10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Di Ponorogo, Simak Alamat dan HTMnya Disini

10 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Bernuansa Alam Di Ponorogo, Simak Alamat dan HTMnya Disini

Telaga Ngebel-instagram @abeenk._-

DISWAY JOGJA - Ponorogo merupakan sebuah kabupaten di bagian barat Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Keunikan budaya dan seni yang dimiliki oleh Ponorogo sangat terkenal, hal ini sejalan dengan keindahan alam dan wisata terbaru 2024 "kota reog" tersebut.

Wisata terbaru 2024 di Ponorogo memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Sehingga tidak heran jika wisata alam di Ponorogo ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara.

Wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Ponorogo seperti, telaga, gunung, air terjun, sampai dengan perbukitan dengan spot Instagenic. Dan didominasi oleh alam yang cantik dan masih alami.

Berikut 10 wisata alam yang menjadi daya tarik tersendiri di Ponorogo :

1. Kedung Kenthus

Kedung kenthus merupakan sebuah objek wisata alam di Ponorogo yang menawarkan sumber air alami yang sangat menyegarkan. Wisata tersebut terletak di daerah pegunungan. Karena terletak di daerah pegunungan, sumber air tempat ini jernih dan bebas dari pencemaran. Selain sumber air, Kedung Kenthus juga menawarkan objek wisata lain, yaitu Goa lowo.

Di Kedung Kenthus terdapat aliran sungai yang cantik dan unik dari ketinggian terlihat kecil dan sempit tapi sebenarnya sungai ini luas dan besar. Sehingga menyerupai Gentong dengan panjang sekitar 20 meter.

Alamat : Desa Jenangan, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo.

HTM : GRATIS

2. Goa Lowo

Goa Lowo merupakan destinasi wisata yang berbentuk goa dengan pemandangan goa yang elok, indah, eksotis dan mempesona. Gua ini merupakan salah satu gua di Ponorogo yang diduga pernah dihuni oleh manusia purba pada era Mesolitikum hingga Neolitikum.

Goa Lowo memiliki kesejukan yang khas dengan suasana tenang. Isi dari goa ini pun memunculkan rasa penasaran dari para pengunjung. Di dalamnya berisi ribuan kelelawar yang tinggal dan berdiam diri.

Alamat : Boworejo, Kec. Sampung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

HTM : Rp10.000

3. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel merupakan danau alami yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Telaga seluas 5 km2 ini memiliki suasana yang sejuk, berada di kaki Gunung Wilis. Tempatnya sangat cantik dengan alam asri yang alami. Keindahan air danau yang memiliki warna kebiruan dan terlihat berkilauan di bawah sinar matahari. Selain bisa menikmati keindahan telaga, kamu bisa naik speed boat, kapal, berkuda, sampai kulineran.

Alamat : Telaga Ngebel, Ngebel, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

HTM : Rp10.000

4. Watu Semaur

Wisata alam terpopuler di Ponorogo ini menyuguhkan pemandangan bebatuan yang indah, berupa tebing batu tinggi di tengah-tengah padang rumput. Sehingga masyarakat setempat menamai tempat ini dengan sebutan Watu Semaur. Diberi nama tersebut karena bila ada getaran suara teriakan suara itu akan menggema dari arah tebing batu ini.

Obyek wisata ini sering digunakan para wisatawan untuk berolahraga wall climbing. lokasi ini juga sering digunakan para wisatawan untuk berkemah dan menikmati panorama alam yang indah di sini.

Alamat : Desa Selur, Kec. Ngrayun, Kab. Ponorogo.

HTM : GRATIS

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Air Terjun di Jember, Simak Alamat dan HTMnya Disini

5. Tubing Kali Jajar

Tubing Kali jajar merupakan wisata alam favorit di Ponorogo berupa permainan rafting atau  arung jeram di sungai, dengan menggunakan ban, pelampung, helm, dan alat keamanan yang lengkap lainnya. Kamu akan diajak menyusuri sungai yang masih alami dengan jarak kurang lebih 3 km, ditambah pemandangan yang indah.

Alamat : Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, Ponorogo.

HTM : Mulai dari Rp25.000

6. Bukit Kapur

Awalnya tempat ini adalah Gunung Kapur, kemudian karena terus menerus digali sehingga terlihat seperti lubang indah yang banyak digunakan untuk berfoto hingga sekarang. Disini kamu akan mendapatkan pesona tambang tua yang sangat bagus dan menakjubkan.

Alamat : Hutan Negara, Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

HTM : Rp15.000

7. Hutan Wisata Kucur

Hutan Wisata Kucur ini memiliki udara yang sejuk nan asri dengan sumber air yang membentang khas. tempat ini juga dipenuhi dengan pepohonan jati yang rindang memberikan suasana sejuk. Hutan Wisata Kucur memiliki fasilitas mulai dari area parkir, rumah makan, musala, hingga toilet.

Alamat : Kec. Badegan, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

HTM : GRATIS

8. Taman Kelinci

Taman Kelinci Ponorogo ini memiliki beberapa gardu pandang yang cukup tinggi, kokoh dan aman. Mulai dari gardu pandang yang didesain bertingkat, hingga gardu pandang yang dibentuk seperti bunga matahari. Suasananya kian asyik dengan pemandangan hijau yang bisa dijumpai di sekitar taman.

Alamat : Perhutanan, Pandak, Kec. Balong, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

HTM : Rp3.000

9. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Di wisata alam paling hits di ponorogo ini pengunjung dapat menikmati sensasi air panas yang mengandung belerang alami dengan berendam dan bermain. Di pemandian ini diyakini mampu mengobati beberapa penyakit kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan belerang yang terkandung di air pemandian ini.

Tersedia beberapa kolam untuk berenang, berendam atau sekedar bermain air. Ada kolam renang untuk dewasa dan kolam khusus anak-anak, terletak di tengah persawahan, menjadikan tempat wisata ini memiliki suasana yang sejuk.

Alamat : Jl. Raya Ngebel, Pucuk, Wagir Lor, Kec. Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

HTM : Rp10.000

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Paling Populer Di Kendal, Simak Alamat dan HTMnya

10. Coban Lawe

Lokasi Coban Lawe yang berada di tengah hutan membuat air terjun ini terasa sangat alami dan masih belum terjamah banyak orang. Sumber air yang berasal dari Gunung Wilis membuat air yang mengalir di obyek wisata ini terlihat bersih dan terasa dingin.

Air Terjun Coban Lawe memiliki empat aliran sehingga terlihat unik dan menakjubkan. Kondisi air yang deras dan masih jernih meskipun di musim kemarau menjadikan Air Terjun Coban Lawe dapat Anda kunjungi musim apapun.

Alamat : Desa Krisik, Kec. Pudak, Kab. Ponorogo, Jawa Timur.

HTM : Rp5.000

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 bernuansa alam di Ponorogo. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: