Berburu Kuliner di Tegal? Ini 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Tegal, Wajib dicoba deh!

Berburu Kuliner di Tegal? Ini 5 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Kuliner Khas Tegal, Wajib dicoba deh!

kuliner khas tegal wisata terbaru 2024--

DISWAY JOGJA - Kota Tegal merupakan sebuah destinasi kuliner tegal yang kaya akan cita rasa dan keunikan. Wilayah yang masuk Provinsi Jawa Tengah ini dikenal sebagai Kota Warteg dan Kota Bahari, memikat pengunjung dengan ragam kuliner khas wisata terbaru 2024.

Julukan Kota Warteg merujuk pada keberagaman warung tegal (warteg) yang menghidangkan sajian lezat ala kuliner khas wisata terbaru 2024 dengan harga yang terjangkau. Kota ini juga dikenal sebagai Kota Bahari karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, sehinga menghadirkan banyak hidangan laut yang segar dan menggoda selera.

BACA JUGA : Menikmati Bulan Ramadan di Bogor 11 Tempat Wisata Baru yang Seru untuk Ngabuburit!!

Kota ini menjadi surganya para pecinta kuliner dengan sejumlah hidangan yang menggugah selera, mulai dari makanan laut segar hingga makanan tradisional Jawa yang lezat. Berikut adalah 5 rekomendasi wisata terbaru 2024 di Tegal yang menawarkan kuliner khas :

1. Kupat Glabed

Kupat Glabed merupakan hidangan khas Tegal yang terbuat dari nasi ketan yang dibungkus daun pisang, disajikan dengan kuah kacang yang gurih dan potongan tahu serta tempe. Rasanya yang unik dan tekstur nasi yang kenyal membuatnya menjadi favorit di antara wisatawan maupun penduduk lokal.

Berasal dari nasi yang dimasak dalam anyaman janur kelapa atau daun pisang sehingga membentuk segi empat. Ketupat memiliki tekstur rasa yang nikmat dan gurih menjadi dasar dari hidangan ini.

BACA JUGA : 4 Kuliner Terbaru 2024 di Kota Madiun, Sangat Cocok Untuk Menu Buka Puasa Bareng Keluarga! Coba Rasakan.

Sebagai tambahan, Kupat Glabed biasanya akan disajikan dengan irisan ketupat, sambal, dan juga potongan daun bawang atau seledri untuk memberikan aroma segar. Kupat Glabed kerap kali menjadi hidangan dalam berbagai acara khusus seperti acara perayaan, atau acara keluarga. 

2. Rujak Tamplak 

Bila Surabaya punya rujak cingur di Tegal ternyata juga punya rujak khas yang diberi nama rujak teplak. Rujak teplak berisi aneka sayuran yang sudah direbus seperti daun pepaya, kangkung, daun lembayung, semanggi, daun ubi dan taoge.

Yang menjadi ciri khas dari rujak tamplak ini terdapat  pada sambal yang digunakan yang diberi nama sambal gaul. Sambal gaul dibuat dari singkong yang dipadukan dengan berbagai bumbu bercita rasa pedas. 

Satu hal yang mencolok dan sangat membedakan rujak teplak dengan rujak dari daerah lain adalah sambalnya. Jika kebanyakan rujak memakai bumbu kacang sebagai sambel utama, rujak teplak justru memakai sambal yang dibuat dari bahan singkong yang direbus dan ditumbuk.

BACA JUGA : Rahasia Resep Sambal yang Lezat untuk Menemani Menu Berbuka Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: