6 Rahasia Selama Bulan Puasa agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar, Siapkah Tubuh Anda?

6 Rahasia Selama Bulan Puasa agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar, Siapkah Tubuh Anda?

Tubuh Tetap Sehat dan Bugar--

DISWAY JOGJA - Bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah semakin dekat, tinggal beberapa hari lagi. Di bulan Ramadhan, seluruh umat Muslim di seluruh dunia dituntut untuk menahan rasa lapar dan haus selama lebih dari 12 jam.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam yang baligh, sehat, dan mampu. Kewajiban untuk menahan lapar dan haus ini berlaku di semua tempat di mana umat Muslim berada, tanpa kecuali.

Di negara mayoritas Muslim dan minoritas Muslim, semua Muslim diwajibkan untuk berpuasa. Selama puasa, tubuh tidak akan terhidrasi dengan baik dan tidak memenuhi kebutuhan vitamin hariannya secara normal.

Namun, dengan pengetahuan dan persiapan yang tepat, hal ini bisa diatasi. Selain itu, kewajiban menambah volume ibadah dan bangun di tengah malam untuk makan sahur, membuat pola tidur menjadi tidak teratur.

BACA JUGA : Apakah Sakit Dapat Membatalkan Puasa? Cek Disini Penjelasannya!

Kondisi tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik dan kekurangan vitamin saat berpuasa dapat menyebabkan terganggunya kesehatan seseorang. Selain kesiapan fisik, kesiapan mental juga sangat penting dalam berpuasa.

Sangat penting untuk mempersiapkan diri dengan baik agar tetap sehat dan bugar selama bulan puasa. Berikut ini dirangkum disway jogja.id, beberapa tips yang bisa membantu agar tetap sehat dan bugar saat berpuasa.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa pedoman atau tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan, yaitu:

1. Sahur yang sehat

Makan sahur tepat waktu, jangan tunda sampai waktu imsak. Konsumsilah makanan bergizi seimbang, seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Pilih makanan yang kaya serat untuk membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Hindari makanan tinggi gula dan lemak karena dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Pola Makan Saat Berbuka Puasa

Saat Berbuka Puasa

Mulailah berbuka puasa dengan minuman manis yang cukup agar cepat memberikan energi bagi tubuh dan membuat tubuh cepat menjadi segar. Gula atau sirup merupakan karbohidrat sederhana yang mudah dicerna, sehingga dalam waktu kurang lebih 10 menit energi tubuh kita akan meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: