Simak Yuk 7 Tips Produktif Bekerja Selama Puasa Ramadhan

Simak Yuk 7 Tips Produktif Bekerja Selama Puasa Ramadhan

tips produktif bekerja selama puasa--

DISWAY JOGJA – Datangnya Bulan  Suci Ramadan, menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh semua kalangan. Misalnya sebuah perusahaan, pada umumnya akan memastikan produktivitas karyawan dan kinerja perusahaan agar tetap optimal.

Berpuasa bukan menjadi alasan  untuk meninggalkan tanggung jawab pada pekerjaan karena merasa badan lemas dan lapar. Ketika sedang berpuasa perlu menjaga stamina tubuh supaya tetap fit walaupun kurangnya asupan cairan dan makanan sepanjang hari, tapi harus tetap produktif.

BACA JUGA : 10 Tips Agar Puasa Lancar dan Nyaman, Cegah Maag Kambuh!

Dengan energi yang didapat ketika sahur, tetap dapat produktif bekerja ketika puasa. Kuncinya yaitu  harus lebih pintar dalam memanfaatkan  energi yang ada, dan lebih disiplin pekerjaan menyesuaikan dengan kebiasaaan baru sepanjang bulan suci Ramadhan.

Sebagai seorang Muslim, kewajiban berpuasa Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Puasa Ramadhan diwajibkan oleh setiap orang yang beriman, sehingga puasa bukanlah halangan untuk tidak produktif. 

Berikut adalah 7 tips agar tetap produktif dalam berkegiatan selama bulan ramadhan:  

1. Makan dan Minum yang Sehat

Memilih makanan yang punya gizi seimbang  dapat memberikan energi saat berpuasa. Gizi yang seimbang bisa mencakup karbohidrat kompleks yang mengandung indeks glikemik rendah, protein rendah lemak yang berasal dari daging, ayam, ikan, telur, susu, serta sayur yang mengandung banyak serat.

Hindarilah minuman yang punya kafein seperti kopi, teh, minuman dingin dan minuman bersoda. Karena hal ini dapat membuat frekuensi BAK lebih sering sehingga meningkatkan risiko dehidrasi atau kekurangan cairan.

BACA JUGA : Berikut 5 Rekomendasi Makanan Sahur di Bulan Ramadan, Auto Kenyang Lebih Lama

Kemudian kamu juga bisa mengurangi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula dan kadar garam yang terlalu tinggi karena dapat meningkatkan risiko diabetes, hipertensi dan obesitas. Kurangi juga makanan dan minuman yang dapat merangsang lambung seperti makanan pedas, asam, kopi serta makanan berlemak seperti gorengan.

Jangan makan terlalu cepat dan dalam jumlah yang banyak, makanlah dengan pelan dan dalam jumlah yang cukup baik ketika berbuka ataupun ketika sahur. Ini supaya perut tidak terasa kembung, begah dan memicu gerd/maag, sehingga ibadah yang kita lakukan bisa makin produktif.

2. Niat Yang Mantab

Niat adalah nomor satu, karena ketika  sudah memiliki niat yang kuat untuk bekerja, maka akan lebih bersemangat dan produkti. Sudah kewajiban bagi yang beragama muslim untuk melaksanakan puasa, seperti menahan lapar dan menahan nafsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: