Pesona Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Tertinggi di Jawa Tengah, Ada Yang Memiliki Ketinggian 100 Meter

Pesona Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Tertinggi di Jawa Tengah, Ada Yang Memiliki Ketinggian 100 Meter

Wisata Terbaru 2024 Air Terjun Tertinggi di Jawa Tengah-wisataku.blog-google

DISWAY JOGJA - Indonesia memiliki wisata terbaru 2024 air terjun atau curug dengan panorama alamnya yang sangat indah. Air terjun tersebar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jawa Tengah.

Jawa Tengah tidak selalu mengunjungi wisata terbaru 2024 tempat bersejarah atau pantai. Jawa Tengah juga memiliki wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi untuk melepas penat.

Beberapa wisata terbaru 2024 air terjun ini juga tersebar luas di beberapa daerah yang ada di Jawa Tengah. Bahkan ada yang ketinggiannya mencapai 100 meter.

Berikut ini tempat wisata terbaru 2024 air terjun yang ada di Jawa Tengah.

1. Curug Kalipancur – Semarang

Menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah, dengan ketinggian yang mencapai 100 meter. Terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

BACA JUGA : Suguhkan View Spektakuler? Intip Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Curug di Tasikmalaya

Berada di lereng Gunung Telomoyo dengan airnya yang mengalir ke Danau Rawa Pening. Tempat ini banyak dikunjungi oleh pecinta alam yang akan melakukan panjat tebing karena kemiringannya hampir 90 derajat.

Ketinggian tebing batu andesit ini juga bervariatif dari 20 meter hingga 100 meter. Jika kamu akan mengunjungi tempat ini maka datang antara waktu 08.00 – 16.00 WIB, dengan biaya tiketnya Rp 3.000 per orang.

2. Curug Cipendok – Banyumas

Berada di lereng Gunung Samet teepatnya di Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian 92 meter dengan panorama alamnya yang asri.

Belum banyak yang mengetahui tempat wisata ini, sehingga kesunyian akan terasa ketika berada di sini. Udaranya juga sejuk dengan sepanjang jalan menuju tempat ini terdapat area perkebunan.

Di sekitarnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung. Untuk harga tiket air terjun atau curug ini dibanderol seharga Rp 10.000.

3. Curug Sewu – Kendal

Wisata terbaru 2024 air terjun ini memiliki aliran debit air terbesar di Jawa Tengah. Menurut sejarah, Curug Sewu sudah dibuka sejak tahun 1985 denga luas 30 hektar.

BACA JUGA : 11 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Curug Di Tegal, Nikmati Libur Lebaran Dengan Berwisata Alam

Curug ini memiliki tiga tingkatan, dengan masing-masing ketinggiannya 45 meter, 15 meter dan 20 meter. Dengan panorama hutan pinus yang indah serta pelangi yang terkadang hadir untuk menhiasi air terjun ini.

Lokasi wisata ini berada di Jl. Sri Wedari, Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.  Dengan harga tiket masuknya Rp 15.000 – Rp 17.500 per orang, serta jam operasional setiap harinya mulai jam 08.00-17.00 WIB.

4. Curug Cimandaway – Cilacap

Air terjun atau curug ini menjadi air terjun tertinggi yang ada di Cilacap dengan ketinggian mencapai 100 meter lebih. Bentuknya juga cantik, yaitu berundak-undak dengan ditumbuhi tumbuhan yang masih asri.

Aliran sungai curug ini sangat segar dengan airnya yang jernih. Wisatawan dapat bermain air di tempat wisata ini.

Lokasinya berada di Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Harga tiketnya dibanderol seharga Rp 4000 saja dan buka mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024! 8 Curug Tercantik dan Paling Indah di Tasikmalaya! Simak Alamat dan HTMnya!

5. Curug Grojogan Sewu – Karanganyar

Berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dikelilingi pepohonan yang rindang khas pegunungan serta aliran airnya yang jernih dan dingin.

Ketinggian air terjun ini mencapai 81 meter dan dibawahnya terdapat sungai yang menawan. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, sesuai namanya tetapi kata sewu diambil dari seribu pecak atau satuan jarak untuk menuju tinggi air terjun.

Seribu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Untuk harga tiketnya wisata ini seharga Rp 22.000 dengan jam kunjungan 08.00 – 16.00 WIB.

Demikian informasi singkat mengenai wisata terbaru 2024 air terjun atau curug tertinggi yang ada di Jawa Tengah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: