Mendapat Pahala Berlipat Ganda Puasa Hari Ke 8 di Bulan Ramadhan

Mendapat Pahala Berlipat Ganda Puasa Hari Ke 8 di Bulan Ramadhan

Keutamaan puasa ramadhan-Pinterest-

DISWAY JOGJA- Setiap hari di bulan Ramadhan memiliki keutamaannya masing-masing. Pada hari ke-8 Ramadhan, terdapat beberapa keutamaan yang istimewa bagi orang-orang yang berpuasa. Berikut adalah beberapa keutamaan puasa ke-8 di bulan Ramadhan:

1.   1. Diampuni Dosa-Dosa Kecil

Berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Pada hari ke-8 Ramadhan, Allah SWT memberikan ampunan kepada hamba-Nya yang berpuasa dengan penuh keimanan dan keikhlasan. Ampunan ini meliputi dosa-dosa kecil yang telah dilakukan hamba-Nya.

2.   2. Mendapat Pahala Seperti 60.000 Ahli Ibadah dan Orang Zuhud Keutamaan lain dari puasa ke-8 di bulan Ramadhan adalah mendapatkan pahala seperti 60.000 ahli ibadah dan orang zuhud. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah:

"Barangsiapa yang berpuasa pada hari ke-8 di bulan Ramadhan, maka Allah akan memberikan pahala seperti pahala 60.000 ahli ibadah dan 60.000 orang yang zuhud." (HR. Ibnu Majah)

Hadits ini menunjukkan bahwa pahala orang yang berpuasa pada hari ke-8 di bulan Ramadhan sangatlah besar.

BACA JUGA : Jangan Tidur, Ada 4 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Siang Hari, di Bulan Ramadhan! Dijamin Puasa Gak Berasa

3.   3. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda

Di hari ke-8 Ramadhan, Allah SWT memberikan pahala kepada orang-orang yang berpuasa seperti pahala orang yang bersedekah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Ibnu Majah:

"Barangsiapa yang berpuasa pada hari ke-8 Ramadhan, maka Allah SWT akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala orang yang bersedekah." (HR. Ibnu Majah)

Pahala orang yang bersedekah ini sangatlah besar, sebagaimana dijelaskan dalam ayat Al-Qur'an:

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya), Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261)

4.   4. Didoakan oleh Para Malaikat

Pada hari ke-8 Ramadhan, para malaikat mendoakan orang-orang yang berpuasa. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Tirmidzi:

"Pada hari ke-8 Ramadhan, para malaikat turun ke bumi dan mendoakan orang-orang yang berpuasa." (HR. Tirmidzi)

Doa para malaikat ini sangatlah mustajab, sehingga merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi orang-orang yang berpuasa untuk mendapatkan doa dari mereka.

BACA JUGA : Kreasi Segar dari Bahan Tradisional Kolang-Kaling: Dari Minuman sampai Makanan, Cocok untuk Berbuka Puasa

5.   5. Dibukakan Pintu Surga Rayyan

Pada hari ke-8 Ramadhan, Allah SWT membuka pintu surga Rayyan bagi orang-orang yang berpuasa. Pintu surga Rayyan adalah pintu surga yang khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Ibnu Hibban:

"Pada hari ke-8 Ramadhan, Allah SWT membuka pintu surga Rayyan bagi orang-orang yang berpuasa." (HR. Ibnu Hibban)

6.   6. Dijauhkan dari Api Neraka

Pada hari ke-8 Ramadhan, Allah SWT menjauhkan orang-orang yang berpuasa dari api neraka. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Abu Hurairah:

"Barangsiapa yang berpuasa pada hari ke-8 Ramadhan, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun." (HR. Abu Hurairah)

BACA JUGA : Dahsyat, Jangan Langsung Pulang! Ada 4 Amalan Setelah Shalat Tarawih, Dapat Ningkatin Pahala Kamu!

7.   7. Amalan yang Dianjurkan pada Hari ke-8 Ramadhan

Selain menjalankan puasa dengan penuh keimanan dan keikhlasan, berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan pada hari ke-8 Ramadhan:

·         Memperbanyak membaca Al-Qur'an

·         Melakukan salat sunnah Tarawih dan Witir

·         Bersedekah

·         Memperbanyak doa dan dzikir

·         Mengamalkan malam Lailatul Qadar

Dengan menjalankan puasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, serta melakukan amalan-amalan yang dianjurkan, maka insya Allah kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah dan kebaikan yang berlimpah di bulan Ramadhan ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: