Komunitas Railfans Bantu Penumpang KA Stasiun Tegal saat Momen Masa Angkutan Lebaran

Komunitas Railfans Bantu Penumpang KA Stasiun Tegal saat Momen Masa Angkutan Lebaran

BANTU PETUGAS - Komunitas Railfans Tegal saat bantu petugas di aktivitas stasiun Tegal. -AGUS WIBOWO/RATEG -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Di balik berjubelnya ribuan penumpang Kereta Api (KA) di Stasiun Tegal, rupanya tidak hanya peran dari petugas yang aktif dalam menjalankan tugasnya dalam pengamanan Lebaran atau arus mudik dan balik 2024. Ada komunitas yang membantu peran petugas.

Meski PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mendirikan Posko Angkutan Lebaran 2024 untuk melayani pelanggan kereta api secara maksimal, rupanya ada peran dari eksternal, khususnya komunitas railfans atau pecinta kereta api di beberapa stasiun besar wilayah Daop 4 Semarang. Salah satunya di Stasiun Kota Tegal.

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran, 5.732 Orang Naik Kereta Api di Stasiun Tegal

Komunitas railfans tersebut merupakan sebuah wadah komunitas pecinta kereta api yang terdiri dari anak-anak muda. Mereka emiliki antusias terhadap dunia perkeretaapian. Komunitas ini sering melakukan banyak kolaborasi sosial bersama PT KAI. Tujuannya memberikan peningkatan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan kepada para pelanggan KA maupun masyarakat secara umum.

Dalam kesempatan masa Angkutan Lebaran 2024 ini, Daop 4 Semarang bersama beberapa Komunitas Railfans melaksanakan posko pelayanan pelanggan yang berlokasi di 5 stasiun wilayah Daop 4 Semarang. Meliputi, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan dan Stasiun Cepu.

Para remaja setingkat sekolah menengah pertama (SMP) hingga mahasiswa turut membantu melayani penumpang kereta api di stasiun. Mulai dari memberikan informasi kedatangan dan keberangkatan kereta api, mengarahkan penumpang menuju ruang tunggu, membantu penumpang melakukan cetak tiket kereta api, hingga membantu penumpang lansia. Selain itu, membantu penumpang berkebutuhan khusus di stasiun.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para komunitas railfans yang telah berpartisipasi dalam melayani para pelanggan kereta api selama masa arus mudik maupun arus balik angkutan lebaran 2024 ini.

”Mereka secara sukarela ingin turut berkontribusi melayani masyarakat di stasiun dengan memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan kereta api di stasiun selama masa posko berlangsung,” terang Franoto.

BACA JUGA:Saat Penumpang Kereta Api Sembrani Mudik dan Melahirkan Jelang Lebaran 2024

Adapun komunitas yang membantu pelayanan penumpang selama posko di Daop 4 Semarang ada 4 komunitas. Meliputi Komunitas Railfans Daop Empat (KRDE), Komunitas Railfans Tegal, Komunitas Railfans Pekalongan dan Komunitas Railfans Cepu. Jumlah anggota komunitas yang terlibat sebanyak 38 anggota.

Dalam menjalankan tugasnya tersebut, para anggota komunitas railfans berkoordinasi dan berkomunikasi secara langsung dengan kepala stasiun dan petugas keamanan stasiun terkait terciptanya sinergitas pelayanan pelangganyang maksimal. Komunikasi ini di antaranya berisi tentang informasi jam kedatangan, informasi apabila ada kereta api yang mengalami keterlambatan, informasi perubahan jalur yang akan melayani kereta api, dan masih banyak lagi.

Berangkat dari sebuah hobi, Komunitas Pecinta Kereta Api atau Railfans terus berkolaborasi dengan KAI dalam menciptakan perjalanan kereta api yang aman, nyaman, dan lancar bagi semua pengguna layanan kereta api.

Selain pelayanan penumpang selama posko, Komunitas Railfans juga kerap berkolaborasi dengan KAI dalam kegiatan positif lainnya. Salah satunya, sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang. Dalam kegiatan tersebut, komunitas railfans mensosialisasikan pentingnya disiplin lalu lintas khususnya saat melewati perlintasan sebidang untuk terciptanya keselamatan perjalanan kereta api.

BACA JUGA:Banjir Merendam Jalur Perlintasan Kereta Api, Penumpang Arah Semarang Dialihkan

”Semoga sinergi dan kolaborasi antara KAI dengan Komunitas Pecinta Kereta Api dapat terus berlanjut untuk memberikan manfaat positif bagi seluruh masyarakat secara umum dan pelanggan kereta api secara khusus,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: