5 Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami Dengan Sayuran Bisa Menjadi Skincare

5 Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami Dengan Sayuran Bisa Menjadi Skincare

5 Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami Dengan Sayuran Bisa Menjadi Skincare-disway jogja-pinterest

DISWAY JOGJA- Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Tidak hanya melalui produk perawatan, kamu bisa menjaga kulit agar tetap sehat dan cerah dengan mengonsumsi sayuran. 

Sayuran yang memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E bisa mencerahkan kulit dengan bahan alami. Dari kedua vitamin tersebut bisa berperan sebagai antioksidan alami. Vitamin E bisa membantu menangkal radikal bebas sedangkan vitamin C akan memaksimalkan produksi collagen.

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit cerah dan sehat tentunya semua orang menginginkannya. Merawat kulit agar lebih cerah banyak dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan produk kecantikan, perawatan kulit sampai mengonsumsi makanan tertentu. 

Namun, kondisi kulit yang terlihat dari luar menggambarkan kondisi tubuh bagian dalam juga. Oleh karena itu, untuk mencerahkan kulit tidak hanya melakukan perawatan kulit saja namun melalui pola makanan seperti sayuran sehingga kamu bisa tampil dengan lebih percaya diri.

BACA JUGA : Catat Resep Penting Ini! 10 Jus Sayuran Kaya Manfaat Cerahkan Kulit, Jadi Makin Mulus dan Glowing

Berikut ini sayuran –sayuran yang bisa membantu kulit menjadi cerah yang patut untuk dicoba :

1. Tomat

Sayuran yang biasa kamu temukan di lalapan atau dapur ternyata memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi cerah berkat kandungan yang dimiliki tomat yaitu vitamin C di dalamnya. Selain kandungan tersebut, terdapat senyawa likopen yakni salah satu jenis karotenoid yang memberikan warna merah pada tomat. 

Kandungan likopen akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan bisa membantu menurunkan risiko kanker kulit. 

2. Wortel

Terkenal dengan kaya akan vitamin A. Tetapi wortel juga memiliki banyak kandungan vitamin E, kandungan tersebut sangat cocok untuk mencerahkan kulit. Dalam 1 wortel terdapat 5.6 persen vitamin E. 

Ada berbagai cara untuk menikmati wortel. Kamu bisa membuat wortel menjadi jus dengan memotong-motong menjadi beberapa bagian, haluskan wortel dengan memberikan sedikit air lemon. Apabila tidak menyukai ampas wortel bisa untuk disaring dan dijadikan masker wajah.

3. Bayam

Sayuran yang terkenal karena Popeye si Pelaut ini bisa juga mencerahkan kulit. Bayam termasuk sayuran yang kaya akan vitamin C dan E sangat direkomendasikan untuk kecantikan. Kedua vitamin tersebut sangat berperan penting pada pengurangan kerusakan DNA akibat paparan sinar matahari. Maka sayur bayam dinobatkan sebagai sayur untuk mencerahkan kulit.

BACA JUGA : Ini Rahasia 9 Sayuran Kaya Manfaat? Langkah Mudah Mencerahkan Sekaligus Memutihkan Kulit! Cobain Deh

Untuk menikmati sayur bayam kamu bisa bisa mengolah dengan berbagai sajian, seperti di blend bersama buah dan sayuran lainnya. Saat dikonsumsi bayam akan meningkatkan kelembaban pada kulit dan membuat kulit menjadi bercahaya.

4. Paprika

Sayur paprika yang tekenal memiliki warna merah,kuning, dan hijau. Mempuyai kandungan berupa vitamin C yang baik selain itu vitamin E ditemukan dalam paprika. Antioksidan dalam vitamin E yang bisa menangkal radikal bebas. 

Kedua kandungan vitamin yang dimiliki paprika sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C yang ada di dalam paprika mampu meningkatkan produksi collagen, sedangkan vitamin E efektif menangkal radikal bebas. Maka sayuran paprika sangat cocok untuk mencerahkan kulit.

5. Brokoli

Tidak banyak orang yang tau bahwa sayuran hijau ini ternyata memiliki banyak kandungan vitamin C. Terdapat pula kandungan vitamin A,B kompleks, dan mineral penting lainnya. Sebagai salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi untuk kulit, brokoli juga banyak digunakan dalam beberapa produk masker wajah.

BACA JUGA : Catat Kuy! 5 Sayuran Ini Harus Kamu Konsumsi Untuk Mencerahkan Kulit! Buktikan Langsung

Cara mengolah brokoli untuk mendapat manfaatnya cukup mudah, kamu bisa merebus brokoli, tumis brokoli, smoothies brokoli, dan jus brokoli. Selain itu kamu bisa mencoba membuat masker brokoli dengan cara haluska brokoli terlebih dahulu dan campurkan madu dan air teh hijau, aplikasikan ke wajah tunggu sampai 10 menit dan bilas menggunakan air bersih. 

Nah itu dia berbagai macam sayuran yang bisa mencerahkan kulit apabila dikonsumsi secara rutin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: