Simak 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Pulau Flores Dijamin Menggugah Selera Makan

Simak 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Pulau Flores Dijamin Menggugah Selera Makan

Wisata terbaru 2024 Kuliner Khas Pulau Flores--

DISWAY JOGJA - Ketika memasuki libur lebaran, kegiatan paling mengasyikkan adalah berwisata. Selain mengasyikkan, berwisata juga bisa menghilangkan beban pikiran atas aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Di Indonesia banyak tempat wisata terbaru 2024 yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya Nusa Tenggara Timur.

Salah satu pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores yang dikenal sebagai salah satu yang memiliki banyak destinasi wisata terbaru 2024 di Indonesia selain Bali dan Lombok.

Pulau Flores memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan dimulai dari Labuan Bajo di ujung barat hingga Larantuka di ujung timur. Namun, jika berkunjung ke Pulau Flores, tidak hanya wisata terbaru 2024 alam yang indah namun memiliki sejumlah kuliner khas yang wajib dinikmati saat berlibur di Nusa Tenggara Timur.

Ada beragam wisata terbaru 2024 kuliner khas Pulau Flores yang wajib kamu coba saat berlibur di pulau ini.

BACA JUGA : Surga Tersembunyi : Destinasi Wisata Terbaru 2024 di Labuan Bajo, Flores Nikmati Keajaiban Alam Estetik

1. Se’i

Wisata terbaru 2024 kuliner Flores yang pertama adalah Se’i yang merupakan makanan olahan daging babi atau sapi yang dibuat dengan cara diasapi menggunakan asap dari kayu bakar dari kejauhan. Proses pembuatan Se’i terbilang cukup lama dan menghasilkan perpaduan rasa asin dan gurih.

Setelah melalui proses pengasapan, wisatawan bisa menikmatinya langsung maupun digoreng atau ditumis dahulu sebelum disajikan dengan bahan sayuran dan bunga pepaya. Selain menggunakan daging babi atau sapi, beberapa tempat lainnya juga menggunakan bahan dasar dari daging ikan.

2. Jawada

Rekomendasi wisata favorit kuliner khas Flores lainnya ada Jawada. Bisa diebut juga dengan kue rambut karena bentuknya bergelombang, mirip dengan rambut keriting pada manusia. Jawada adalah makanan olahan yang terbuat dari bahan-bahan berupa garam, air nira, minyak, gula arean, santan, dan tepung beras.

Adonan dari semua bahan tersebut dibentuk hingga tampak seperti rabut ikal. Kemudian adonan digoreng sampai warnanya kecoklatan dan memiliki aroma yang harum. Jawada banyak ditemukan di toko oleh-oleh dan bisa bertahan lama untuk oleh-oleh.

BACA JUGA : 7 Wisata Terbaru 2024 Terpopuler di NTT! Simak Daftarnya Disini

3. Jagung Titi

Rekomendasi wisata terpopuler kuliner khas Flores selanjutnya yaitu Jagung Titi. Makanan ini merupakan jagung yang diolah dalam bentuk cemilan. Jagung titi mudah ditemukan di toko oleh-oleh yang ada di daerah Adonara, Lembata, dan lain daerah lainnya di Flores.

Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan secangkir kopi khas Flores, kopi bajawa. Wisatawan juga kerap membawa pulang jagung titi untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Cita rasanya cukup unik karena rasa manis, asin, dan gurih berpadu menjadi satu.

4. Kolo

Wisata kekinian kuliner khas Flores selanjutnya ada Kolo, kuliner ini merupakan nasi bakar yang dimasak dalam tembilah bambu. Bambu yang dipakai adalah bambu muda dengan panjang sekitar 30 meter. Makanan khas Flores yang satu ini wajib dicoba karena memiliki rasa yang gurih.

Makanan ini biasanya disajikan saat terdapat perayaan khusus ataupun upacara adat. Makanan  ini biasanya akan didoakan terlebih dahulu oleh para pemangku adat setempat sebelum disantap.

Kolo akan terasa lebih nikmat jika disajikan bersamaan dengan kuah babi atau kuah ayam dan minuman tradisional dari bunga aren sulingan, dan moke.

5. Ohu Ai Pungan

Terakhir, wisata kuliner lezat Flores yang menggunakan bahan dasar berupa ubi kering bernama Ohu Ai Pungan. Makanan ini adalah makanan tradisional khas suku Sikka Krowe dan Muhang Tana Ai yang berada di Kabupaten Maumere. Cita rasa yang disuguhkan oleh Ohu Ai Pungan cenderung asin dan berpadu dengan rasa gurih.

Pengolahan Ohu Ai Pungan adalah dengan cara menumbuk halus ubi kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti kelapa parut dan ikan teri. Rasa asin dan gurihnya didapatkan dari bumbu garam. Adonan tersebut menggunakan campuran gula aren yang matang agar warnanya coklat dan rasanya manis.

BACA JUGA : Jelajah Negeri Di Atas Awan? Wisata Terbaru 2024 NTT, Banyak Destinasi Surga Tersembunyi Dengan Pesona Estetik

Demikian 5 rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner khas Flores yang unik dan lezat. Ketika kamu  sedang berlibur ke pulau ini jangan lewatkan untuk mencicipinya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: