Lagi Nyiapin Pernikahan? Simak 6 Tips Tradisi Seserahan Pernikahan Agar Tidak Salah Langkah!

Lagi Nyiapin Pernikahan? Simak  6 Tips Tradisi Seserahan Pernikahan Agar Tidak Salah Langkah!

Seserahan Pernikahan-bridestory-

DISWAY JOGJA - Jelang pernikahan, pastinya kedua mempelai akan mulai mempersiapkan segala keperluan yang wajib ada dalam sebuah pesta pernikahan. Jika memakai pesta adat, tentu akan ada acara tradisi seserahan pernikahan.

Untuk tradisi seserahan pernikahan, sebenarnya merupakan elemen yang umum ada dalam sebuah pernikahan. Penyerahan seserahan ini diberikan oleh pihak pengantin pria kepada pengantin wanita. Ini dilakukan untuk menunjukkan seberapa besar perhatian dan ungkapan cinta mempelai pria pada wanita.

Pada dasarnya, tradisi seserahan pernikahan bukan sekadar sebuah ungkapan cinta saja, loh. Seserahan juga bisa menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan bagi calon pengantin wanita. Berikan yang terbaik saat seserahan supaya bisa terkenang dan juga bisa lebih bermanfaat untuk mempelai wanita.

Memilih barang untuk seserahan tak bisa asal saja. Kamu tak bisa asal putuskan sendiri apa yang hendak kamu beli. Kamu bisa juga mendiskusikan dengan mempelai wanita mengenai apa yang harusnya ada dalam tradisi seserahan pernikahan.

BACA JUGA : Warisan Budaya: Mengenal Tradisi Seserahan Pernikahan Jawa yang Terjaga dan Diwariskan, Simak Ulasan Berikut

Tips Mempersiapkan Tradisi Seserahan Pernikahan:

1. Buat Anggaran Khusus Seserahan

Sesuaikan isi seserahan untuk calon pengantin wanita dengan anggaran yang kamu miliki. Hindari terlalu boros atau terlalu pelit dalam memberikan seserahan. Sesuaikan dengan anggaran yang sewajarnya supaya bisa berimbang dengan keperluan yang lainnya.

Tak ada salahnya kalau kamu menabung jauh hari demi membeli seserahan yang lengkap. Untuk menghindari beban yang terlalu berat dalam membeli isian seserahan, kamu juga bisa loh mencicil membelinya jauh hari sebelum hari lamaran dan pernikahan.

Misalnya setiap minggu atau setiap bulan kamu membeli satu isi seserahan, maka saat hari H seluruh seserahan akan lengkap. Ini adalah cara yang paling efektif dilakukan, jika kamu tidak ingin merasa terbebani dengan banyaknya barang yang harus dibeli sekaligus.

2. Prioritaskan Barang Seserahan Wajib Sesuai dengan Adat dan Agama

Di antara banyaknya barang seserahan yang akan disiapkan, usahakan untuk mengutamakan barang-barang wajib sesuai dengan adat dan agama.

Mengingat setiap agama juga adat istiadat pasti ada isi seserahan khusus yang harus ada, seperti seperangkat alat sholat bagi muslim, dan alkitab serta rosario bagi nasrani.

Sama halnya dengan adat, terdapat barang seserahan khusus yang harus dipersiapan berdasarkan adat yang dianut sebelum wanita menikah, seperti batik dan daun sirih ayu pada adat Jawa

BACA JUGA : Ide Barang Tradisi Seserahan Pernikahan, Biasa Digunakan Oleh Pengantin Indonesia!

3. Pastikan Isi Seserahan adalah Barang yang Berguna

Mengingat anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit, pastikan isi seserahan merupakan barang-barang yang benar-benar bisa berguna untuk ke depannya.

Usahakan bertanya pada mempelai wanita, produk apa yang biasa ia gunakan. Dengan demikian, kamu bisa memastikan apa saja yang akan kamu beli. Jika produknya sesuai, maka apa yang kamu beli tak akan sia-sia karena calon istrimu pasti memakainya.

4. Membeli Bersama Pasangan

Untuk menghindari kekeliruan terkait isi seserahan dengan apa yang dibutuhkan pasangan, usahakan untuk membeli bersama pasangan. Pasalnya, jika keliru maka isi seserahan tertsebut nantinya malah tidak dipakai.

Berbelanjalah bersama dengan calon istri kamu agar seserahan benar-benar sesuai dengan keinginan dan selera, terutama untuk merek kosmetik & body care yang biasa dipakai, ukuran dan model pakaian/celana, ukuran dan model sepatu/selop, dan sebagainya.

Biarkan pasangan memilih barang yang ia sukai, namun tetap disesuaikan dengan anggaran yang telah ditentukan. Hal iini dilakukan untuk menghindari pemborosan saat pembelian barang seserahan.

5. Manfaatkan Tawaran Diskon Dengan Belanja di Marketplace

Dalam persiapan seserahan, tak perlu malu untuk memanfaatkan tawaran diskon di tempat belanja online.

Mengingat, isi seserahan merupakan barang sudah biasa digunakan sehari-hari, jadi tak perlu mencoba lagi di toko. Kamu bisa membeli di online shop dengan tawaran diskon menarik.

BACA JUGA : Penuh Makna : 8 Rekomendasi Seserahan Pernikahan, Simpel dan Mudah Namun Tetap Berkesan Nan ELegan

6. Hias Seserahan Agar Lebih Menarik

Agar seserahan dapat terlihat cantik, hias seserahan dengan sejumlah aksesori yang menonjol dan cocok dengan barang tersebut. Kalau membeli wadah dan hiasan seserahan terlalu mahal, kamu bisa memanfaatkan persewaan kotak seserahan aja. Saat ini. Tren penyewaan kotak untuk tradisi seserahan pernikahan sudah banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan tradisi seserahan pernikahan yang akan diberikan untuk calon pengantin wanita. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: