Mengenal Legenda Roro Jonggrang di Wisata Terbaru 2024 Candi Sewu Sambil Bersepeda, Cek Lokasinya Disini

Mengenal Legenda Roro Jonggrang di Wisata Terbaru 2024 Candi Sewu Sambil Bersepeda, Cek Lokasinya Disini

Wisata terbaru 2024 Candi Sewu-wonderfulimages.kemenparekraf.go.id-google

DISWAY JOGJA - Indonesia, negara yang kaya akan sejarah dan budaya. Salah satunya terdapat pada tempat wisata terbaru 2024 Candi Sewu.

Tempat wisata terbaru 2024 Candi Sewu ini menjadi salah satu candi yang menjadi saksi bisu pada zaman lampau. Serta menjadi candi Budha terbesar kedua di Jawa Tengah setelah Candi Borobudur.

Candi Sewu ini lokasinya berada di kawasan Candi Prambanan dengan jarak 800 meter. Meski tempat wisata terbaru 2024 ini berdekatan, namun toleransi beragamanya berjalan dengan baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa Candi Prambanan memiliki corak Hindu sedangkan Candi Sewu ini memiliki corak Budha. Lalu, apa sih daya tarik tempat wisata terbaru 2024 ini ?

Daya Tarik Candi Sewu

1. Cerita Roro Jonggrang

Mungkin sudah tidak begitu asing dengan legenda Roro Jonggtang. Konon katanya legenda ini menjadi latar belakang pembangunan Candi Sewu ini.

BACA JUGA : Destinasi Malam Menarik, Wisata Terbaru 2024 Jogja Tampilkan Pesona Indah di Tengah Gelap

Menurut cerita, terdapat Pangeran Bandung Bondowoso yang ingin meminang Roro Jonggrang. Namun dalam hati Roro Jonggrang menolaknya sebab Pangeran tersebut telah membunuh ayahnya.

Agar tidak menyakiti hati pangeran, Roro Jonggrang mengajukan persyaratan agar pangeran membangun seribu candi dalam semalam. Dan disetujui pangeran, beliau membangun candi dibantu oleh bangsa jin sehingga berjalan dengan cepat.

Saat pembangunan candi yang keseribu, Roro Jonggrang meminta bantuan ayam-ayam untuk berkokok agar menggagalkan pembangunan candi. Mendengar suara ayam berkokok bangsa jin itu langsung berhenti dan pergi.

Namun pangeran mengetahuinya dan marah sehingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi yang ke seribu. 

2. Jumlah Candi

Nama “sewu” sendiri diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti “seribu”. Meski demikian, namun ternyata jumlah candi ini tidak genap 1000 buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: