Wisata Terbaru 2024 Cukang Taneuh Alias Green Canyon? Sebuah Ngarai Cantik, Kejernihan Airnya Menakjubkan!

Wisata Terbaru 2024 Cukang Taneuh Alias Green Canyon? Sebuah Ngarai Cantik, Kejernihan Airnya Menakjubkan!

Wisata Green Canyon-disway.jogja-instagram.com/greencanyonadventure

DISWAY JOGJA -  Mengisi liburan akhir pekan di Pangandaran jangan sampai lewatkan berkunjung ke objek wisata terbaru 2024 alam Green Canyon, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Nama wisata kekinian Green Canyon pertama kali dikenalkan wisatawan asing asal Perancis bernama Bill Jhon yang mengaitkan dengan sebuah ngarai yang ada di Grand Canyon, Arizona, Amerika Serikat yang membelah sungai.

Wisata terbaru 2024 Green Canyon yang akrab disebut Cukang Taneuh itu memiliki magnet kunjungan setiap menjelang hari libur.

Nama wisata paling hits Cukang Taneuh berasal dari adanya jembatan alami dari tanah yang melintang di atas Sungai Cijulang. Jembatan ini masih digunakan oleh warga untuk melintasi sungai tersebut.

Saat ini masyarakat juga lebih mengenal tempat wisata terbaru 2024 alam tersebut sebagai Green Canyon daripada Cukang Taneuh.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Green Canyon Pangandaran? Simak Ulasan Tiket, Akses, dan Fasilitasnya Disini!

Wisata populer Green Canyon ini menyediakan keindahan berupa aliran sungai yang diapit diantara dua bukit bebatuan yang tembus ke dalam goa.

Sementara pada mulut goa terdapat hiasan gemericik tetesan air abadi yang tak pernah surut.

Green Canyon terletak di Jawa Barat, tepatnya di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Tempat wisata ini berjarak sekitar 31 kilometer dari Pangandaran.

Menjajal objek wisata terbaru 2024 Green Canyon saat musim kemarau membuat wisatawan terpesona. Warna airnya yang hijau sepanjang sungai Cijulang menawarkan suasana tenang dan sejuk.

Saat masuk ke Green Canyon wisatawan mempunyai 2 pilihan menyusuri sungai Cijulang naik perahu ataupun body rafting. Namun wisatawan pun dapat memilih keduanya.

Kawasan dengan ekosistem karst atau batuan kapur yang berpori ini memiliki keanekaragaman hayati dan kekayaan ekosistem yang masih belum terungkap seluruhnya.

objek wisata terbaru 2024 Green Canyon terbentuk dari hasil proses pelarutan batu kapur dari sungai bawah tanah yang mengalir di antara celah bebatuan.

Proses alami yang berlangsung selama ribuan tahun ini akhirnya membentuk ngarai atau lembah batuan terjal.

Lalu menembus batuan karst yang pada akhirnya muncul ornamen-ornamen cantik seperti stalaktit dan stalagmit.

BACA JUGA : Sangat Rekomended! Wisata Terbaru 2024, Air Terjun Sipiso-piso yang Sangat Terkenal Akan Keindahannya

Green Canyon yang dialiri air Sungai Cijulang memiliki air yang sangat jernih dengan lumut yang melimpah, sehingga warna airnya hijau.

Warna yang dihasilkan itulah yang menjadikan Cukang Taneuh diperkenalkan dengan nama Green Canyon.

Salah satu ciri yang sangat menonjol dari Green Canyon adalah memiliki banyak gua dari proses bentukan alam dengan pemandangan yang unik.

Selain itu, Green Canyon juga memiliki perairan yang masih sangat jernih, berwarna biru kehijauan yang memanjakan mata.

Saat musim kemarau wisata Green Canyon akan sangat meningkat dari sebelumnya.

Harga masuk ke objek wisata Green Canyon hanya Rp 10 ribu.

Jam operasional Green Canyon saat weekday mulai pukul 07.30 WIB-16.00 WIB, namun khusus Jumat pukul 13.00-16.00 WIB.

BACA JUGA : Bukit Jodho yang Tak Lagi Jomblo! Spot Foto Terbaru 2024 yang Insatgramable dan Kekinian

Namun, jika ingin menikmati wahana body rafting, Green Canyon cukup terjangkau karena double dengan sewa perahu dengan short time track Rp 200 ribu dan long time track Rp 225 ribu.

Untuk melakukan aktivitas body rafting peserta minimal berusia 10 tahun dan maksimal 60 tahun, memiliki sehat jasmani tidak mempunyai riwayat penyakit jantung, asma dan alergi dingin.

Rute perjalanan menuju Green Canyon akan mulai dari Dermaga 1 menuju Cukang Taneuh sejauh 15 menit perjalanan.

Selama memesan tiket durasi waktu ke destinasi wisata terbaru 2024 Green Canyon 1 rombongan selama 45 menit. Namun jika ada tambahan waktu per 30 menit Rp 100 ribu.

Selain itu, perjalanan body rafting terbagi menjadi beberapa rute, untuk rute panjang wisatawan akan mulai dari Goa bau dengan perjalanan selama 2 jam

Kemudian untuk track panjang perjalanan dari Cimerak sejauh 6 Km atau 3-4 jam perjalanan.

Namun untuk rute pendek mulai dari pintu masuk Cukang Taneuh tempat perahu berlabuh.

Fasilitas yang didapatkan diantaranya, peralatan safety, mobil pick up, perahu penjemputan, tiket masuk objek wisata, asuransi wisata, makan 1 kali, river guide atau pemandu, free parkir, free kamar mandi dengan minimal 5 peserta.

Seperti itulah Wisata terbaru 2024 Green Canyon yang sudah membius para wisatawan yang berkunjung karena ke asriannya dan kejernihan airnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: