Ikuti 5 Tips Ini Biar Lebaranmu Makin Berkesan dan Bermakna!

Ikuti 5 Tips Ini Biar Lebaranmu Makin Berkesan dan Bermakna!

Zakat Fitrah-Bank Mega Syariah-

DISWAY JOGJA - Salah satu hal istimewa yang dinantikan saat Ramadan adalah perayaan Hari Raya Idul Fitri. Dalam menyambut hari Raya Idul Fitri tentunya ada beberapa persiapan Lebaran yang perlu kamu lakukan. Jangan sampai terlewat, pastikan kamu melakukan berbagai persiapan lebaran sebelum hari raya Lebaran tiba.

Berikut ini beberapa persiapan Lebaran yang perlu kamu lakukan supaya momen Lebaran keluarga kamu dapat lebih bermakna dan berkesan.

1. Menunaikan Zakat Fitrah

Persiapan Lebaran yang harus kamu lakukan adalah dengan menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah. Pastikan kamu sudah menunaikan zakat fitrah yang merupakan kewajiban di bulan Ramadan sebelum melaksanakan sholat Id atau Lebaran tiba.

Zakat Fitrah bisa kamu bayarkan berupa 3,5 liter makanan pokok (beras) atau dalam bentuk tunai setara dengan harga beras tersebut. Zakat fitrah tersebut nantinya akan disalurkan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan yang ada di sekitar kita.

BACA JUGA : Kamu Mau Mudik Lebaran 2024? Yuk Kenalan Sama Motis, Mudik Gratis yang Disediakan Oleh KAI Loh!

2. Membersihkan Rumah

Persiapan Lebaran selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan rumah. Lebaran menjadi momen bagi umat muslim untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama kerabat dan keluarga. Dengan rumah yang bersih dan rapih tentunya akan memberikan suasana yang lebih nyaman dan berkesan saat berkumpul di hari Lebaran.

Kamu bisa bersihkan rumah untuk persiapan lebaran, mulai dari menyapu dan mengepel, membersihkan meja dan mengganti taplak meja hingga membersihkan jendela. Tak ada salahnya juga, jika Kamu ingin mengubah letak posisi barang-barang di rumahmu hingga menambahkan hiasan rumah sehingga suasana rumah menjadi tampak baru dan segar

3. Mencuci Peralatan Ibadah

Mencuci peralatan Ibadah juga tak kalah penting yang dapat kamu lakukan sebelum momen Hari Raya Idul Fitri tiba. Peralatan ibadah dan pakaian yang bersih akan membuat ibadahmu menjadi lebih khusyuk dan juga nyaman.

Maka dari itu, pastikan kamu mencuci peralatan ibadah seperti mukena, sajadah, sarung hingga peci. Kamu bisa mencuci peralatan ibadahmu menjelang Lebaran minimal seminggu sebelum hari Raya Idul Fitri.

4. Belanja Bahan Hidangan khas Lebaran

BACA JUGA : Siap Kulit Putih dan Cerah pas lebaran! Resep Lulur Rumahan Bahan Alami Gampang dan Praktis, Yuk Cobain

Persiapan lebaran selanjutnya adalah belanja bahan hidangan untuk hari Lebaran. Masyarakat Indonesia sendiri, momen Lebaran sangat identik dengan hidangan khasnya seperti ketupat, opor ayam hingga rendang.

Belanja bahan makanan pun perlu kamu lakukan untuk dapat menyajikan hidangan khas Lebaran tersebut. Kamu bisa belanja bahan makanan Lebaranmu dengan mudah secara offline maupun online.

Tak ketinggalan untuk belanja atau membuat kue kering yang juga identik disajikan saat Lebaran. Kue kering yang biasanya disajikan saat Lebaran berupa kue nastar, kue kastengel, kue lidah kucing, ataupun kue kering lainnya.

5. Hampers Lebaran Untuk Diberikan ke Orang Terdekat

Persiapan Lebaran berikutnya yang perlu kamu lakukan (tak wajib) adalah menyiapkan hampers atau bingkisan untuk diberikan kepada orang terdekat. Kamu bisa berbagi hampers secara langsung dengan mengunjunginya ataupun dikirim menggunakan jasa pengiriman. Kamu dapat mengirimkan hampers Lebaran sesuai dengan daya tahan isi hampersmu.

Misal jika hampers peralatan makan, kamu bisa mengirimnya dari jauh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Adapun untuk hampers yang berisi makanan sebaiknya dikirim beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Hal ini dikarenakan, masa berlaku untuk makanan biasanya lebih singkat daripada non makanan.

BACA JUGA : Cara Memutihkan Kulit dengan Beberapa Jenis Susu: Dijamin Lebaran Kulitmu Glowing Bercahaya

Itulah beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan jelang Lebaran. Dengan persiapan yang lebih baik akan memberikan momen Lebaran keluarga kamu  lebih bermakna dan berkesan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: