangkunegaran dan beragam jenis benda koleksi kerajaan. Mulai dari kendaraan, topeng, menonton pertunjukkan kesenian tari, wayang hingga gamelan.

Lokasi : Jl. Ronggowarsito, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Solo
Harga tiket masuk : Rp 50.000

4. Museum Keris

Yang terakhir ada Museum Keris. Bagi kamu pecinta senjata khas Indonesia yang satu ini, bisa banget datang berkunjung ke Museum Keris.
Di museum ini terdapat banyak sekali jenis keris, dari aneka ragam jenis ukiran dan ukuran.

Selain itu, pengunjung juga dapat belajar lebih mendalam mengenai keris melalui saluran video visual tentang perjalanan keris dari masa ke masa di Indonesia. Selain itu, terdapat benda peninggalan lain seperti tombak.

Lokasi : Jl. Bhayangkara, No. 2 Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Solo
Harga tiket masuk : mulai dari Rp 5.000

BACA JUGA : 5 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Karanganyar Solo, Dijamin Libur Lebaran Bareng Keluarga Makin Seru

Menarik untuk belajar budaya di Solo? Selain memanjakan mata, kamu juga bisa menambah wawasan mengenai ragam budaya di Indonesia melalui wisata terbaru 2024 Solo.

Dengan berwisata budaya, artinya kamu tetap menjaga budaya khas Indonesia. Hal itu, senantiasa bermanfaat agar potensi wisata terbaru 2024 tetap terjaga sekaligus melestarikan warisan sejarah sampai nanti anak cucu. Wah menarik yah, sekian dan semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: