7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Di Klaten, Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran, Simak Alamat Dan HTMnya

7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Di Klaten, Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran, Simak Alamat Dan HTMnya

Candi Plaosan-instagram @arraykk-

DISWAY JOGJA - Klaten merupakan saslah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, memiliki banyak sekali tempat wisata terbaru 2024 yang menarik dan cocok untuk dijadikan tujuan wisata saat libur Lebaran.

Banyak warga yang memanfaatkan momen libur Lebaran untuk berwisata bersama keluarga dan teman-teman. Wisata terbaru 2024 di Klaten menawarkan pengalaman berbeda dan menyenangkan bagi para wisatawan.

Destinasi wisata alam juga banyak terdapat di Klaten, selain menyediakan pemandangan alam cantik, Wisata terbaru 2024 di Klaten memiliki spot-spot foto instagramable untuk mengabadikan momen libur lebaran kamu.

Berkut 7 rekomendasi wisata terbaru 2024 di Klaten, cocok dikunjungi saat libur lebaran :

1. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah destinasi wisata terbaru 2024 di Klaten paling pas untuk kamu yang ingin memiliki foto underwater yang instagramable dan kekinian. Di tempat wisata Klaten ini, kamu bisa bermain air di kolam yang memiliki air sangat jernih. Mata air Umbul Ponggok berbentuk kolam dengan ukuran panjang 70 m dan lebar 40 m. Berbagai jenis ikan-ikan kecil yang cantik juga menambah indah obyek wisata di Klaten yang tengah populer ini.

Fasilitas di Umbul Ponggok antara lain kolam mata air alami, gerai penyewaan alat snorkeling, diving, dan perahu kayuh, penyewaan kamera underwater, tempat sewa perlengkapan foto unik, toilet umum, spot foto, wahana permainan, snack spesial, donasi, tempat istirahat, dan toko makanan.

Alamat : Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten – Jawa Tengah.

HTM : Rp15.000 - Rp30.000

2. New River Moon Klaten

Wisata terpopuler di Klaten ini cocok dikunjungi saat liburlebaran bersama keluarga. New River Moon menyuguhkan pemandangan asri di tepi sungai, di mana kamu bisa menikmati river tubing, camping ground, outbound dengan fasilitas fun game yang seru serta rafting menyusuri Kali Pusur.

Alamat : Kali, Pusur, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

HTM : Rivertubing Rp15.000 (jarak 500 meter), Rp40.000 (jarak 2 kilometer), Outbond Rp50.000 – Rp90.000 (tergantung paket)

3. Soko Alas

Soko Alas menawarkan konsep gabungan wisata alam dan air dalam satu kawasan yang luas dengan wisata seni yang memamerkan karya arsitektur menawan. Terdapat gapura dari akar kayu jati, bola dari potongan-potongan kayu, patung, hingga air mancur berbentuk hewan dari kayu.

Di area wisata favorit Klaten ini juga terdapat kolam ikan, serta kolam renang anak dan dewasa lengkap dengan kursi malas dan peneduh dari bambu. Serta, ada kafe dan resto aesthetic dengan tirai dari potongan bambu yang memiliki suasana ala-ala di Bali dan Thailand.

Alamat : Jl. Delanggu- Polanharjo, Area Kebun/Sawah, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

HTM : Rp10.000 – Rp15.000

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024? 7 Rekomendasi Wisata Pantai Tercantik Di Probolinggo, Simak Alamat Dan HTMnya Disini

4. Rowo Jombor

Rowo Jombor merupakan  waduk seluas 198 hektare dengan kedalaman hingga 4,5 meter dan dikelilingi oleh hamparan hutan serta tanaman enceng gondok yang menghiasi rawa ini. Memiliki panorama tak kalah memukau, terutama kala matahari terbenam.

Wisata kekinian di Klaten ini dikenal karena memiliki nuansa unik berupa warung yang berada di tengah-tengah waduk,pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dengan naik perahu wisata. Objek wisata ini memiliki berbagai fasilitas penunjang liburan, seperti area parkir kendaraan, warung wisata, rumah makan, toilet, mushola, wahana permainan, dan spot foto.

Alamat : Jl. Rw. Jombor, Waduk Jombor, Krakitan, Kec. Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

HTM : Rp5.000

5. Kali Talang

Kalitalang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Menjadikannya salah satu spot terbaik untuk melihat indahnya pemandangan Gunung Merapi tanpa harus melakukan pendakian. Kamu juga bisa melakukan camping hingga hunting foto di sekitar area wisata ini. Sekeliling Kalitalang berupa tebing-tebing curam, yang bawahnya merupakan sungai untuk aliran lahar Gunung Merapi.

Alamat : Sambangrejo, Balerante, Kemalang, Klaten.

HTM : Rp5.000

6. Girpasang

Kampung Girpasang dikenal dengan jembatan gantung dan juga gondolanya yang melintasi sejauh 125 meter. Lokasinya yang berada langsung di kawasan lereng Gunung Merapi membuat pemandangan di sekitar kampung ini sangat indah dan memukau.

Namun kini Girpasang juga menghadirkan cafe aesthetic yang kerap dijadikan sebagai tempat nongkrong muda mudi Klaten. Dengan konsep semi outdoor, cafe ini berhasil menghadirkan suasana yang syahdu dengan banyak spot foto menarik. Wisata terbaru di Klaten ini cocok dikunjungi saat libur lebaran bersama keluarga.

Alamat : Gritingan, Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Klaten.

HTM : Menaiki Gondola Rp60.000

7. Candi Plaosan

Candi Plaosan diperkirakan telah ada sejak abad ke-9, yaitu pada masa kerajaan Mataram Kuno. Meskipun telah berusia lebih dari seribu tahun lamanya, bangunan Candi Plaosan masih bediri megah dan kokoh. Gaya arsitektur candi ini sendiri adalah perpaduan antara agama Buddha dan Hindu, sehingga candi ini menjadi contoh toleransi antar agama pada zaman dahulu.

Alamat : Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

HTM : Wisatawan Domestik Rp10.000, Turis Asing Rp50.000.

Itulah beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 di Klaten. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: