8 Tindakan yang Dapat Menurunkan Nilai Ibadah dan Pahala Puasa

8 Tindakan yang Dapat Menurunkan Nilai Ibadah dan Pahala Puasa

Hal-hal yang Mengurangi Pahala Puasa--

3. Mengeluh lapar dan haus

Wajar jika merasa lapar dan haus saat berpuasa. Namun mengeluh tentang hal itu dapat mengurangi hakikat kesabaran yang diajarkan dengan berpuasa. Ingatkan diri Anda tentang tujuan mengapa kita melakukan puasa.

BACA JUGA : Berikut 8 Hal yang Meremehkan Keutamaan Puasa, Dalil Hadis dan Penjelasannya

4. Berbohong

Tindakan yang mengurangi pahala puasa Ramadhan berikutnya adalah bohong. Kejujuran adalah salah satu nilai inti dalam Islam.

Berbohong saat berpuasa tidak hanya membatalkan pahala puasa tetapi juga merusak karakter. Jadi, berbohong merupakan salah satu hal yang bisa mengurangi pahala puasa.

5. Memeluk dan mencium pasangan / suami / istri

Meski tindakan ini tidak membatalkan puasa, namun berlebihan dapat mengurangi keseriusan dan fokus puasa. Batasi tindakan fisik ini selama bulan Ramadhan dan fokuskan energi pada ibadah.

BACA JUGA : Inilah 9 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Berbuka Puasa di Tegal? Dijamin Bikin Selera Makan Khilaf

6. Menyakiti teman

Tindakan sengaja menyakiti hati atau tubuh sahabat sangat bertentangan dengan prinsip puasa yang mengajarkan empati dan persaudaraan.

Menyakiti teman secara fisik juga dilarang dalam norma sosial kehidupan, oleh karena itu hal ini harus dihindari saat berpuasa agar tidak mengurangi pahala yang didapat saat berpuasa.

7. Tidur yang berlebihan

Menghabiskan sebagian besar waktu puasa untuk tidur dapat mengurangi waktu untuk beribadah dan refleksi diri. Seimbangkan waktu tidur dan aktivitas ibadah.

Tidur yang berlebihan juga tidak baik untuk kondisi kesehatan kita selama bulan puasa yang akan membuat fisik menjadi semakin lemas dan kepala menjadi pusing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: