10 Rekomendasi Seserahan Pernikahan Adat Jawa, Simpel Penuh Makna!

10 Rekomendasi Seserahan Pernikahan Adat Jawa, Simpel Penuh Makna!

Seserahan Pernikahan Adat Jawa-instagram @rins_seserahan-

DISWAY JOGJA - Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi tradisi pernikahan yang dimiliki, sehingga banyak acara pernikahan yang menggunakan adat tertentu, salah satunya adalah adat Jawa. Salah satu tradisi pernikahan adat Jawa adalah Seserahan.

Acara seserahan pernikahan adat Jawa termasuk ke dalam rangkaian upacara midodareni yang diberikan calon mempelai laki-laki kepada calon mempelai perempuan pada malam hari sebelum akad pernikahan.

Seserahan pernikahan adat Jawa memiliki makna sebagai tanda kasih sayang, harapan, dan tanggung jawab mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan. Isi seserahan pernikahan adat Jawa biasanya berupa uang dan berbagai barang kebutuhan mempelai perempuan.

Di jaman sekarang ini, calon pengantin laki-laki bisa mendiskusikan bersama calon mempelai perempuan terkait jumlah dan jenis barang apa saja yang akan digunakan sebagai seserahan. Hal ini berkaitan dengan selera dari calon mempelai perempuan.

Berikut 10 seserahan pernikahan adat jawa, simpel penuh makna yang perlu kamu ketahui :

1. Seperangkat Alat Ibadah

Seperangkat alat Sholat dan Al-Quran menjadi simbol utama dalam seserahan pernikahan. Karena mayoritas masyarakat Jawa beragama islam. Peralatan ibadah ini berupa mukena, sajadah, dan Al Quran. Makna dari seserahan ini adalah bentuk tanggung jawab suami untuk membimbing istri agar taat kepada Allah dengan rajin salat dan mengaji.

2. Perhiasan

Perhiasan yang diberikan biasanya berupa cincin. Selain cincin, set perhiasan lainnya yang bisa diberikan seperti kalung, anting, atau gelang. Namun, semua itu disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai laki-laki. Seserahan berupa perhiasan memiliki makna kecantikan dan keabadian, serta harapan agar istri bisa menjadi sinar dalam keluarga, layaknya emas atau perhiasan yang berkilau.

3. Peralatan Makeup

Salah satu kebutuhan mempelai wanita adalah seperangkat make up untuk merias diri. Seserahan berupa peralatan makeup memiliki makna agar istri bisa menjaga kecantikannya dan tampil menawan di hadapan suaminya. Serta termasuk bentuk pengertian bahwa suami mampu menyediakan dan memenuhi kebutuhan istrinya di kemudian hari.

4. Peralatan Perawatan Diri

Seserahan berupa peralatan perawatan diri yang dimaksud adalah peralatan mandi berupa handuk, sampo, sabun, dan sejenisnya. Makna dari seserahan ini yaitu harapan agar istri bisa menjaga diri untuk selalu bersih, baik jasmani maupun rohani.

BACA JUGA : 11 Rekomendasi Skincare Untuk Memutihkan Kulit Wajah Pria yang Aman, Auto Ganteng!

5. Buah-buahan Segar

Buah merupakan hasil bumi yang menyimbolkan doa dan kesejahteraan. Biasanya buah-buahan yang ada dalam seserahan adalah anggur, pir, apel, jeruk, dan buah lainnya yang masih segar. Seserahan ini memiliki makna agar mempelai wanita ataupun mempelai laki-laki membawa keberkahan dan berbuah kebaikan untuk keluarga mereka.

6. Sandal atau Sepatu

Seserahan berupa sandal atau sepatu menyimbolkan agar kedua mempelai bisa melangkah bersama dengan kuat dan lurus akan segala kemungkinan yang menanti mereka di kehidupan setelah menikah.

7. Tas

Tas pada seserahan memiliki makna bahwa mempelai laki-laki sanggup dan bertanggung jawab untuk membiayai dan memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya.

8. Jajanan Tradisional

Jajanan tradisional dalam seserahan ini terbuat dari ketan yang diolah dan memiliki tekstur yang lengket serta menempel satu sama lain, ini menjadi simbol agar pasangan suami-istri bisa selalu lengket dan rukun.

9. Set Busana wanita

Set busana wanita biasanya terdiri dari kain jarik dengan berbagai macam motif batik atau kain kebaya,serta pakaian dalam wanita yang dibentuk atau dikreasikan sedemikian rupa. Seserahan ini bermakna bahwa pasangan harus saling menjaga rahasia bersama, layaknya pakaian dan kain yang digunakan untuk menutupi tubuh yang merupakan bagian dari privasi.

BACA JUGA : Rekomendasi 8 Skincare BPOM untuk memutihkan kulit wajah yang paling banyak diminati di tahun 2024!

10. Daun Sirih Ayu

Daun sirih ayu menjadi simbol harapan dan doa yang baik untuk pernikahan. Selain itu, seserahan ini memiliki makna keselamatan dan kesejahteraan yang dibawa mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Pilihlah daun sirih yang masih segar dan baik karena menjadi simbol kebahagiaan.

Itulah 10 seserahan pernikahan adat Jawa yang bisa kamu siapkan sebelum menikahi perempuan Jawa. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: