Bingung Belum Ada Menu Jaburan Ramadan? Berikut Menu Khas Puasa Yang Selalu Ada

Bingung Belum Ada Menu Jaburan Ramadan? Berikut Menu Khas Puasa Yang Selalu Ada

Sup Buah--Diadona

DISWAY JOGJA - Belum afdhol jika bulan Ramadan belum ada daftar list menu jaburan untuk disuguhkan, Indonesia mempunyai menu jaburan khas yang menjadi makanan pendamping setia dikala bulan suci Ramadan tiba.

Adzan maghrib merupakan waktu yang selalu dinanti kaum muslim saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bagaimana tidak pasalnya diwaktu ini kita bisa berbuka setelah menjalani puasa.

Rasa lapar dan haus seketika sirna dengan minuman atau menu jaburan yang biasa ada di meja makan, dan hal itu merupakan suatu kenikmatan tersendiri.

Tapi apakah sobat tahu, kira-kira apa saja menu yang bisa menjadi jaburan kaum muslim Indonesia saat menjalankan ibadah puasa?

Baik, inilah deratan menu buka puasa yang biasanya selalu ada di lidah orang Indonesia, berikut ulasannya:

BACA JUGA : Ide Tempat Ngabuburit Hits di Purwokerto? Nomor 3 Paling Jadi Favorit Anak Muda!

Sup Buah

Menu jaburan yang biasa adalah sup buah, minuman ini biasa disuguhkan dalam keadaan dingin. Untuk isinya bervariasi macam. Seperti, buah naga, buah apel, anggur, agar-agar, melon yang dipotong kecil-kecil.

Untuk menambah cita rasa yang ada, sup buah dicampur dengan sirup, es baru, susu kental manis yang bisa menghilangkan dahaga setelah menjalankan ibadah puasa.

Es Kelapa

Indonesia negara kaya keberagaman hayatinya, tak heran jika pohon kelapa dengan hasil buah yang bagus sangat mudah kita temui di negeri tercinta ini.

Menu jaburan yang menjadi ciri khas orang Indonesia yaitu es kelapa muda. Pasalnya segarnya es kelapa muda dengan campuran susu, es batu, dan gula aren mampu menghilangkan hausnya tenggorokan setelah menjalani ibadah puasa.

Selain bisa menghilangkan dahaga, buah kelapa juga bisa menyehatkan tubuh. Jadi sangat cocok dijadikan menu jaburan untuk dikonsumsi ketika bulan Ramadan tiba.

BACA JUGA : Sederhana Namun Lezat: Menu Buka Puasa yang Populer, Cocok untuk Bersama Keluarga

Kolak

Menu jaburan ramadan selanjutnya adalah kolak. Makanan satu ini menjadi khas menu yang ada jika bulan ramadan tiba.

Di negeri kita, kolak memiliki berbagai varian isi, mulai dari singkong, pisang, nangka, dan kolang-kaling. Menu jaburan ini sangat nikmat dihidangkan ketika maghrib tiba. Pasalnya memiliki cita rasa yang dapat menggoyangkan lidah setelah menjalankan puasa.

Bubur Kacang Hijau

Menu takjil lainnya ialah bubur kajang hijau, menu ini tentu sudah sangat popular. Pasalnya bubur kacang hijau cocok dihidangkan dalam berbagai suasana, terutama saat bulan Ramadan.

Menu satu ini bisa dihidangkan baik dalam keadaan dingin maupun hangat. Selain itu, perlu sobat ketahui kacang hijau juga mengndung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Jadi sangat cocok untuk sobat sekalian, di sisi lain untuk menghilangkan dahaga, sebagai menu jaburan saat berbuka, dan juga mengandung vitamin yang baik untuk tubuh kita.

BACA JUGA : Terpopuler! Berikut 7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Semarang, Tersedia Banyak Takjil Juga!

Gorengan

Menu ini berbeda dengan jaburan yang di atas, pasalnya gorengan merupakan menu jaburan wajib yang harus ada saat sobat berbuka puasa.

Pasalnya menu jaburan ini sangat nikmat kita coba saat adzan maghrib tiba. Gorengan biasa dihidangkan dengan teh anis ataupun minuman yang lain.

Menu satu ini pasti selalu ada di meja keluarga Indonesia, menjadi menu favorit sebagai pendamping nasi saat kita makan dengan lauk pauk lainnya.

Nah sobat itulah rekomendasi makanan khas puasa sebagai teman tatkala adzan maghrib tiba. Namun selain itu, masih banyak lagi menu jaburan yang bisa sobat coba.

Tetapi tetap ingat jangan terlalu berlebihan jika kita mengkonsumsi sesuatu apapun, terutama makanan. Hal lain karena sesuatu yang berlebihan itu kurang baik, maka kita dianjurkan untuk mengambil sikap tengah-tengah atau memilih yang sedang, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: